Dengan Metaverse Controller Kamu Bisa Menyentuh Barang Secara Nyata! Penasaran Caranya?
Beranda /
Blog /
Dengan Metaverse Controller Kamu Bisa Menyentuh Barang Secara Nyata! Penasaran Caranya?
7 December 2022

Dengan Metaverse Controller Kamu Bisa Menyentuh Barang Secara Nyata! Penasaran Caranya?

metaverse controller

Metaverse memiliki pengertian sebagai suatu platform imersif yang memberikan digital experience sebagai alternatif atau replika dari dunia nyata. Platform imersif ini dibangun dengan dukungan teknologi web3, virtual reality, dan blockchain.

Semakin hari metaverse kian populer di kalangan masyarakat. Hal ini juga didukung oleh banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan di dunia virtual tersebut. Dimulai dari menonton konser hingga hangout secara virtual, hampir berbagai aktivitas bisa kita lakukan.

Sayangnya, teknologi metaverse belum memiliki kemampuan layaknya alat indera manusia. Kita belum bisa merasakan sentuhan dengan kulit kita atau mencium bau seperti menggunakan hidung.

Namun hal tersebut mulai memungkinkan untuk dilakukan. Kini kamu juga bisa merasakan sentuhan barang yang seakan nyata di metaverse. Bagaimana cara melakukannya? Jawabannya adalah dengan menggunakan alat bernama metaverse controller.

Mengenal Metaverse Controller Milik MAKinteract Lab

Metaverse controller merupakan suatu alat pengendali yang berisi tombol dan touchpad untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual. Pada dasarnya alat ini merupakan VR Controller yang dibuat lebih imersif. Perangkat ini biasanya dipasangkan dengan VR headset agar mendapat sensasi yang lebih riil dan imersif.

Salah satu contoh dari alat ini adalah SpinOcchio. Perangkat tersebut dikembangkan oleh institusi asal Korea Selatan yaitu MAKinteract Lab Korea Advanced Institute of Science and Technology.

SpinOcchio memungkinkan penggunanya untuk merasakan serta menyentuh objek di dalam dunia virtual seakan-akan kita memegangnya dengan tangan. MAKinteract Lab mengembangkan controller ini untuk membuat rasa sentuhan yang terasa nyata pada lingkungan VR.

Perangkat ini menggunakan metode piringan berputar sehingga bisa memperkirakan gambaran ketebalan objek pada sela jari. Alhasil, kamu dapat merasakan sensasi sentuhan pada tangan. Contohnya, kita dapat merasakan sensasi membuat keramik seolah-olah kita sedang memegang tanah liat. Menarik bukan?

Bagaimana Cara SpinOcchio Bekerja?

metaverse controller

Sumber: Nikkei Asia

Perangkat metaverse controller ini memiliki cara kerja yang cukup unik. Para peneliti dari MAKinteract Lab sebelumnya telah mengidentifikasi bagaimana rasa sentuhan setiap benda jika bergesekan dengan kulit. Data ini kemudian dihubungkan dengan sinyal visual yang diberikan pengguna saat menggunakan headset VR.

Para peneliti juga telah melakukan pengujian pada controller ini. Pengujian tersebut dilakukan untuk melihat seberapa realistis gerakan dan sentuhan yang dirasakan. Selain itu, peneliti juga menguji seberapa akurat sinyal visual yang dilihat pengguna saat memakai headset VR menerjemahkan sentuhan.

Menurut laporan tersebut, metaverse controller ini bisa memberikan sensasi yang sangat realistis mendekati rasa sentuhan aslinya di dunia nyata. Bahkan kamu dapat merasakan ketebalan benda virtual seakan-akan memegang benda fisik.

Sensasi sentuhan tersebut disimulasikan menggunakan cakram yang dapat berputar melawan arah jari pengguna. Misalnya jika kita membuat kerajinan dari tanah liat secara virtual, kita dapat merasakan tanah liat meluncur di tangan kita. Tentunya rasa sensasi sentuhan ini mengikuti gerakan tangan pengguna di dunia virtual.

Apakah kamu tertarik membeli metaverse controller ini? Sayangnya hingga saat ini belum ada informasi mengenai peluncuran publik dari perangkat SpinOcchio. Meskipun begitu, alat ini mengajarkan kita bahwa sensasi menyentuh barang bisa dirasakan di metaverse. 

Sambil menunggu, kamu bisa coba terlebih dahulu masuk ke dalam metaverse. Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukannya dengan mendownload aplikasi metaNesia, platform metaverse karya anak bangsa!