Bagaimana Marketplace dan Platform NFT Berkembang Seiring Bertumbuhnya Industri

Bagaimana Marketplace dan Platform NFT Berkembang Seiring Bertumbuhnya Industri

Marketplace NFT memungkinkan pengguna untuk membuat, mencari, membeli, menjual, dan memperdagangkan non-fungible token (NFT). NFT adalah aset digital yang mencerminkan kepemilikan objek atau materi unik, seperti karya seni, atau koleksi digital.

Untuk menggunakan marketplace NFT, pengguna harus membuat dompet digital guna menyimpan crypto dan NFT mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa penyedia dompet digital, termasuk MetaMask dan Coinbase Wallet.

Pengguna dapat menjelajahi marketplace dan melihat NFT yang tersedia setelah mereka menyiapkan dompet digital. Kemudian, mereka dapat mulai bertransaksi di NFT marketplace, dengan melakukan jual beli NFT menggunakan dompet crypto digital yang telah dibuat.

Pasar NFT biasanya menyediakan beberapa fitur dan layanan untuk membantu transaksi jual beli NFT. Contohnya seperti fitur pencarian dan filter untuk membantu pengguna menemukan NFT tertentu serta fasilitas bagi kreator untuk membuat dan menjual NFT mereka sendiri.

NFT disimpan di blockchain yang melacak semua transaksi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa NFT tidak dapat direproduksi atau diubah, serta menyediakan kepemilikan yang aman dan transparan. Marketplace NFT memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menukar barang digital unik menggunakan cryptocurrency dengan keamanan dan transparansi blockchain.

Bagaimana platform NFT marketplace beradaptasi dan berevolusi

Marketplace NFT telah menunjukkan perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perubahan terbaru yang paling penting adalah peningkatan adopsi teknologi NFT oleh brand tradisional. NFT sebelumnya, sebagian besar digunakan di komunitas online khusus, seperti yang ada di industri karya seni digital dan game.

Seiring pertumbuhan dan perluasan industri, terjadi pergeseran menuju pengembangan marketplace NFT yang lebih canggih. Marketplace NFT baru, mulai muncul dengan menawarkan beragam fitur yang lebih luas. Fitur yang dimaksud seperti kemampuan untuk memproduksi dan menjual NFT dengan cepat, serta menyediakan alat pencarian dan penemuan yang lebih komprehensif.

Selain itu, akhir-akhir ini ada dorongan untuk mengintegrasikan marketplace NFT dengan platform berbasis blockchain lainnya. Misalnya, kini beberapa marketplace NFT telah terhubung dengan platform keuangan terdesentralisasi (DeFi). Sehingga, memungkinkan pengguna untuk menggunakan NFT sebagai jaminan pinjaman melalui NFTFi.

Pasar NFT lainnya memungkinkan konsumen untuk jual beli NFT menggunakan mata uang fiat. Peningkatan ini juga meningkatkan likuiditas pasar NFT, sehingga perkembangan NFT untuk kolektor digital memudahkan pengguna untuk membeli dan menjual non-fungible token pada marketplace NFT.

Daftar NFT marketplace terbaik

Berikut adalah beberapa daftar NFT marketplace terbaik yang bisa kamu gunakan untuk jual beli NFT:

1. OpenSea

Marketplace OpenSea
NFT Marketplace Terbaik (OpenSea)

Seperti yang kita ketahui, OpenSea merupakan NFT marketplace terbesar di dunia. OpenSea menawarkan berbagai jenis aset digital yang tersedia di platformnya, dengan pendaftaran gratis yang memungkinkan pengguna untuk langsung menelusuri penawaran yang diberikan. Platform ini juga mendukung para seniman dan kreator dalam memasarkan karyanya.

Jika ingin membuat NFT sendiri (dikenal sebagai “minting”), platform ini memiliki tahapan yang mudah untuk digunakan. OpenSea juga mendukung lebih dari 200 opsi pembayaran yang berbeda, termasuk menggunakan dompet kripto. Untuk berkenalan dengan dunia NFT, OpenSea adalah platform yang bagus bagi kamu yang seorang pemula.

2. Axie Marketplace

Axie marketplace
Video game NFT Marketplace (Axie Infinity)

Axie Marketplace adalah platform online untuk video game Axie Infinity. Axies adalah makhluk yang dapat dibeli dan dilatih, lalu diadu dengan Axies pemain lain untuk mendapatkan hadiah. Di Axie Marketplace, pemain dapat membeli Axies lain yang baru, serta seluruh tanah dan item lainnya, sebagai NFT yang dapat digunakan dalam game.

Token Axie Infinity dibangun di blockchain Ethereum. Dengan demikian, token ini dapat dibeli dan dijual di berbagai pasar NFT lainnya, serta di beberapa bursa mata uang kripto seperti Coinbase Global.

3. Larva Labs/CryptoPunks

NFT Marketplace Larva Labs (Larva Labs)

Platform Larva Labs mulai terkenal karena proyek NFT CryptoPunks yang sebelumnya viral. NFT ini awalnya diberikan secara gratis pada tahun 2017, namun kepopuleran NFT ini membuat CryptoPunks telah terjual dengan harga jutaan dolar tidak lama setelah perilisan awalnya.

Larva Labs memiliki proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum, serta proyek seni digital lainnya seperti Autoglyphs. NFT CryptoPunks Larva Labs kini sudah terjual habis, tetapi dapat ditawar dan dibeli dari berbagai marketplace pihak ketiga. Selain itu, berbagai proyek Larva Labs patut diperhatikan, termasuk Meebits, yang dapat ditawar langsung dari Marketplace bawaan.

4. Rarible

NFT Marketplace Rarible (Rarible)

Deretan NFT marketplace besar selanjutnya yang mirip dengan OpenSea, ada Rarible. Marketplace ini menyediakan semua jenis NFT, seperti semua jenis seni, video, barang koleksi, dan musik dapat dibeli, dijual, atau bahkan dibuat di platform Rarible.

Namun, tidak seperti OpenSea, kamu harus menggunakan token khusus Rarible untuk membeli dan menjual di marketplace. Tak perlu khawatir, karya digital ini tetap dapat dikelola dengan baik di OpenSea dengan token Rarible.

Platform Rarible menempatkan fokus khusus pada aset seni. Kreator dapat menggunakan Rarible untuk “mencetak” NFT baru dan menjual karya mereka, baik itu buku, album musik, seni digital, atau film. Kreator bahkan dapat menunjukkan sekilas kreasi mereka kepada semua pengunjung yang datang ke Rarible.

5. SuperRare

Kolektor digital dan NFT Marketplace (SuperRare)

Mirip dengan Rarible, SuperRare juga membangun marketplace untuk para kreator digital. Situs ini mencakup karya seni, video, dan gambar 3D. Tetapi kolektor masih dapat membeli karya seni menggunakan Ethereum.

SuperRare memiliki tokennya sendiri dengan nama yang sama berdasarkan blockchain Ethereum. Seperti Rarible, NFT yang berasal dari SuperRare juga dapat dibeli dan dijual di OpenSea.

6. Foundation

Marketplace dan platform NFT
Platform NFT Marketplace Foundation (Foundation)

Foundation menyebut diri mereka sebagai platform ekonomi kreatif baru. Fokus utamanya adalah pada karya seni digital. Mereka mengundang para kreator untuk “meretas, menumbangkan, dan memanipulasi nilai karya kreatif”.

Setiap kali NFT diperdagangkan di Foundation, kreator akan menerima 10% dari nilai transaksi tersebut. Hal ini berarti ketika seorang kolektor menjual kembali karya mereka kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi, seorang kreator akan menerima 10% dari nilai penjualan tersebut.

7. Mintable

Marketplace dan platform NFT
Marketplace Mintable (Mintable)

NFT marketplace ini dibangun di atas blockchain Ethereum. Mintable marketplace memungkinkan kreator untuk menciptakan NFT mereka secara gratis, serta menyediakan kemudahan dalam menjual atau melelang karya yang mereka miliki. Di Mintable, berbagai pengguna, seperti animator dan musisi, dapat membuat, mendistribusikan, menjual, membeli, dan memperdagangkan aset digital mereka.

Platform ini memungkinkan kreator untuk menggunakan smart contract di blockchain sehingga para kreator dapat membuat aset digital bahkan tanpa mengetahui cara melakukan koding. Mintable juga membuat para kreator dapat mengubah file digital mereka seperti PDF dan MP4 menjadi NFT yang dapat mereka pasarkan melalui Mintable.

8. Nifty Gateway

Marketplace dan platform NFT
Fitur NFT Marketplace (Nifty Gateway)

Nifty Gateway adalah NFT marketplace populer yang menjual karya seni dari seniman digital dan selebritas seperti Pak, Grimes, Daniel Arsham, dan Beeple. Platform ini dikelola oleh Gemini, pertukaran crypto yang teregulasi dan aman, dan dianggap sebagai marketplace kelas atas karena kolaborasinya dengan kreator dan brand populer.

Salah satu hal yang membuat Nifty Gateway unik adalah membuat para kreator menerima persentase penjualan pasar sekunder. Jadi, ketika seseorang membeli NFT, para kreator tersebut akan menerima potongan dari penjualan, sama seperti Foundation.

9. BakerySwap

Marketplace dan platform NFT
Marketplace home BakerySwap (BakerySwap)

Pelopor protokol pembuat pasar otomatis berbasis Binance yang memfasilitasi perdagangan Defi dan NFT dan sepenuhnya terdesentralisasi, adalah BakerySwap. Platform ini diluncurkan pada tahun 2020 sebagai proyek crypto pertama Binance. BakerySwap adalah automated market maker (AMM) dan decentralized exchange (DEX) pada binance smart chain (BSC).

Platform ini menggunakan token BakerySwap (BAKE). BakerySwap adalah hub kripto multifungsi yang menawarkan berbagai layanan decentralized finance (DeFi), serta landasan peluncuran kripto dan supermarket NFT.

10. Decentraland

Marketplace dan platform NFT
Crypto Decentraland (Decentraland)

Decentraland merupakan dunia virtual yang dibuat di blockchain Ethereum, yang menjadikannya NFT marketplace yang andal dan aman. Membuat pengguna memperoleh properti virtual dan aset digital lainnya, seperti perangkat yang dapat dikenakan, karya seni, bahkan nama, yang disimpan dalam smart contract blockchain Ethereum.

Selain membuat para kolektor tertarik untuk membeli aset digital, Decentraland juga memungkinkan untuk membuat aset sendiri yang dapat didaftarkan di Decentraland Marketplace. Decentraland memiliki alat yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk membuat avatar dan bentuk 3D.

11. KnownOrigin

Marketplace dan platform NFT
Marketplace aset digital (KnownOrigin)

Setiap karya seni digital yang terdapat di KnownOrigin ini asli dan benar-benar unik. KnownOrigin sendiri merupakan marketplace tempat di mana kolektor dapat menemukan dan mengumpulkan karya digital yang langka.

Kreator dapat menggunakan platform KnownOrigin untuk memamerkan dan menjual karya mereka kepada kolektor yang peduli dengan keaslian. Platform ini pun diamankan oleh blockchain Ethereum. Kreator juga dapat mengirimkan karya seni digital dalam format jpg atau Gif ke galeri KnownOrigin, dengan semua file di IPFS.

12. Market metaNesia

Marketplace dan platform NFT
Market MetaNesia (Market MetaNesia)

Sudah terdapat beberapa marketplace NFT di Indonesia yang beroperasi, salah satunya Market MetaNesia. Seperti marketplace NFT yang lain, Market MetaNesia membantu seniman dan kolektor untuk dapat menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT.

Market MetaNesia menerapkan proses pembelian NFT yang mudah, di mana pengguna tidak harus memiliki dompet kripto seperti metamask wallet. Melalui Market MetaNesia, pembelian NFT dilakukan dalam Rupiah. Namun, opsi menggunakan dompet digital pun tersedia, untuk sistem royaltinya lebih localize dan transparan, di mana pembagian royalti dapat disesuaikan dengan kebutuhan kreator.

Selain itu, pengguna dapat mengkonversi dan menggunakan NFT item yg mereka miliki di dalam metaverse MetaNesia. Fitur lainnya, MetaNesia juga menerapkan prinsip Phygital (Physical & digital) di mana pengguna dapat me-redeem digital item-nya ke dalam bentuk physical yang di-support oleh Merchnesia.

13. NBA Top Shot

NBA  top shot
Marketplace NBA (NBA Top shot)

Bagi kamu penggemar berat bola basket, NBA Top Shot memungkinkan kamu membeli NFT dari momen-momen hebat dalam sejarah bola basket. Marketplace NFT yang satu ini dapat memungkinkan kamu untuk membeli aset, menjual, dan melakukan perdagangan NFT yang berkaitan dengan NBA.

Jika dibandingkan dengan NFT marketplace lain seperti OpenSea, NBA Top Shot menawarkan pengalaman yang cukup eksklusif. Hal ini disebabkan oleh fokus mereka pada penjualan karya NFT yang terkait dengan momen-momen penting dalam permainan bola basket.

NBA Top Shot juga memungkinkan pengguna membeli paket digital berisi NFT dengan momen-momen ikonik seperti slam dunk, three-point shots, dan aksi spektakuler pemain NBA terkenal. Dengan nomor seri unik pada setiap NFT, masing-masing karya memiliki keunikan yang membedakannya dari marketplace NFT lainnya.

Harga yang ditawarkan pada platform NFT ini beragam, ditentukan oleh faktor-faktor seperti kelangkaan, popularitas pemain atau momen, serta permintaan pasar. Untuk mengakses koleksi digital pada platform NFT ini, kamu dapat mengunjungi situs web resminya dan membuat akun. Setelah terdaftar, kamu dapat menjelajahi marketplace NFT, melihat koleksi NFT yang tersedia, dan berpartisipasi dalam transaksi jual beli NFT di dalam komunitas NBA Top Shot.

Transaksi NFT bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan kartu kredit/debit atau menggunakan mata uang crypto, seperti Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, DAI, atau USDC. Sedangkan untuk biaya tambahan, akan dimasukkan ke dalam harga pembelian.

14. Binance

Sejalan dengan perkembangan NFT akhir-akhir ini, mulai banyak bermunculan platform jual beli NFT. Salah satunya ada Binance, NFT marketplace yang satu ini terbilang cukup populer. Binance merupakan salah satu marketplace crypto terbesar di dunia yang menyediakan berbagai aset digital, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP).

Platform ini juga menyediakan grafik harga dan data pasar, yang berguna untuk menganalisis pasar dan membuat keputusan investasi yang lebih baik. Pengguna dapat membuat akun di Binance, dan menghubungkan dompet kripto mereka untuk melakukan transaksi aset digital.


Pasar untuk non-fungible tokens (NFTs) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan muncul banyak pilihan platform marketplace yang bisa kamu gunakan. Kunjungi blog MetaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar non-fungible token (NFT) dan teknologi imersif lainnya.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia metaverse. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan blockchain, augmented reality, dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk mencoba masuk ke dunia metaverse yang dibuat oleh MetaNesia? Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: