The Weeknd, Hadirkan Konser Virtual After Hours di TikTok!  

The Weeknd, Hadirkan Konser Virtual After Hours di TikTok!  

Konser Virtual The Weeknd Experience
The Weeknd Experience (Newsroom TikTok)

Kehadiran teknologi virtual di berbagai industri memunculkan ide kreatif maupun inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satu contoh inovasi unik tersebut, bisa dilakukan dengan menghadirkan konser musik virtual melalui konsep yang unik. 

Konsep ini telah diterapkan oleh penyanyi ternama asal Kanada yakni Abel Tesfaye atau yang lebih dikenal dengan The Weeknd. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Konser virtual After Hours The Weeknd   

The Weeknd Experience di Tiktok 

Konser Virtual After Hours The Weeknd
Konser Virtual The Weeknd (Newsroom TikTok)

Konser virtual The Weeknd Experience yang digelar tahun 2020 lalu, menghadirkan tema album After Hours imersif dan interaktif. After Hours adalah album keempat The Weeknd yang dirilis oleh label rekaman XO dan Republic Records. 

Penyanyi ternama asal Kanada ini tidak tampil sendirian, namun Ia menghadirkan bintang tamu spesial yakni Doja Cat dan membawakan lagu “In Your Eyes” bersama. 

Penyelenggaraan konser musik virtual The Weeknd Experience ini tidak hanya menyajikan pengalaman imersif, namun juga menghadirkan teknologi augmented reality dengan visual 3D keren. 

Pembuatan konser The Weeknd Experience dikembangkan oleh aplikasi media sosial TikTok dengan startup pengembang konser virtual yakni Wave. Keduanya juga melakukan kolaborasi bersama dengan label rekaman XO dan Republic Records untuk memproduksi komposisi musik The Weeknd. Kolaborasi bersama keempat perusahaan tersebut, menghasilkan konser musik virtual secara real time dengan fitur dan visualisasi imersif. 

Yuk, simak fitur dan visualisasi yang hadir dalam konser musik virtual tersebut di bawah ini!

Fitur dan visualisasi imersif     

Virtual Stage After Hours
Virtual Stage The Weeknd (Newsroom TikTok)

Konser virtual After Hours The Weeknd, tayang secara langsung di aplikasi TikTok dengan menyajikan fitur inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh penonton saat menyaksikannya, berikut diantaranya:

  • Bentuk avatar 3D interaktif

Fitur yang dihadirkan pada konser musik virtual ini, penonton di rumah dapat berinteraksi langsung dengan avatar digital The Weeknd secara interaktif dan real time

  • Memberikan komentar langsung

Selain menghadirkan avatar 3D digital yang interaktif, penonton bisa meninggalkan komentar maupun reaksi untuk memberikan kesan dan pesan terhadap konser musik virtual ini, lho!

  • Panggung imersif

Saat virtual konser berlangsung, The Weeknd hadir di atas panggung imersif yang luar biasa. Tema panggung imersif tersebut disesuaikan dengan visual album After Hours yang memiliki dominasi warna merah, emas dan hitam. 

Penggalangan dana 

Menariknya, konser virtual The Weeknd Experience telah memecahkan rekor standar siaran langsung TikTok. Dengan banyaknya penonton yang hadir, konser musik virtual ini dimanfaatkan untuk menggalang dana, lho!

Penonton di rumah dapat berdonasi pada aplikasi TikTok saat konser virtual berlangsung. Donasi tersebut ditujukan untuk mendukung organisasi kesetaraan ras di Amerika Serikat yakni Equal Justice Initiative. Bentuk inisiatif donasi penonton, dilakukan melalui pembelian merchandise eksklusif yang terinspirasi oleh konser virtual The Weeknd Experience.


Berikut informasi mengenai konser After Hours virtual The Weeknd imersif dan interaktif yang diselenggarakan tahun 2020 lalu. Pada kesempatan tersebut, aplikasi TikTok dan The Weeknd menghadirkan pengalaman seru yang tak terlupakan bagi penonton di rumah. 

Hal ini merupakan inovasi yang unik dan lonjakan baru untuk membentuk hiburan interaktif berupa konser virtual canggih dengan memberikan pengalaman berbeda kepada penonton. 

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: