10 Superstar yang Sudah Tampil di Konser Virtual Metaverse, BTS Salah Satunya!

10 Superstar yang Sudah Tampil di Konser Virtual Metaverse, BTS Salah Satunya!

BTS
Source: BTS TV

Sementara teknologinya masih relatif baru, sudah ada artis yang telah tampil di metaverse dan mulai menjelajah ke platform digital yang belum dikenal luas oleh masyarakat. Konser virtual di metaverse menjadi semakin populer setiap harinya. Para penggemar dapat menyaksikan musisi favoritnya tampil secara langsung dan merasakan keseruan bersama penggemar lainnya tanpa harus keluar rumah.

Apa itu Konser Virtual?

Konser virtual adalah pertunjukan yang berlangsung di dunia virtual yang dikenal sebagai metaverse. Di mana avatar yang dibuat mirip dengan si artis diproyeksikan ke panggung virtual dalam realitas virtual, disinkronkan dengan iringan musik yang berasal dari rekaman sebelumnya. Konsep ini dapat sebagai cara baru dan menarik bagi penggemar untuk menonton musisi favorit, terutama di bawah dampak pandemi.

Dengan diberhentikannya tur konser dan seluruh dunia berlindung pada tahun 2020, metaverse menjadi pilihan yang semakin menarik bagi artis yang mencari cara baru untuk terhubung dengan audiens mereka. Tapi tetap saja, bahkan dengan artis yang saat ini sudah kembali ke konser konvensional, konser virtual metaverse akan tetap ada. Berikut adalah 10 artis yang pernah tampil di metaverse dan membawa masa depan musik ke masa kini.

BTS

Boy band asal Korea Selatan BTS membawa single hit mereka “Permission to Dance” dan “Butter” ke dunia digital pada tahun lalu. Grup superstar ini mengadakan konser kejutan sebagai bagian dari YouTube ESCAPE2021. Alih-alih muncul dalam bentuk manusia, para anggota BTS berubah menjadi avatar Minecraft dan membawakan single mereka di Minecraft.

Blackpink

Pemenang dari kategori MTV EMA dan VMA “Best Metaverse Performance” Blackpink baru-baru ini bekerja sama dengan PUBG Mobile untuk membuat konser metaverse berdasarkan penghargaan yang mereka dapatkan. 

Konser virtual di metaverse berlangsung selama dua minggu di bulan Juli tahun ini, dan ditonton oleh 15,7 juta penonton. Selain “The Virtual”, Blackpink juga merilis video musik metaverse untuk single mereka “Ready For Love” hasil kerja sama dengan PUBG Mobile.

Baca juga: Metaverse metaNesia | Konser Virtual yang Lebih Imersif

Travis Scott

Penampilan Travis Scott di metaverse Fortnite memecahkan rekor dalam arti menunjukkan kekuatan konser metaverse. Konser virtual selama sembilan menit dilaporkan meraup $20 juta, melebihi semua harapan. 

Menurut Travis Scott pun berpendapat bahwa Ini adalah kesempatan untuk memaksimalkan potensi yang ada. Di mana tidak perlu ada izin yang mengatur untuk melakukan sesuatu ketika konser, tidak perlu ada pihak keamanan yang trlibat, dan semua hal yang ditakutkan ketika konser berlangsung.

Ariana Grande

Ariana Grande juga berkolaborasi dengan Fortnite untuk penampilan pertamanya di metaverse. Konser virtual metaverse yang berlangsung selama tiga hari dan berhasil menarik jutaan penonton.

Seperti pada konser Travis Scott, konser Ariana Grande direkam sebelumnya dan disiarkan dalam format simulive. Artinya, pemain harus masuk pada waktu tertentu untuk menonton pertunjukan, tetapi vokal dan penampilannya sudah direkam sebelumnya. 

Justin Bieber

Justin Bieber bersama Wave mengadakan konser virtual metaverse pertamanya pada tahun lalu untuk mempromosikan albumnya yang bertajuk “Justice”. Teknologi Wave memungkinkan penggemar untuk terlibat dengan Justin selama penampilannya dan juga tampil langsung di atas panggung bersama superstar internasional tersebut. Tidak seperti pertunjukan metaverse lainnya, Justin Bieber mengendalikan avatar secara langsung dengan mengenakan setelan motion-capture.

Marshmello

Pertunjukan metaverse Marshmello pada 2019 dianggap sebagai salah satu konser virtual pertama yang mempopulerkan teknologi tersebut. Sepuluh juta pengguna secara bersamaan menghadiri konser Fortnite Marshmello yang memberi jalan bagi popularitas Fortnite dalam menyelenggarakan pertunjukan metaverse.

Meghan Thee Stallion

“Enter Thee Hottieverse” dari Megan Thee Stallion adalah tur musik inovatif selama sepuluh hari yang didukung oleh virtual reality. Saat tur berlangsung, setiap penonton harus memakai headset yang mendukung VR untuk merasakan pertunjukan metaverse. 

“Enter Thee Hottieverse” menampilkan set lagu yang bertransisi melalui environment yang berbeda. Dengan menghubungkan yang nyata dan virtual, “Enter Thee Hottieverse” dari Megan Thee Stallion menawarkan alternatif yang bagus untuk pertunjukan konser metaverse dalam game.

Twenty One Pilots

Twenty One Pilots memasuki metaverse bersama dengan Roblox. Pengalaman tersebut melibatkan penggemar dengan cara yang inovatif, karena menyertakan setlist yang dinamis. Pemain Roblox dapat mengontrol urutan lagu di setlist melalui sistem voting instan. Selain performa, pemain Roblox dapat mengakses fitur interaktif, berupa “emotes”, serta lebih dari 30 merchandise virtual eksklusif Twenty One Pilots.

Charli XCX

Bintang pop Inggris Charli XCX menyelenggarakan pertunjukan metaverse-nya sendiri di Roblox dan bekerja sama dengan raksasa teknologi Samsung. Konser virtual tersebut merupakan puncak dari pengalaman virtual selama lima minggu di Roblox yang terdiri dari mini-game. 

Dengan menyelesaikan misi, pemain bisa mendapatkan kesempatan untuk diajak bergabung dengan Charli XCX di panggung virtual. Penggemar Charli XCX dapat mengakses konten baru menjelang konser, termasuk lagu baru Charli XCX dan pakaian virtual yang terinspirasi oleh bintang pop tersebut sebagai bentuk memeriahkan.

Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne melakukan stage-diving ke dalam metaverse melalui festival metaverse miliknya sendiri “Ozzfest.” Diselenggarakan sebagai bagian dari Festival Musik Metaverse Decentraland, Ozzfest menampilkan pertunjukan metaverse oleh Megadeth, The Raven Age, Motorhead, dan Ozzy Osbourne sendiri. Tidak diragukan lagi, Ozzfest menunjukkan bahwa pertunjukan metaverse menjangkau semua genre dan tidak terbatas pada genre musik tertentu.


Itulah beberapa superstar yang berhasil mengadakan konser virtual di metaverse. BTS sebagai idol yang memiliki penggemar sangat banyak dari pernjuru dunia, berhasil memanfaatkan potensi teknologi metaverse.

Download metaNesia di sini untuk mencoba menonton konser virtual melalui metaverse!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue

Bagikan ini: