Apakah Meta Quest 2 Layak untuk Dibeli? Simak Spesifikasinya di Sini!
Beranda /
Blog /
Apakah Meta Quest 2 Layak untuk Dibeli? Simak Spesifikasinya di Sini!
28 December 2022

Apakah Meta Quest 2 Layak untuk Dibeli? Simak Spesifikasinya di Sini!

spesifikasi meta quest 2
Sumber: UploadVR

Oculus Quest 2 merupakan salah satu headset virtual reality (VR) terbaik yang tersedia baik untuk pemula ataupun profesional. Headset ini pada awalnya diproduksi oleh Oculus yang kemudian dibeli oleh Meta.

Perusahaan Meta kemudian mengganti nama Oculus Quest 2 menjadi Meta Quest 2 pada bulan Januari tahun 2022 lalu.

Spesifikasi Meta Quest 2 sangat cocok jika kamu mencari headset virtual reality spek premium yang berbasis PC. Tidak seperti HTC Vive atau Oculus Rift S, headset virtual reality ini tidak memerlukan kabel tambahan dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Tapi untuk berapa lama Meta Quest 2 akan tetap populer di kelasnya? 2 tahun selang Oculus Quest 2 diluncurkan, Meta mengumumkan headset VR terbarunya yang dijuluki Project Cambria Oktober lalu.

Meta menjelaskan bahwa perangkat baru ini akan menjadi pondasi bagi teknologi inovatif yang bertujuan untuk membantu keseharian di metaverse. Meta memang baru-baru ini telah meluncurkan salah satu headset VR yang merupakan bagian dari Project Cambria bernama Quest Pro.

Meta Quest Pro menggunakan perpaduan teknologi mixed reality yang lebih canggih dibanding Quest 2. Namun, hingga saat ini, Meta Quest 2 masih terus berkuasa di pasaran. Lantas, apakah headset VR ini masih layak di beli? Simak spesifikasi Meta Quest 2 selengkapnya di bawah ini!

Harga dan ketersediaan Oculus Quest 2

meta quest 2
Sumber: TechCrunch

Per bulan Desember 2022, Oculus Quest 2 hanya hadir dalam dua varian yaitu model dengan penyimpanan 128GB dengan harga sekitar 6 juta rupiah dan versi 256gb seharga 7 juta lebih.

Dalam penyimpanan hal ini merupakan peningkatan karena Oculus Quest 1 tidak memiliki versi penyimpanan 256 gb.Sebelumnya Oculus Quest 2 juga memiliki model dengan penyimpanan 64 gb, namun model ini sudah tidak diproduksi.

Harga headset VR tersebut saat ini lebih mahal daripada Quest 2 saat masih dimiliki oleh Oculus. Sebelum Meta menaikkan harga (disebabkan oleh inflasi dan kenaikan biaya produksi), model 128gb berharga hanya sekitar 4 juta rupiah dan versi 256gb dijual sekitar 6 juta rupiah.

Secara spek, baik model 128gb ataupun 256gb tidak memiliki perbedaan. Model 128gb memiliki fitur dan teknologi yang sama dengan model 256gb. Tetapi, bagi kamu yang ingin mencoba berbagai aplikasi VR dengan spek tinggi, direkomendasikan untuk membeli model 256gb. Terutama dengan ukuran aplikasi VR yang relatif tidak kecil. Bahkan, secara harga, model 256 gb tidak memiliki harga yang terlalu jauh dari model 128 gb.

Desain dan spesifikasi Meta Quest 2

meta quest 2
Sumber: Space.com

Oculus Quest 2 memiliki pad empuk dengan 2sepasang lensa mirip kacamata yang berada di depan layar memberikan visual 3D stereoskopik. Headset Oculus Quest 2 ini dipasangkan dengan sensor gerak “Oculus touch” dan akselerometer di headset.

Kamu dapat menggerakkan kepala dan melihat gerakan yang dipantulkan secara real-time di layar digital seolah-olah kamu sedang melihat keluar dan bergerak di dunia nyata.

Kepraktisan

Oculus Quest 2 memiliki berat yang sama ringannya dengan Quest pertama. Oculus Quest 2 memiliki berat sebesar 503 gram dengan cangkang luarnya memiliki kamera eksternal yang membantu melacak posisi dan touch controllers yang disediakan.

Jika terasa longgar, kamu bisa mengencangkan headset dengan velcro (tali kain berbahan elastis). Tali velcro ini berbeda dengan Quest 1 yang dilapisi karet lebih terstruktur.

Spesifikasi Meta Quest 2: Chipset dan RAM

Peningkatan antara Oculus Quest 2 dan headset Quest pertama sangat signifikan. Quest 2 menawarkan RAM 6GB dibandingkan dengan Quest 1 yang hanya 4GB. Peningkatan RAM 6GB bisa membuat pengalaman menggunakan aplikasi VR menjadi lebih lancar dan mulus.

Oculus Quest 2 juga memiliki chipset Qualcomm Snapdragon XR2 yang jauh lebih cepat dari segi performa. Hal ini memungkinkan sensasi pengalaman yang lebih imersif dan interaktif pada Quest 2. Qualcomm Snapdragon XR2 ini juga memungkinkan peningkatan resolusi dan refresh rate yang lebih besar dibanding Quest 1.

Resolusi layar

headset vr
Sumber: Tom’s Guide

Oculus Quest pertama menggunakan layar OLED beresolusi 1440 x 1600 untuk setiap lensa, Sedangkan Oculus Quest 2 hanya menggunakan satu panel layar LCD. Quest 2 membagi satu layar LCD tersebut ke dua lensa dan menampilkan resolusi 1832 x 1920 pixel. Resolusi tersebut 50% lebih tajam dari Quest 1.

Selain ketajam 1832 x 1920, penggunaan LCD juga meningkatkan refresh rate menjadi 90 Hz, dibandingkan dengan 72 Hz Quest 1. Bahkan Quest 2 memiliki dengan fitur eksperimental hingga 120 Hz. Jika didukung, ini akan menjadi pengalaman yang lebih mulus.

Interpupillary distance (IPD)

Namun terdapat perubahan pada interpupillary distance (IPD) yang merupakan jarak antara kedua mata. Sebelumnya, kamu dapat melakukan penyesuaian jarak kedua lensa dengan slider di bagian bawah Quest pertama. Namun, pada Quest 2 kamu harus secara manual menggeser kacamata pada tiga jarak yang telah ditentukan, 58mm, 63mm, dan 68mm.

Meskipun begitu, kita tidak akan melihat perbedaan secara signifikan karena ketiga pengaturan jarak tersebut merupakan jarak IPD yang paling Umum. Namun, sangat disayangkan fitur slider IPD yang lebih praktis dihilangkan.

Baterai

Dengan berbagai peningkatan dibandingkan pendahulunya, Oculus Quest 2 tetap menawarkan daya tahan baterai 2-3 jam yang sama dengan Quest pertama, bergantung pada aplikasi yang kamu gunakan.

Meskipun daya tahan baterai terlihat tidak terlalu lama, 2-3 jam merupakan durasi yang efektif untuk menggunakan headset VR. Lebih dari itu, kamu mungkin mengalami pegal dan rasa pusing karena terlalu lama menggunakan headset VR.

Oculus tetap bisa mempertahankan daya baterai 2-3 jam berkat peningkatan signifikan pada algoritme pelacakannya yang sekarang juga ada pada controller headset tersebut. Dengan begitu, Oculus Quest 2 bisa menawarkan masa pakai baterai dua kali lipat dibandingkan dengan pendahulunya.

Controller

Spesifikasi Meta Quest 2 dalam hal touch controllers juga mengalami peningkatan. Sekarang controller Meta Quest 2 menawarkan lebih banyak ruang untuk mengistirahatkan jari tangan selama bermain. Hal ini membuat controller Meta Quest 2 lebih nyaman digenggam dalam waktu lama.

Masing-masing controller memiliki pegangan seperti tongkat, termasuk pemicu untuk jari telunjuk dan genggaman kamu, serta tombol wajah dan tongkat gerakan untuk ibu jari. Sebuah tali menjaga controller agar tidak terbang bebas dari tangan kamu.

Terdapat cincin plastik yang mengelilingi ibu jari kamu yang memungkinkan headset melacak gerakan tangan dan lengan pengguna.

Speaker dan mikrofon

Speaker terpasang pada penyangga tali headset, menawarkan suara stereo arah kiri dan kanan. Speaker dari Meta Quest 2 ini cukup jernih dan keras untuk menyampaikan umpan balik dan sensasi audio terarah dari game.

Jika kamu bermain di ruangan dengan seorang teman, mereka bisa mendengar semua yang terjadi menggunakan speaker internal, tetapi ada juga jack 3,5mm jika kamu ingin menyambungkan headphone sendiri.

Meta Quest 2 juga dilengkapi dengan mikrofon yang cukup jelas untuk berkomunikasi dalam game multiplayer. Kamu juga bisa melakukan beberapa pencarian suara di berbagai aplikasi yang mendukungnya. Pengenalan ucapan dari mikrofon ini juga sangat akurat.

Konektivitas Meta Quest 2

virtual reality
Sumber: UploadVR

Jika kamu memiliki PC gaming dengan spesifikasi yang layak, kamu dapat menggunakan Meta Quest 2 untuk mencoba pengalaman virtual reality yang realistis dan imersif.

Kamu bisa menyambungkan headset ini kepada PC dengan mencolokkan kabel USB 3.0 berkecepatan tinggi. Dengan mencolok USB ke PC, kamu bisa mengatur launcher Oculus berbasis PC dan mengunduh aplikasi yang kamu sukai.

Jika kamu ingin mencoba berbagai aplikasi, disarankan untuk menggunakan Quest dengan penyimpanan 256gb karena aplikasi VR memiliki ukuran file cukup besar. Terutama dengan perbedaan harga yang relatif tidak terlalu jauh antara model 128 gb dengan model 256 gb.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan fitur Air Link Quest 2 untuk pengalaman VR PC nirkabel yang mengandalkan koneksi Wi fi. Baik dengan koneksi Wi fi atau USB, kamu bisa memilih berbagai macam aplikasi yang ada di launcher Oculus.

Kelebihan dan kekurangan dari spesifikasi Meta Quest 2

virtual reality
Sumber: PC Perspective

Kelebihan

Kelebihan dari Meta Quest 2 adalah sebagai berikut:

  • Resolusi tajam 1832 x 1920 pixel
  • Performa yang kuat
  • Ringan
  • Refresh rate hingga 90 Hz dibanding Quest 1 yang hanya 72 Hz

Kekurangan

Beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui dari Meta Quest 2:

  • Bisa menyebabkan motion sickness
  • Membutuhkan akun Facebook untuk menggunakan headset
  • Baterai hanya bertahan 2-3 jam

Apakah kamu tertarik dengan informasi seputar virtual reality dan teknologi? Kunjungi metaNesia untuk mengetahui berita terbaru saat ini!