Potensi Penggunaan NFT untuk Bisnis di Era Digital
Beranda /
Blog /
Potensi Penggunaan NFT untuk Bisnis di Era Digital
17 Januari 2023

Potensi Penggunaan NFT untuk Bisnis di Era Digital

Potensi NFT untuk dunia bisnis
Source: Newyorksoftwaredevelopers.com

Kemunculan NFT di Indonesia belakangan ini menyebabkan perubahan dalam banyak aspek di kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu perubahan yang dapat dilihat adalah dari aspek ekonomi terutama bisnis.

Lantas, apa pengertian dari NFT itu sendiri? Bagaimana NFT bisa membantu pertumbuhan bisnis Anda menjadi lebih baik? Mari simak ulasan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Non-Fungible Token (NFT) adalah suatu aset digital yang dimiliki oleh individu atau sekelompok orang yang sebagian besarnya menggunakan teknologi blockchain untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT mewakili barang berharga ataupun unik dengan nilai tukar yang tidak dapat diganti.

Produk NFT yang dapat dijual adalah seperti karya seni, game, foto, video, musik, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat membuat aset dokumen yang dimiliki menjadi item NFT. Harga jual yang dimiliki NFT sendiri tergantung pada beberapa hal seperti kualitas, kreativitas serta reputasi dari kreator aset.

Cara kerja NFT untuk bisnis yang unik

Cara kerja NFT yang unik membuat banyak pendatang baru yang tertarik dengan NFT
Source: Ub.edu

NFT bekerja sebagai sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data secara rahasia melalui skema enkripsi khusus. Skema tersebut dapat mengkonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak dapat dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain.

Dalam perkembangannya, NFT dapat digunakan sebagai salah satu peluang bisnis. Perlu diingat bahwa agar NFT dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka diperlukan beberapa pengetahuan dan kemampuan lainnya.

Pada dasarnya, segala gambar digital dapat dibeli sebagai NFT. Namun, terdapat beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan saat membeli NFT, terutama bagi pemula. Tahap awal diantaranya adalah sebagai peluang bisnis, putuskan segmen pasar, jenis dompet digital, dan jenis mata uang kripto untuk menyelesaikan penjualan. 

Manfaat NFT terhadap pertumbuhan bisnis

Manfaat NFT di dunia bisnis
Source: Opengeekslab.com

Meningkatkan pemasaran atau aktivitas marketing perusahaan

Dengan berbagai cara, bisnis perusahaan dapat berkembang secara pesat dengan NFT. Namun, solusi yang paling jelas dalam menggunakan NFT untuk bisnis adalah dukungan pemasaran. Banyak nama merek menggunakan teknologi ini untuk menarik perhatian publik dan media massa terhadap suatu proyek tertentu.

Memberikan tiket eksklusif khusus bagi penggemar NFT

Cara lainnya adalah dengan meluncurkan klub dengan tiket keanggotaan bagi penggemar berat NFT, di mana NFT juga dapat berfungsi untuk mengakses gerbang eksklusif yang dibuat. NFT juga dapat membantu upaya pemasaran suatu bisnis karena anggotanya dapat menunjukkan keanggotaan mereka di platform media sosial.

Selanjutnya, NFT juga dapat berperan sebagai tiket bagi acara pertunjukan langsung, konferensi, dan acara olahraga di blockchain. Menggunakan tiket berbasis NFT membantu bisnis mengurangi pemalsuan tiket dan penipuan. Keaslian dari tiket dapat diverifikasi juga mendukung pasar sekunder untuk tiket.

Memberikan loyalty points dan bukti keanggotaan bagi pemilik eksklusif NFT

Selain itu, menggunakan NFT sebagai bukti keanggotaan juga menguntungkan anggota. Anggota akan dibebaskan dari beban dalam mengikat kata sandi mereka ataupun membawa kartu fisik. 

Sebaliknya, mereka cukup hanya dengan menggunakan keanggotaan melalui NFT di dompet digital mereka. Hadirnya NFT bagi anggota akan memberi rasa memiliki dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan komunitas.

Penggunaan NFT dalam mengembangkan bisnis dapat dilihat dari NFT sebagai cara untuk melacak pembelian sebelumnya dan memberi penghargaan kepada pelanggan. Saat ini, program loyalitas sudah tidak asing lagi di kalangan bisnis karena meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan.

metaNesia sebagai platform metaverse pertama di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat platform metaverse yang bernama metaNesia yang merupakan buatan anak bangsa dari Telkom Indonesia. metaNesia mempunyai market metaNesia yang berfungsi sebagai marketplace yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli NFT. Transaksi NFT dalam market metaNesia mudah untuk dilakukan karena telah didukung oleh dompet digital ataupun QRIS.

Sebagai cara untuk meramaikan industri NFT, beberapa waktu lalu Market metaNesia mengadakan kompetisi NFT dengan hadiah jutaan rupiah. Pada kompetisi tersebut, karya NFT para peserta dinilai langsung oleh tokoh publik, yaitu Bayu Skak. Kompetisi yang diadakan selama 19 hari diikuti oleh banyak orang dan pengumuman pemenang diadakan pada platform all-in-one metaNesia.


Itulah ulasan mengenai potensi penggunaan NFT untuk bisnis di era digital. Apabila Anda tertarik untuk mencoba menjual produk digital atau menjalin kerja sama, Anda dapat bergabung dengan teknologi metaverse dari metaNesia. Anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis.

Anda juga dapat mencoba untuk masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman baru melalui metaNesia yang belum pernah Anda coba sebelumnya!