Hadirnya Pameran Digital NFT oleh teamLab Jepang

Hadirnya Pameran Digital NFT oleh teamLab Jepang

Digital NFT oleh teamLab Jepang
Digital NFT teamLab Planets Tokyo (teamLab)

Non-fungible token atau yang lebih dikenal sebagai NFT, memiliki keunikan yang berbeda-beda. Karya digital tersebut telah dikembangkan oleh seniman maupun arsitek, dalam menghadirkan aset yang unik dan imersif. NFT sendiri diimplementasikan dalam bentuk lukisan, digital art collective, video, game, dan audio.

Menariknya, digital aset NFT telah hadir di berbagai art exhibition salah satunya yakni teamLab Planets di Jepang, lho!. Yuk, simak informasi NFT oleh teamLab Jepang di bawah ini!

teamLab Planets Tokyo

Garden teamLab Planets Tokyo
Garden teamLab (teamLab)

teamLab merupakan digital art museum imersif, yang sebelumnya berada di Odaiba, Jepang. Kini, digital exhibition teamLab berdiri secara permanen di kota Tokyo, yang menghadirkan art collective unik dan imersif.

Pameran ini menghadirkan perwujudan tanpa batas. Di mana, tidak akan ada peta saat kamu berkeliling, tetapi hanya panah tentang cara pergi ke ruang lain. Banyak ruangan memiliki cermin, suara, dan lampu yang membuat pengunjung lupa di mana mereka berada, seolah-olah berada di alam semesta paralel.

Museum teamLab Planets terdiri dari 4 ruang karya seni berskala besar dan 2 taman bunga, yang dibuat oleh tim kolektif seniLab. 

Exhibition pertama adalah area taman, di mana menampilkan lebih dari 13.000 anggrek hidup. Area kedua, menampilkan ruang seni surealis, lengkap dengan instalasi berbentuk telur yang dilapisi lumut asli. Ruang ini tersedia untuk pengunjung teamLab Planets Tokyo, yang ingin mengeksplorasi alam melalui teknologi digital.

Karya-karya di ruang ini menawarkan aspek tampilan yang berbeda pada siang hari dan setelah matahari terbenam, sebagai hasil dari cahaya alami masuk ke dalam desain. Art museum ini juga menghadirkan instalasi, di mana orang-orang dapat bertelanjang kaki dan berjalan di genangan air yang dapat berubah warna, lho!

Semenjak pandemi Covid-19, teamLab membatasi pengunjung untuk menikmati instalasi seni imersif mereka. Pada September 2022 lalu, pemerintah Jepang telah menghapus larangan turis luar negeri untuk berkunjung ke negara Sakura. Hal tersebut mendorong peningkatan pembelian tiket sebesar 136%, di mana satu dari tiga pengunjung museum merupakan turis asing.

Sejak saat itu, teamLab Planets Tokyo telah membuka penawaran baru yang imersif melalui tambahan 10 karya seni dan tiga area khusus, yang di dalamnya menghadirkan instalasi seni NFT yakni Matter is Void.

Yuk, simak informasi mengenai NFT Matter is Void di bawah ini!

Matter is Void digital NFT oleh teamLab Jepang

Matter is Void NFT oleh teamLab Jepang

NFT Matter is Void (teamLab)

Matter is Void merupakan instalasi NFT imersif, dengan menampilkan frasa “PAPER BURNS AS I WRITE,” yang ditulis oleh musisi Grimes. Karya digital NFT oleh teamLab Jepang Matter is Void, merupakan instalasi persembahan seniman Pace Verso.

Matter is Void, NFT baru teamLab mengkaji gagasan kepemilikan dan kepenulisan melalui format yang inventif, bertujuan untuk memungkinkan kolektor mengubah konten karya versi mereka sendiri.

Matter is Void memulai debutnya dalam pameran seni publik di New York, sebagai bagian dari presentasi Pace di Paris+ par Art Basel pada bulan Oktober 2022 lalu. Proyek NFT ini, memiliki arti “materi adalah kehampaan” yang merujuk pada ekspresi Jepang-Buddha Shikisoku Zekuu dalam merenungkan makna kekosongan .

Untuk mengeksplorasi ide kepemilikan, teamLab telah mengadopsi format radikal untuk NFT Matter is Void. Hal ini memungkinkan para pembeli, untuk mengubah kata-kata yang ditampilkan dalam karya NFT, melalui situs web yang telah dibuat oleh teamLab. Setelah konten NFT diubah oleh pembelinya, karya seni tidak akan pernah lagi menampilkan status “Matter is Void” aslinya.

Meskipun hanya tujuh Matter is Void NFT yang akan tersedia untuk dibeli, kepemilikan karya seni tidak eksklusif untuk pembeli NFT. Karya seni akan tersedia bagi individu di seluruh dunia untuk diunduh, dimiliki, dan ditampilkan kapan saja.

Semua karya yang diunduh itu akan mencerminkan modifikasi real-time para kolektor yang telah mengubah kata-kata aslinya. Meskipun teamLab memberikan hak kepada kolektor untuk mengubah teks, semua karya yang diunduh oleh pembeli serta individu yang tidak memiliki NFT sama-sama asli.


Berikut informasi mengenai NFT oleh teamLab Jepang yang menghadirkan digital aset pada instalasi seni imersif mereka.

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: