Yuk, Ikutan Kontes NFT MetaNesia by Telkom Indonesia!

Yuk, Ikutan Kontes NFT MetaNesia by Telkom Indonesia!

Era digitalisasi membuat berbagai teknologi baru muncul dan mulai digunakan masyarakat umum. Beberapa di antaranya seperti metaverse, blockchain, hingga NFT. 

Meskipun baru masuk ke Indonesia, banyak orang mulai penasaran dan ingin mempelajari berbagai teknologi baru tersebut. Simak penjelasan mengenai metaverse hingga NFT berikut ini!

Metaverse

Cryptocurrency

Cryptocurrency (Pixabay)

Metaverse adalah teknologi yang baru-baru ini dikembangkan dan sedang hangat dibicarakan. Dalam buku fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson, istilah metaverse pertama kali digunakan. Neal membayangkan sebuah dunia di mana orang-orang dapat hidup melalui avatar, dan menjalani aktivitas biasa tetapi dalam dunia virtual.

Pengguna dapat “hidup” di dunia metaverse, yang menggabungkan beberapa elemen teknologi termasuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Pengguna tidak perlu berada di lokasi fisik untuk berinteraksi dengan pengguna lain; mereka hanya perlu memasuki lingkungan metaverse.

Dunia digital metaverse diharapkan untuk berfungsi sebagai pusat semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan orang. Metaverse dapat digunakan untuk apa saja, termasuk bekerja, menonton konser, bermain game, dan melakukan operasi bisnis.

Pengguna dapat melakukan aktivitas biasa seperti yang mereka lakukan di dunia nyata setelah memasuki dunia metaverse. Selain itu, metaverse juga terhubung dengan mata uang kripto atau cryptocurrency, yang berfungsi sebagai alat pembayaran.

Setiap pengguna juga akan memiliki avatar unik yang dapat dimodifikasi. Avatar tersebut berfungsi untuk tampilan pengguna saat berkomunikasi dengan pengguna lain di metaverse. Bersosialisasi juga dapat menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan berbagai interaksi dan gerakan unik.

Non-Fungible Token (NFT)

NFT World

NFT World (Flickr)

NFT, atau Non-Fungible Token, adalah aset digital yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan barang yang dibeli dengan cryptocurrency. Teknologi yang digunakan NFT adalah berbasis blockchain yang sama dengan mata uang kripto. Perbedaannya adalah NFT bukan uang dan tidak dapat dipertukarkan karena sifatnya yang unik.

NFT dapat berupa musik, aset digital, real estat, dan hal lainnya. Karena sifatnya yang mutlak, NFT hanya dapat dimiliki satu pemilik dalam satu waktu dan yang memilikinya mempunyai hak penuh. Blockchain akan melacak siapa yang membeli NFT, hal tersebut dapat mencegah duplikasi atau pemalsuan.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbaik di Indonesia, tentu Telkom Indonesia tidak ingin ketinggalan mengikuti tren teknologi baru ini. Tahukah kamu kalau Telkom Indonesia juga memiliki pasar NFT buatan Indonesia yakni Market metaNesia?

Market MetaNesia | Pasar NFT Indonesia

Koleksi NFT di Market MetaNesia (MetaNesia)

Market MetaNesia merupakan marketplace NFT dari Telkom Indonesia yang menjual berbagai item NFT buatan kreator lokal. Tidak hanya NFT, kamu juga bisa membeli berbagai aset virtual dan merchandise dari band lokal favorit. 

Kamu bisa membeli aset NFT di Market metaNesia melalui transfer bank, loh! Kalau masih kesulitan, kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui QRIS ataupun dompet digital pilihanmu. Hal ini dilakukan agar masyarakat awam yang tidak paham akan mata uang kripto tetap bisa memiliki aset NFT. 

Market metaNesia sendiri juga terhubung dengan MetaNesia, platform metaverse pertama di Indonesia. Di dalam MetaNesia, kamu bisa melakukan berbagai hal menarik seperti bertemu teman baru, bermain game, mengikuti seminar dan webinar online, hingga menghadiri konser virtual. 

Aset NFT yang kamu beli di Market metaNesia juga kamu gunakan di dalam aplikasi MetaNesia. Jadi, tampilan avatar kamu dijamin berbeda dengan yang lain. 

Kontes NFT metaNesia

Untuk meramaikan pasar dan teknologi NFT di Indonesia, Market metaNesia pun mengadakan konten NFT di MetaNesia bagi para kreator lokal. Acara kontes NFT ini diadakan dari 20 Desember 2022 dengan pengumuman pemenang pada 12 Januari 2023. 

Yang menarik dari kontes NFT MetaNesia ini adalah kehadiran Bayu Skak sebagai juri dari kompetisi acara kompetisi Digital Art Collectible. 

Dengan tema “Impianku di Tahun Baru bersama MetaNesia”, diharapkan para kreator NFT lokal dapat membuat berbagai karya seni digital yang dapat meramaikan MetaNesia sebagai platform metaverse pertama di Indonesia. Selain itu, para kreator juga akan mendapatkan keuntungan dengan publikasi aset virtual yang mereka buat. 

Acara pengumuman lomba yang diadakan pada tanggal 12 Januari 2023 ini diadakan pada NFT Gallery MetaNesia dan dapat diikuti masyarakat umum mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga penggemar Bayu Skak. 


Itu dia pemaparan mengenai metaverse, NFT, hingga kontes NFT MetaNesia. alau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: