Mengenal Konser Virtual dengan metaNesia Bisnis 

Mengenal Konser Virtual dengan metaNesia Bisnis 

Konser virtual dengan metaNesia bisnis memudahkan penyelenggara konser
Konser Livestream (thetenaflyecho/Shira Oelsner)

Sejak dahulu, musik menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Dengan mendengarkan musik, seseorang dapat menenangkan hati dan pikiran serta meredakan stress.

Konser adalah istilah yang digunakan untuk sebuah pertunjukan musik yang disajikan di depan penggemarnya. Selain itu, konser dapat berfungsi sebagai sarana interaksi antara musisi dan penikmat musik.

Konser virtual memudahkan penonton dan musisi untuk berinteraksi

Sejak pandemi COVID-19, konser musik seringkali ditunda dan bahkan dibatalkan. Oleh karena itu, para penyelenggara konser musik mulai mengeluarkan konsep konser virtual. Konser virtual sendiri tidak beda jauh dengan konser pada umumnya, hanya saja pelaksanaannya dilakukan secara daring.

Pada umumnya, konser virtual menggunakan streaming platform seperti YouTube atau metaverse yang memungkinkan para musisi untuk mengadakan konser dengan penggemar mereka tanpa harus bertemu. Konser virtual menghubungkan penonton dengan menggunakan avatar virtual dan musisi tampil di panggung virtual. 

Konser yang dilakukan di ruang metaverse ini pun akan memungkinkan penggemar dari seluruh dunia untuk melihat dan merasakan serunya konser tersebut. Terlebih lagi, konser virtual lebih mudah diakses karena penggemar dapat menikmati konser dari mana saja dan kapan saja.

Konser virtual dilakukan dengan realitas visual dan musik yang direkam sebelumnya, yang kemudian ditampilkan ke semua penonton. Para musisi terkenal seperti Justin Bieber, Foo Fighters, dan Ariana Grande telah tampil di metaverse melalui Fortnite dan Free Fire.

Kelebihan dari konser virtual

Konser virtual dengan metaNesia bisnis lebih efisien untuk digelar
Konser Virtual (flickr/ZZ Bottom)

Konser virtual tidak memiliki batasan yang artinya jumlah penonton yang datang akan lebih banyak. Hal ini juga mengartikan penonton dari seluruh dunia dapat terhubung dan menonton musisi favorit mereka hanya dengan menggunakan internet. 

Bagi sang musisi, konser virtual memungkinkan mereka untuk dapat menyesuaikan seluruh konsernya dengan menggunakan perangkat lunak khusus seperti Lightsream, Wirecast, vMix, dan lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa penyelenggara acara dapat merancang acara seperti yang diinginkan oleh sang musisi tanpa adanya batasan apapun. 

Perangkat lunak khusus sebagai pendukung konser virtual mendukung sang musisi untuk dapat melakukan live streaming. Live streaming akan memudahkan penonton untuk menyaksikan konser.

Konser virtual di metaNesia

metaNesia merupakan inovasi baru yang dikeluarkan oleh Telkom Indonesia pada tahun 2022. Di dalam metaNesia, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan di dunia nyata seperti mengunjungi galeri seni. metaNesia juga turut menghadirkan Virtual World yang dapat digunakan untuk mengadakan konser virtual dengan metaNesia bisnis.

Menonton konser virtual dengan metaNesia bisnis

Hingga saat ini, sudah ada 4 konser yang dilaksanakan di metaNesia seperti misalnya Pusakata, Vidi Aldiano, Konser Kemerdekaan yang melibatkan Trio Pria dan Risty Ariany, serta konser hasil kolaborasi metaNesia dan Fruit Tea World Festival 2022.

Sebagai contohnya, kolaborasi metaNesia dengan Perhutani di Konser Kemerdekaan menghasilkan environment konser di area Kawah Putih Ciwidey. Selain itu, kolaborasi ini juga meningkatkan pengetahuan kepada pengguna yang belum mengetahui wisata tersebut. 

Contoh lainnya adalah pada saat event Fruit Tea World Festival 2022 di mana landscape dan lingkungan yang luas membuat pengguna dapat melakukan eksplorasi dan berkeliling di dalamnya. Puncak dari acara tersebut adalah penampilan The Changcuters dan Naura Ayu yang membuat acara semakin seru. 

Fitur-fitur yang mendukung pelaksanaan konser virtual dengan metaNesia bisnis

Fruit Tea World Festival sebagai contoh dari konser virtual dengan metaNesia bisnis
Fruit Tea World Festival (metanesia.id)

Pada platform metaNesia, terdapat beberapa fitur yang mendukung pengguna untuk menyelenggarakan sebuah konser virtual seperti:

Kustomisasi stage dan lingkungan sesuai keinginan penyelenggara

Dengan fitur ini, penyelenggara acara dapat membuat stage menyesuaikan preferensi dari sang musisi.

Sebagai contohnya dapat dilihat dari kolaborasi metaNesia dengan Fruit Tea World Festival 2023. Dalam kolaborasi tersebut, terdapat banyak banner dan poster Fruit Tea yang tersebar di lingkungan tersebut.

Live Streaming YouTube

Fitur ini memberikan kemudahan bagi penonton untuk mengakses konser virtual dengan metaNesia bisnis di mana akan mengundang lebih banyak penonton

Kehadiran NPC (Non-playable Character) dan avatar dengan motion animasi

Penyelenggara dapat menambahkan avatar-avatar sebagai pendukung acara konser virtual yang turut meramaikan konser tersebut. Avatar-avatar tersebut nantinya akan berperan sebagai penonton yang menonton konser virtual. 

Dengan adanya fitur-fitur di atas, mengadakan konser virtual dengan metaNesia bisnis akan lebih praktis dan efisien. 


Itulah penjelasan mengenai konser virtual dengan metaNesia bisnis. Dengan menggunakan metaNesia, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti menjual dan membeli NFT dan menyelenggarakan galeri seni. 

Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis. 

Anda juga dapat mencoba masuk ke dalam platform metaverse kamu, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: