Meta Berhasil Akuisisi Aplikasi VR Supernatural, Sebagai Pengembang Konten Kebugaran di Meta Reality

Meta Berhasil Akuisisi Aplikasi VR Supernatural, Sebagai Pengembang Konten Kebugaran di Meta Reality

Perusahaan Meta akuisisi aplikasi VR Supernatural
Meta (Trusted Reviews/Gemma Ryles)

Perusahaan teknologi terbesar dunia yakni Meta, sedang mengembangkan teknologi virtual reality (VR) canggih yaitu metaverse. Hal tersebut membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk memasuki lingkungan virtual tersebut. 

Dalam proses pengembangan dunia virtual metaverse yang tak terbatas ini, Meta tidak sendirian untuk membangun lingkungan imersif tersebut. Perusahaan Meta telah dibantu oleh beberapa studio VR sebagai penyedia jasa pengembangan dunia virtual untuk berbagai bidang. Salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan akuisisi perusahaan, salah satunya studio VR Supernatural.

Akuisisi yang berhasil dilakukan Meta

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai akuisisi yang dilakukan Meta Terhadap studio VR Supernatural. Simak informasi beberapa platform yang telah diakuisisi oleh Meta yakni:

Beat Games (Beat Saber)

Platform Beat Saber
Beat Saber (CCNULL/MarcoVerch)

Platform Beat Saber adalah permainan virtual reality (VR), di mana kamu dapat menggunakan VR controller untuk memainkannya. Dalam permainan Beat Saber ini, kamu diajak untuk bergerak dengan mengikuti irama musik. Kamu dapat menggerakan VR controller untuk mengayunkan lightsaber virtual terhadap objek yang akan bergerak dan mengikuti irama musik yang seru. 

Sanzaru Games (Asgard’s Wrath)    

Platform Sanzaru Games
Sanzaru Games (Sanzaru)

Selain Beat Saber, studio platform kedua yang dimiliki Meta adalah Sanzaru Games. Platform ini merupakan studio pengembang video games asal Amerika Serikat yang menghadirkan permainan pertempuran dengan tema mitologi yakni Asgard’s Wrath. 

Ready at Dawn (Lone Echo)   

Games Lone Echo
Lone Echo (Trusted Reviews/Ryan Jones)

Studio platform ketiga yang berhasil diakuisisi oleh Meta yakni Ready at Dawn. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa pembuatan video games imersif yang menghadirkan permainan petualangan luar angkasa Lone Echo pada tahun 2017 lalu.

Downpour Interactive (Onward)   

Selain memiliki studio platform dalam bidang industri game, Meta juga telah melakukan akuisisi studio platform yang menyediakan simulasi militer virtual yakni Downpour Interactive (Onward).

Akuisisi Meta terhadap aplikasi VR Supernatural 

Meta akuisisi aplikasi VR Supernatural
Supernatural Platform (Get Supernatural)

Meta telah berhasil mengakuisisi beberapa platform seperti yang telah disampaikan informasi di atas. Baru-baru ini Meta berhasil akuisisi aplikasi VR Supernatural.

Implementasi dunia metaverse terhadap bidang kesehatan dan kebugaran menarik perhatian Meta untuk mengakuisisi platform ini. Melalui hal ini, CEO Supernatural yakni Chris Milk akhirnya mengumumkan bergabungnya Supernatural dengan Meta untuk menghadirkan keajaiban melalui kerjasama yang akan dilakukan kedepan.

Studio VR Supernatural merupakan platform kebugaran yang digunakan untuk pelatihan, meditasi dan berolahraga dengan perangkat dan teknologi VR. Melalui langkah ini, Meta berharap studio VR Supernatural dapat lebih mewarnai dan mengembangkan dunia virtual canggih yang sedang dibentuk yakni Meta Reality. Meta Reality merupakan sebuah proyek yang dikembangkan meta dalam bentuk metaverse, avatar, inovasi XR dan perangkat pendukungnya.  

Meta menarik akuisisi dengan Within   

Meta akuisisi aplikasi VR Supernatural yang dikembangkan within
 Within (Within)

Sebelum Meta berhasil akuisisi aplikasi VR Supernatural, mereka terlebih dahulu mengajukan proposal kepada pengembang utama platform Supernatural yakni perusahaan Within. Within merupakan perusahaan penyedia jasa untuk membuat video virtual imersif dan konten yang bisa digunakan dengan perangkat VR.

Meta mengumumkan bahwa mereka menyelesaikan kerja sama dengan Within yang telah diajukan tahun 2021 lalu. Hal tersebut terjadi karena adanya keraguan kesepakatan oleh Komisi Perdagangan Federal yang mengajukan gugatan anti monopoli kepada Meta pada pertengahan 2022 lalu. 

Komisi Perdagangan Federal berpendapat bahwa Meta sedang mendominasi teknologi VR dengan melakukan akuisisi. Alasan yang diberikan yakni pada beberapa tahun sebelumnya, Meta berusaha untuk melakukan praktik monopoli media sosial, salah satunya dengan mengakuisisi platform WhatsApp.

Akhirnya, pihak Meta memberikan proposal tersebut kepada studio VR Supernatural yang juga dikembangkan oleh Within dan berhasil mendapatkannya. Melalui akuisisi tersebut, pihak Within akan terus mengembangkan konten latihan pada studio VR Supernatural, namun di bawah penanganan Meta.


Berikut informasi terbaru mengenai langkah yang dilakukan Meta untuk membantu dalam mengembangkan dunia virtual metaverse canggih.

Hal ini merupakan langkah yang besar dan beresiko, jika tidak dipertimbangkan dengan baik. Proses untuk mengakuisisi memerlukan waktu agar dapat memberi dampak perubahan dalam membangun perubahan yang berkelanjutan.  

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: