Bagaimana Marketplace dan Platform NFT Berkembang Seiring Bertumbuhnya Industri
Beranda /
Blog /
Bagaimana Marketplace dan Platform NFT Berkembang Seiring Bertumbuhnya Industri
12 Januari 2023

Bagaimana Marketplace dan Platform NFT Berkembang Seiring Bertumbuhnya Industri

Marketplace NFT memungkinkan pengguna untuk membuat, mencari, membeli, menjual, dan memperdagangkan non-fungible token (NFT). NFT adalah aset digital yang mencerminkan kepemilikan objek atau materi unik, seperti karya seni, atau koleksi digital.

Untuk menggunakan marketplace NFT, pelanggan harus membuat dompet digital untuk menyimpan kripto dan NFT mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa penyedia dompet digital, termasuk MetaMask dan Coinbase Wallet.

Pengguna dapat menjelajahi marketplace dan melihat NFT yang tersedia setelah mereka menyiapkan dompet. Mereka kemudian dapat memilih NFT untuk dibeli dan melakukan transaksi menggunakan dompet kripto digital mereka.

Pasar NFT sering menyediakan beberapa alat dan layanan untuk membantu membeli dan menjual NFT. Fitur pencarian dan pemfilteran untuk membantu pengguna menemukan NFT tertentu, serta fasilitas bagi kreator untuk membuat dan menjual NFT mereka sendiri.

NFT disimpan di blockchain yang melacak semua transaksi. Untuk memastikan bahwa NFT tidak dapat direproduksi atau diubah dan menyediakan kepemilikan yang aman dan transparan.

Marketplace NFT memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menukar barang digital unik menggunakan cryptocurrency dan keamanan dan transparansi blockchain.

Bagaimana platform NFT marketplace beradaptasi dan berevolusi

Marketplace NFT telah menunjukkan perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perubahan terbaru yang paling penting adalah peningkata adopsi teknologi NFT oleh brand tradisional. Non-fungible token sebelumnya sebagian besar digunakan di komunitas online khusus, seperti yang ada di industri karya seni digital dan game.

Selain itu, telah terjadi pergeseran ke arah pengembangan marketplace NFT yang lebih canggih. Seiring pertumbuhan dan perluasan industri, marketplace NFT lainnya telah muncul, menawarkan beragam fitur yang lebih luas, seperti fitur untuk memproduksi dan menjual NFT dengan cepat dan alat pencarian dan penemuan yang lebih komprehensif.

Selain itu, akhir-akhir ini ada dorongan untuk mengintegrasikan marketplace NFT dengan platform berbasis blockchain lainnya. Beberapa marketplace NFT, misalnya, telah terhubung dengan platform keuangan terdesentralisasi (DeFi), memungkinkan pengguna untuk menggunakan NFT sebagai jaminan pinjaman melalui NFTFi.

Pasar NFT lainnya memungkinkan konsumen untuk membeli dan menjual NFT menggunakan mata uang fiat. Peningkatan ini juga meningkatkan likuiditas pasar NFT, sehingga memudahkan pengguna untuk membeli dan menjual non-fungible token.

Daftar NFT marketplace terbaik

1. OpenSea

OpenSea, seperti yang kita ketahui, merupakan NFT marketplace terbesar. Platform ini memiliki semua jenis aset digital yang tersedia di platformnya, dan gratis untuk mendaftar untuk langsung menelusuri penawaran yang diberikan. Mereka juga mendukung seniman dan kreator, serta memiliki tahapan yang mudah digunakan jika ingin membuat NFT sendiri (dikenal sebagai “minting”).

OpenSea mendukung lebih dari 200 opsi pembayaran yang berbeda, sehingga hal tersebut membuat nama platform yang digunakan sesuai. Untuk berkenalan dengan dunia NFT, OpenSea adalah platform yang bagus untuk memulai.

2. Axie Marketplace

Axie Marketplace adalah platform online untuk video game Axie Infinity. Axies adalah makhluk yang dapat dibeli dan dilatih, lalu diadu dengan Axies pemain lain untuk mendapatkan hadiah. Di Axie Marketplace, pemain dapat membeli Axies lain yang baru, serta seluruh tanah dan item lainnya, sebagai NFT yang dapat digunakan dalam game.

Token Axie Infinity dibangun di blockchain Ethereum. Dengan demikian, token ini dapat dibeli dan dijual di berbagai pasar NFT lainnya, serta di beberapa bursa mata uang kripto seperti Coinbase Global.

3. Larva Labs/CryptoPunks

Larva Labs terkenal karena proyek NFT CryptoPunks yang sebelumnya viral. NFT ini awalnya diberikan secara gratis pada tahun 2017, namun beberapa CryptoPunks telah terjual jutaan dolar sejak saat itu.

Larva Labs memiliki proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum, serta proyek seni digital lainnya seperti Autoglyphs.

NFT CryptoPunks Larva Labs kini sudah terjual habis, tetapi dapat ditawar dan dibeli dari berbagai marketplace pihak ketiga. Selain itu, berbagai proyek Larva Labs patut diperhatikan, termasuk Meebits, yang dapat ditawar langsung dari Marketplace bawaan.

4. Rarible

Rarible merupakan marketplace besar lainnya untuk semua jenis NFT, mirip dengan OpenSea. Semua jenis seni, video, barang koleksi, dan musik dapat dibeli, dijual, atau bahkan dibuat di platform rarible. Namun, tidak seperti OpenSea, kamu harus menggunakan token khusus Rarible untuk membeli dan menjual di marketplace. Tak perlu khawatir, karya digital ini tetap dapat dikelola dengan baik di platform OpenSea dengan token Rarible.

Platform Rarible menempatkan fokus khusus pada aset seni. Kreator dapat menggunakan Rarible untuk “mencetak” NFT baru dan menjual karya mereka, baik itu buku, album musik, seni digital, atau film. Kreator bahkan dapat menunjukkan sekilas kreasi mereka kepada semua pengunjung yang datang ke Rarible.

5. SuperRare

Mirip dengan Rarible, SuperRare juga membangun marketplace untuk para kreator digital. Situs ini mencakup karya seni, video, dan gambar 3D. Tetapi kolektor masih dapat membeli karya seni menggunakan Ethereum.

SuperRare memiliki tokennya sendiri dengan nama yang sama berdasarkan blockchain Ethereum. Seperti Rarible, NFT yang berasal dari SuperRare juga dapat dibeli dan dijual di OpenSea.

6. Foundation

Marketplace dan platform NFT

Foundation menyebut diri mereka sebagai platform ekonomi kreatif baru. Fokus utamanya adalah pada karya seni digital. Mereka mengundang para kreator untuk “meretas, menumbangkan, dan memanipulasi nilai karya kreatif”.

Setiap kali NFT yang diperdagangkan di Foundation, kreator menghasilkan 10% dari transaksi tersebut, yaitu, seorang kreator menerima 10% dari nilai penjualan setiap kali seorang kolektor menjual kembali karya mereka kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

7. Mintable

Marketplace dan platform NFT

Mintable merupakan NFT marketplace yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Pada marketplace ini memungkinkan kreator mencetak NFT mereka secara gratis, serta memudahkan untuk menjual atau melelang karya yang dimiliki.

Di Mintable, berbagai pengguna, seperti animator dan musisi, dapat membuat, mendistribusikan, menjual, membeli, dan memperdagangkan aset digital mereka. Platform ini memungkinkan kreator untuk menggunakan smart contract di blockchain sehingga para kreator dapat membuat aset digital bahkan tanpa mengetahui cara melakukan koding.

Mintable juga membuat para kreator dapat mengubah file digital mereka seperti PDF dan MP4 menjadi NFT yang dapat mereka pasarkan melalui Mintable.

8. Nifty Gateway

Marketplace dan platform NFT

Nifty Gateway adalah NFT marketplace populer yang menjual karya seni dari seniman digital dan selebritas seperti Pak, Grimes, Daniel Arsham, dan Beeple. Platform ini dikelola oleh Gemini, pertukaran crypto yang teregulasi dan aman, dan dianggap sebagai marketplace kelas atas karena kolaborasinya dengan kreator dan brand populer.

Salah satu hal yang membuat Nifty Gateway unik adalah membuat para kreator menerima persentase penjualan pasar sekunder. Jadi, ketika seseorang membeli NFT, para kreator tersebut akan menerima potongan dari penjualan, sama seperti Foundation.

9. BakerySwap

Marketplace dan platform NFT

BakerySwap adalah pelopor protokol pembuat pasar otomatis berbasis Binance yang memfasilitasi perdagangan Defi dan NFT, dan sepenuhnya terdesentralisasi. Platform ini diluncurkan pada tahun 2020 sebagai proyek crypto pertama Binance. BakerySwap adalah automated market maker (AMM) dan decentralized exchange (DEX) pada Binance Smart Chain (BSC).

Platform ini menggunakan token BakerySwap (BAKE). BakerySwap adalah hub kripto multifungsi yang menawarkan berbagai layanan decentralized finance (DeFi), serta landasan peluncuran kripto dan supermarket NFT.

10. Decentraland

Marketplace dan platform NFT

Decentraland merupakan dunia virtual yang dibuat di blockchain Ethereum, yang menjadikannya NFT marketplace yang andal dan aman. Membuat pengguna memperoleh properti virtual dan aset digital lainnya, seperti perangkat yang dapat dikenakan, karya seni, dan bahkan nama, yang disimpan dalam smart contract di blockchain Ethereum.

Selain membuat para kolektor untuk dapat membeli aset digital, Decentraland juga memungkinkan untuk membuat aset sendiri yang dapat didaftarkan di Decentraland Marketplace. Decentraland memiliki alat yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk membuat avatar dan bentuk 3D.

11. KnownOrigin

Marketplace dan platform NFT

KnownOrigin adalah marketplace tempat di mana kolektor dapat menemukan dan mengumpulkan karya seni digital yang langka. Setiap karya seni digital yang terdapat di KnownOrigin asli dan benar-benar unik.

Kreator dapat menggunakan platform KnownOrigin untuk memamerkan dan menjual karya mereka kepada kolektor yang peduli dengan keaslian. Platform ini pun diamankan oleh blockchain Ethereum.

Kreator dapat mengirimkan karya seni digital dalam format jpg atau Gif ke galeri KnownOrigin, dengan semua file di IPFS.

12. Market metaNesia

Marketplace dan platform NFT
Source:

Sudah terdapat beberapa marketplace NFT di Indonesia yang beroprasi, salah satunya Market metaNesia. Seperti marketplace NFT yang lain, Market metaNesia membantu seniman dan kolektor untuk dapat menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT.

Market metaNesia menerapkan proses pembelian NFT yang mudah, pengguna tidak harus membuat metamask wallet di awal untuk melakukan pembelian NFT dalam Rupiah. Namun, opsi menggunakan dompet digital pun tersedia. Untuk sistem royaltinya lebih localize dan transparan, di mana pembagian royalti dapat disesuaikan dengan kebutuhan kreator.

Selain itu, pengguna dapat mengkonversi dan menggunakan NFT item yg mereka miliki di dalam metaverse metaNesia. Fitur lainnya, metaNesia juga menerapkan prinsip Phygital (Physical & digital) di mana pengguna dapat me-redeem digital item-nya ke dalam bentuk physical yang di-support oleh Merchnesia.


Pasar untuk non-fungible tokens (NFTs) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, seperti yang terlihat dari pertumbuhan basis pengguna, pembuatan platform yang lebih rumit, banyaknya pilihan platform marketplace dan lebih banyak interaksi dengan platform berbasis blockchain lainnya.

Oleh karena itu, adaptasi dan inovasi berkelanjutan dari proyek dan platform di ruang NFT akan sangat penting untuk pertumbuhannya.

Ingin mencoba memamerkan dan menjual karya seni digital yang kamu miliki atau membeli NFT yang kamu suka? Kunjungi Market metaNesia untuk mencobanya!