Keikutsertaan metaNesia dalam Rakor Kominfo Desember 2022
Beranda /
Blog /
Keikutsertaan metaNesia dalam Rakor Kominfo Desember 2022
16 December 2022

Keikutsertaan metaNesia dalam Rakor Kominfo Desember 2022

peserta rakor kominfo bali desember 2022

Sebagai salah satu platform metaverse pertama buatan Indonesia, metaNesia kian menunjukkan kooperasinya dalam membangun berbagai aspek di negeri ini. Salah satunya dengan mengikuti acara internal Rakor Kominfo Bidang Infrastruktur dan Aplikasi, yang diadakan pada 15-16 Desember 2022 di The Stones Hotel, Bali. 

Acara Rakor Kominfo ini sendiri diadakan dalam rangka peningkatan keamanan penyelenggaraan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), melalui pemanfaatan Pusat Data Nasional. Mewakili Telkom Indonesia, metaNesia turut hadir dan menunjukkan cara baru berinteraksi dengan masyarakat melalui platform metaverse yang dimiliki. Tidak hanya mengisi acara, metaNesia juga membuka booth demo untuk bisa berinteraksi dengan partisipan secara lebih interaktif. 

Booth metaNesia dalam acara Rakor Kominfo

booth metanesia di acara rakor kominfo 2022

Pada kesempatan ini, metaNesia membawa sepasang perangkat VR yakni Meta Quest 2 yang bisa digunakan pengunjung untuk masuk ke dalam dunia virtual metaNesia. Di dalamnya, pengunjung bisa mencoba berbagai aktivitas seperti bermain games sepak bola, bulu tangkis, treasure hunt, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya memainkan game, metaNesia juga memamerkan berbagai produk yang bisa digunakan untuk membantu dan juga meningkatkan pelayanan publik. Beberapa diantaranya seperti Hub Commerce berupa Mall, metaNesia Virtual Concert, metaNesia Stage, dan masih banyak lagi. Produk tersebut tentunya masih dapat dikustomisasi dan disesuaikan dengan keinginan pembeli, sehingga bisa memenuhi berbagai kebutuhan. 

penggunaan headset vr untuk masuk ke dalam metanesia

Salah satu pihak yang mengunjungi booth metaNesia dan turut merasakan teknologi imersif ini adalah Bapak Agato P.P. Simamora, selaku Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Kemenkumham. Kehadiran metaNesia sebagai salah satu platform metaverse tentunya dapat membuat berbagai kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang semakin mudah. 

Virtual Stage Kominfo di aplikasi metaNesia

tampilan virtual stage kominfo di metanesia

Selain itu, dipamerkan juga virtual stage buatan metaNesia untuk Kominfo, sebagai salah satu wujud keseriusan Kominfo untuk masuk ke dalam platform metaverse. Dengan kehadiran virtual stage tersebut, diharapkan Kominfo perlahan dapat bertransisi untuk melakukan beberapa kegiatan di dalam metaNesia. 

metaNesia, #UnlockYourDreams