NFT untuk Zoom Meeting Eksklusif dengan Donald Trump hanya Dihargai Kurang dari $25
Beranda /
Blog /
NFT untuk Zoom Meeting Eksklusif dengan Donald Trump hanya Dihargai Kurang dari $25
13 Januari 2023

NFT untuk Zoom Meeting Eksklusif dengan Donald Trump hanya Dihargai Kurang dari $25

NFT Zoom Meeting Donald Trump
Sumber: MarketWatch

Non-fungible token (NFT) merupakan token berteknologi blockchain yang mewakili kepemilikan aset digital unik seperti karya seni dan barang koleksi. NFT juga dapat berfungsi sebagai akses masuk atau tiket penukaran untuk pengalaman digital dan fisik. Aset digital ini banyak diminati oleh berbagai kalangan dari komunitas Web3 hingga selebriti papan atas.

Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump banyak disorot komunitas Web3 karena ia meluncurkan “Trump NFT Collection”. Koleksi NFT tersebut berupa digital trading card dan akses eksklusif untuk bertemu dan beraktivitas bersama Donald Trump . Aset digital tersebut diluncurkan pada bulan Desember 2022 lalu.

Trump NFT Collection

nft trump
Sumber: Sueddeutsche Zeitung

Kartu trading NFT Trump diluncurkan pada 15 Desember, sebagian pengguna medsos menanggapinya dengan negatif di Twitter. Meski banyak kritik dan hinaan, proyek tersebut terjual melalui 44.000 NFT Polygon seharga $99 masing-masing dalam waktu 24 jam (1.000 NFT lainnya ditahan oleh kreator), dan kemudian penjualan pasar sekunder meroket.

Proyek digital trading card menggambarkan Trump dalam berbagai bentuk seperti pahlawan super, pemburu, koboi, dan pegolf. Proyek NFT ini banyak dibilang menjiplak dari gambar atau karya seni digital lain.

Dengan membeli koleksi kartu digital ini, nantinya kamu bisa melakukan aktivitas dengan Trump. Salah satu aset digital yang bisa kamu beli adalah NFT Zoom Meeting Donald Trump. NFT ini memungkinkan pemiliknya untuk melakukan Zoom meeting eksklusif dengan President Donald Trump.

Menurut deskripsi dari NFT Zoom Meeting dengan Trump ini, pemilik akan mendapat kesempatan untuk melakukan Zoom bersama Trump. Setiap panggilan Zoom akan mencakup hingga 2.000 orang dan berlangsung selama 20 menit. Peserta dapat mengajukan pertanyaan sebelum panggilan, tetapi tidak ada jaminan bahwa pertanyaan mereka akan ditanyakan, apalagi dijawab.

NFT akses eksklusif milik Trump ini di-minted di jaringan blockchain Ethereum dan Polygon. Setelah minted, NFT ini kemudian mulai dikirimkan ke pembeli bulan Desember lalu. Peluncuran NFT ini sebenarnya masih berlangsung per Januari 2023, dengan beberapa akses eksklusif NFT dikirim ke pembeli kartu baru-baru ini.

Sayangnya, popularitas dari koleksi ini hanya berumur pendek yang menyebabkan penurunan penjualan. Sekarang, NFT Zoom Meeting Donald Trump saja hanya terjual masing-masing di bawah $25.

NFT Zoom Meeting Donald Trump dijual dengan harga yang rendah

donald trump
Sumber: Bitcoin.com News

Beberapa dari NFT tersebut banyak dijual kembali, namun harganya menjadi anjlok. Berdasarkan data dari OpenSea, sebagian besar NFT Zoom Meeting Donald Trump terjual senilai kurang dari $25 selama beberapa hari terakhir.

Penjualan terbesar yang tercatat hingga saat ini adalah 5 ETH (lebih dari $6.900) untuk NFT kartu perdagangan Trump yang ditandatangani secara digital pada tanggal 21 Desember. Kemudian diikuti oleh penjualan 2 ETH (hampir $2.800) NFT akses meet & greet Trump pada bulan Januari.

Beberapa pemegang NFT mencoba untuk mendapat untung yang cukup besar dari NFT mereka. NFT Zoom Meeting Donald Trump saja sempat terdaftar seharga 200 ETH ($277.000) di OpenSea.

NFT makan malam gala bersama Trump juga terdaftar seharga 50 ETH (lebih dari $69.000). Namun, tidak berarti bahwa pemegang NFT tersebut bisa menjual dengan harga yang mereka inginkan itu.

Populer pada awalnya

Tidak dapat dipungkiri, NFT Trump memang populer. Acara TV populer seperti “Saturday Night Live” saja membicarakan NFT milik Trump setelah koleksi tersebut menghasilkan penjualan sekunder senilai jutaan dolar dalam beberapa hari. Memang desas-desus dan media yang membantu mendorong harga NFT ini naik beberapa kali lipat.

Namun lonjakan harga tersebut berumur pendek, dan harga NFT serta volume penjualan sekunder telah anjlok sejak itu. Proyek ini mengalami penjualan terendah dengan total lebih dari $21.000. Menurut data CryptoSlam, penjualan NFT Trump turun lebih dari 99% semenjak hari puncak penjualan senilai lebih dari $3,5 juta pada 17 Desember 2o22.


Ayo beli NFT unik dan langka di Market metaNesia!