Mau Buat NFT Instan? Ayo Coba NFT Generator!
Beranda /
Blog /
Mau Buat NFT Instan? Ayo Coba NFT Generator!
22 December 2022

Mau Buat NFT Instan? Ayo Coba NFT Generator!

nft art generator
Sumber: Forbes

Non-fungible Token atau NFT merupakan suatu aset digital dengan sertifikat yang membantu mengautentikasi dan menetapkan kepemilikan aset virtual tertentu. Dengan bantuan teknologi blockchain, sifatnya tidak dapat diubah atau diduplikasi.

Beberapa waktu belakangan ini, NFT menjadi populer dan digemari di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan beberapa NFT memiliki nilai yang tinggi sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan jika menjualnya di masa depan.

Selain itu, aset digital ini juga memiliki desain yang unik sesuai ciri khas kreatornya. NFT art menjadi salah satu alasan mengapa NFT booming. Para kreator NFT art bisa mengekspresikan diri mereka dalam bentuk karya aset digital dan bisa dijual. Bahkan dalam beberapa kasus, NFT bisa jadi memiliki harga yang lebih tinggi dibanding lukisan biasa.

Biasanya NFT dijual mahal karena kelangkaan aset digital tersebut. Banyak kolektor digital yang menginginkan aset ini karena nilai yang baik untuk berinvestasi jangka panjang. Karena nilainya yang tinggi pula, banyak orang ingin membuat NFT art versi mereka sendiri dan menjualnya.

Sekilas tentang cara kerja NFT

nft art generator
Sumber: Food & Wine

Selain NFT art, terdapat pula NFT lainnya yang dinilai memiliki keunikan tersendiri berupa potongan video klip, game, musik, dan masih banyak lagi. Setidaknya sejarah NFT dimulai sejak tahun 2017 lalu. Lebih jelasnya ketika “Crypto Kitties” yang merupakan sebuah game berbasis NFT diumumkan kepada publik.

Sering kali transaksi investasi NFT pun menggunakan ether (ETH) yang merupakan sebuah koin dari Ethereum. Sebelumnya seperti yang sudah disebutkan di awal, NFT berfungsi sebagai alat investasi. Selain itu, NFT pun memiliki fungsi sebagai tempat memonetisasi karya, terutama karya dari hasil para seniman. 

Untuk cara kerja NFT sendiri, aset digital ini menjadi bagian yang tidak terlepas dengan teknologi blockchain. Definisi dari blockchain, yaitu suatu sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan penggunanya untuk saling mentransfer data secara rahasia melalui kerangka enkripsi yang ada di kriptografi.

Skema enkripsi tersebut memungkinkan untuk mengubah data informasi ke dalam bentuk kode rahasia untuk kemudian dikirim. Dengan begitu, pengguna yang tidak memiliki data tersebut tidak dapat melacak dan memilikinya.

Saat ini sertifikat digital NFT merupakan salah satu bentuk data dalam sistem blockchain yang semakin berkembang. Baik dalam gambar, foto, video, maupun karya-karya seni digital lain biasanya dibubuhkan sertifikat. Secara lebih ringkas, NFT dapat disebut pula sebagai sertifikat fisik hak cipta yang dapat menjamin keaslian suatu karya.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan desain yang mumpuni untuk membuat aset digital ini. Memang kreator seperti Gozali hanya membuat NFT-nya dengan modal selfie. Tetapi ada berapa orang yang sukses menjual NFT iseng seperti selfie Gozali?

Sangat sedikit kemungkinannya untuk mendapat uang secara instan jika kita tidak mengerti fundamental dari NFT itu sendiri. Namun jangan khawatir, saat ini kamu tidak perlu memiliki latar belakang desain untuk bisa membuat NFT art. Sekarang kamu bisa mencoba NFT generator untuk membuat aset digital dengan instan! Apakah itu?

NFT art generator, teknologi canggih untuk membuat NFT secara instan

nft generator
Sumber: Eraspace

Memang mendesain sebuah karya seni bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi ketika sebuah karya harus memiliki nilai seni tersendiri. Selain itu, jika kamu tidak memiliki dasar atau rekam jejak sebagai seorang seniman baik illustrator, desainer, maupun pelukis, hal tersebut makin sulit untuk dilakukan.

Meskipun begitu, kamu tidak usah cemas. Dengan menggunakan generator NFT kamu juga dapat menghasilkan gambar NFT yang tentunya memiliki nilai seni secara instan.

Mengenal NFT generator

nft generator
Sumber: The new stack

NFT generator pada dasarnya adalah sebuah software atau juga perangkat yang dapat membantu kamu untuk menghasilkan atau menciptakan karya NFT yang unik dengan instan dan mudah.

Pada dasarnya NFT generator nantinya akan membantu kamu dalam membuat aset NFT secara instan. Kamu kemudian bisa menjual aset digital tersebut di pasaran marketplace.

NFT Generator akan menyediakan template atau filter dengan bantuan artificial intelligence (AI) untuk membuat sebuah karya secara instan dan dengan sendirinya. Di sini, kamu hanya perlu memilih template/filter yang telah disediakan, kemudian dikreasikan atau dikombinasikan dengan template/filter lainnya.

Oleh sebab itu, penting dipahami bahwa kamu pun tidak betul-betul mendesain sebuah karya NFT art dari awal, yang tentu saja memerlukan proses yang panjang. adanya NFT generator bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin berkutat dalam pasar NFT tapi tidak memiliki latar belakang desain.

Rekomendasi NFT generator yang bisa digunakan

Terdapat beberapa software atau website untuk mengakses NFT art generator. Berikut beberapa generator yang bisa kamu gunakan!

NFT Art generator

nft art generator
Sumber: File Horse

Salah satu pilihan utama yang bisa kamu pilih adalah NFT Art generator. Software ini agak berbeda dengan generator lainnya yang hanya mengolah gambar menggunakan template/filter. Generator ini juga bisa memproses gambar PNG atau GIF dan menggabungkannya menjadi suatu aset NFT baru.

Untuk membuatnya, kamu bisa masuk ke situs web NFT Art Generator terlebih dahulu. Kemudian pilih gambar yang diinginkan sesuai dengan layer (background, layer 1, layer 2, dst).

Namun, sebelum menyisipkan gambar, urutkan dan kelompokkan foto menjadi beberapa lapisan agar lebih mudah diproses. Kemudian klik “Pratinjau” untuk melihat cara kerja NFT. Selain itu, kamu juga dapat mengklik “Buat Koleksi” untuk langsung mengunduh NFT yang baru dibuat.

NFT Art generator sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat dan menjual NFT dalam jumlah besar.

NightCafe

nft generator
Sumber: Pinterest

NightCafe merupakan NFT generator yang menggunakan teknologi artificial intelligence dan machine learning. Dengan dua teknologi yang canggih ini, kamu bisa membuat karya secara otomatis dan tentunya unik.

Terdapat banyak sekali varian template pada NFT generator ini. Saat kamu memilih gambar, software ini akan memprosesnya dan menggabungkannya dengan template/filter pilihan sesuai keinginan.

Uniknya, perangkat ini memiliki mode yang bisa membuat gambar dari awal. Jadi, kamu hanya perlu menentukan gambar yang diinginkan, lalu NightCafe akan membantu mengembangkan karya baru yang unik dan layak secara komersial.

Fotor

“Everyone can be an NFT artist”, kutipan tersebut merupakan kalimat yang pertama kali muncul saat membuka website Fotor.

Tidak hanya asal kutipan, Fotor telah mewujudkan tawaran ini dengan membantu siapa pun yang tidak memiliki latar belakang seni nyata untuk menjadi seniman NFT. Hal ini karena Fotor dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence atau AI.

Adapun cara kerja NFT generator Fotor, pertama-tama kamu hanya perlu pergi ke situs web Fotor, lalu klik tombol create dan pilih gambar untuk digunakan sebagai NFT. Selanjutnya kamu hanya perlu memilih template untuk layer baru dan klik download setelah gambar diproses.

Seperti generator NightCafe, AI akan segera mengubah gambar yang dipilih menjadi karya seni baru. Kamu dapat mengakses NFT art generator satu ini tanpa membayar, tetapi akan ada watermark di fitur NFT yang gratis. Oleh karena itu disarankan untuk berlangganan agar foto/gambar tetap bersih tanpa watermark.

NinjaFT

Berbeda dengan dua generator sebelumnya, Software ini hanya bisa diakses melalui aplikasi yang tersedia di Android/iOS. Untuk penggemar NFT dalam bentuk kartu, NFT generator ini adalah perangkat yang sangat direkomendasikan. NinjaFT memiliki ratusan template kartu seperti kartu Pokemon, kartu Yu-Gi-Oh, atau bahkan kartu koleksi NBA.

Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah karena kamu hanya perlu memilih foto/gambar yang ingin diubah menjadi NFT. Kemudian tinggal pilih template sesuai dengan preferensi.

NFT generator ini dapat dikontrol dengan terlebih dahulu masuk ke aplikasi, lalu mengklik “Trading Cards”, dan klik “Create” untuk membuat kartu NFT baru. Kemudian cukup memilih opsi dan template sesuai preferensi. Selain itu, kamu juga dapat memilih “Gallery” untuk membuat template kartu.

Dibandingkan dengan NFT art generator lainnya, NinjaFT diketahui terhubung langsung ke jaringan blockchain. Dengan demikian, kamu dapat langsung minting NFT yang dihasilkan NinjaFT dari Binance dan segera menjualnya. Menarik bukan?


Mari kunjungi metanesia.id untuk mengetahui berita terbaru seputar metaverse dan teknologi!