Musik NFT Membantu Kreator Independen dalam Memonetisasi dan Membangun Fanbase

Musik NFT Membantu Kreator Independen dalam Memonetisasi dan Membangun Fanbase

Musik NFT membantu musisi
Musik dalam bentuk NFT (Berklee College of Music)

Musik adalah salah satu bagian integral dari kehidupan setiap orang, dan hadir di mana-mana. Menariknya, seiring berkembangnya teknologi, musik pun turut berkembang. Selaras dengan ramainya teknologi NFT (Non-Fungible Token), token yang tidak dapat dipertukarkan, kini pun hadir musik dalam bentuk NFT yang dapat membantu musisi dalam memonetisasi karya..

NFT musik pada dasarnya adalah karya seni musik yang direpresentasikan dalam bentuk NFT di jaringan blockchain. Itu hanya gambaran umum tentang NFT musik tanpa mengungkapkan apa pun tentang nilainya. Pembahasan berikut akan membahas dasar-dasar NFT musik dan cara kerjanya.

Definisi NFT musik

Top 7 Musicians NFT Projects: The Future of Music Industry. - Zipmex
Masa depan musik berbentuk NFT (Zipmex)

Hype yang berkembang seputar NFT musik dapat dikaitkan dengan pengembangan NFT. Token yang tidak dapat dipertukarkan pada dasarnya adalah sertifikat kepemilikan digital yang melekat pada jaringan blockchain.

Dengan bantuan NFT, pengguna dapat membuktikan kepemilikan mereka atas aset unik. Berdasarkan definisi NFT, kamu dapat menganggap NFT musik sebagai sertifikat kepemilikan untuk mengidentifikasi pemilik karya musik.

Artis dapat menjual musik NFT kepada siapa pun, meskipun tetap memiliki hak untuk melakukan perubahan apa pun pada kontennya. Selain itu, musisi akan memiliki keleluasaan penuh atas cara pembeli menggunakan karya musik tersebut.

NFT juga menyiratkan bahwa kamu dapat memiliki NFT musik yang berbeda dengan banyak salinan yang menampilkan hak kepemilikan dan kontrol oleh banyak pihak. Penyimpanan NFT di blockchain memastikan bahwa hanya pemilik yang menerima hak atas musik, video, karya seni album, atau konten eksklusif lainnya.

Oleh karena itu, proyek NFT musik tidak hanya dapat memastikan bahwa pemilik menerima peluang untuk keuntungan unik dalam pengalaman mendengarkan musik mereka. Musisi dapat memperoleh manfaat dari terhubung langsung dengan pengikut mereka dan memperoleh pendapatan tanpa perantara di antaranya.

Mengapa musisi membutuhkan NFT musik?

Mari kita kembali ke masa lalu ketika musisi mendapatkan banyak pengakuan atas karya mereka. Namun kini, industri musik menghadapi lebih banyak tantangan daripada sebelumnya.

Sebagai permulaan, penjualan rilisan fisik anjlok secara drastis, memberi jalan bagi munculnya layanan streaming online. Sekarang, layanan streaming online mungkin tampak seperti saluran yang mudah bagi musisi untuk menjangkau basis audiens yang lebih besar dengan keuntungan finansial yang lebih baik.

Namun, layanan streaming online menawarkan pembayaran yang sangat sedikit, bahkan untuk musisi dengan jutaan penggemar. Faktanya, banyak seniman yang menyatakan ketidaksetujuan atas kurangnya peluang untuk menghasilkan uang dari karya mereka.

Dalam kasus seperti itu, NFT musik dapat menawarkan solusi yang layak untuk merevisi model pendapatan dan kepemilikan tradisional dalam industri musik. Banyak jenis contoh NFT musik telah menunjukkan bahwa NFT dapat membantu musisi dalam banyak hal dengan meningkatkan keterlibatan penggemar sekaligus menghapus perantara seperti label rekaman.

Bagaimana NFT membantu musisi

Kejelasan mengenai perubahan kepemilikan dan model pendapatan dalam dunia musik menawarkan landasan ideal bagi masa depan musik. Musisi dapat memanfaatkan pendekatan baru untuk distribusi dan penggunaan teknologi dalam bentuk musik.

Musisi telah mengalami banyak masalah terkait kontrol atas kepemilikan karya mereka. Selain itu, musisi selalu mengalami kendala dalam mengontrol aspek monetisasi karya seninya. Dengan bantuan NFT, musisi dapat memperoleh kembali kendali atas aspek kreatif dan monetisasi karya mereka.

Perhatian yang meningkat pada proyek NFT musik memberikan peluang ideal bagi musisi untuk menciptakan musik yang disukai penggemar mereka. Menariknya, musisi dapat terhubung lebih baik dengan penggemarnya tanpa batasan kreatif dari label musik. Dalam hal keuntungan, NFT musik dapat membantu musisi menjual karya mereka kepada pembeli secara langsung tanpa membagi keuntungan dengan label.

Selain itu, NFT musik juga dapat membantu menggabungkan merchandise khusus untuk dijual bersama dengan video musik dan file audio. Pada saat yang sama, musisi juga dapat memanfaatkan pembayaran royalti untuk karya mereka pada penjualan kembali NFT musik oleh pemiliknya.

Musisi baru bisa mendapatkan banyak keuntungan dari NFT musik dengan akses yang mudah untuk masuk ke dunia musik NFT. Musisi juga dapat mengembangkan koneksi yang lebih baik dengan penggemar dan menumbuhkan fanbase dengan strategi unik seperti airdrops.

Marketplace NFT untuk musik

Musik NFT membantu musisi
Marketplace musik NFT Oddkey (Oddkey)

Popularitas pasar NFT di dunia crypto sudah tidak perlu dipungkiri lagi. Namun, NFT musik masih sangat baru, dan kamu dapat menemukan beberapa pasar khusus untuk NFT musik. Sebagai permulaan, kamu juga dapat mengakses NFT musik melalui marketplace populer seperti OpenSea dan pasar NFT Coinbase yang baru diluncurkan.

Jika kamu menginginkan platform NFT musik khusus, kamu harus mencoba menjelajahi OddKey, marketplace khusus untuk NFT musik. Dikembangkan oleh Todd MacFarlane dan Steve Aoki, marketplace NFT OddKey telah menjadi pilihan populer untuk trade-in NFT.

Selain itu, kamu juga akan menemukan opsi seperti Royal dan Opulous yang memiliki ciri khas. Misalnya, Royal adalah platform yang cocok untuk membeli saham dari royalti sebuah lagu. Di sisi lain, Opulous mengklaim keuntungan yang menjanjikan bagi musisi baru yang ingin masuk ke kancah NFT.

Contoh musik NFT

Salah satu contoh NFT musik paling populer mengacu pada band Kings of Leon pada tahun 2021. Kings of Leon merilis album lengkap sebagai NFT di platform Yellowheart. Kings of Leon menawarkan paket album khusus, seni AV eksklusif, dan tempat terdepan untuk semua pertunjukan live mereka. NFT-nya mengumpulkan penjualan lebih dari $2 juta dan hal tersebut menunjukkan potensi NFT musik.

Musik NFT telah dianggap sebagai salah satu konsep revolusioner dalam dunia musik. Keunikan NFT akan membantu NFT musik memberikan bukti kepemilikan file audio dan video musik yang dapat diverifikasi. Selain itu, penerapan NFT musik juga dapat mencakup berbagai jenis aset yang terlibat dalam penjualan dan produksi di industri musik.


Musisi dapat memperoleh keuntungan dari NFT musik dengan menggunakan hak kepemilikan dan hak cipta dengan mudah. Selain itu, NFT musik membawa keuntungan materi langsung ke tangan musisi daripada melibatkan label rekaman.

Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar metamesta dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: