Pekan Australia Open Metaverse 2023 di Roblox

Pekan Australia Open Metaverse 2023 di Roblox

Australian Open 2023 metaverse
Australian Open (Wikimedia Commons/Jono52795)

The Australian Open (The AO) akan hadir kembali di metaverse tahun 2023 ini, lho! Tahun lalu, turnamen ini diadakan pada platform Decentraland. Namun, The AO 2023 akan diadakan pada platform metaverse berbeda yakni Roblox.

Yuk, simak selengkapnya mengenai pekan Australian Open di Roblox di bawah ini!

The Australian Open  

Turnamen Tenis Pekan Australian Open di Roblox
Tennis Tournament (Wikimedia Commons/Steven Pisano)

The Australian Open 2023 merupakan turnamen olahraga tenis dengan level tertinggi atau dikenal dengan istilah lain yakni Grand Slam. The Australian Open tahun 2023 diadakan secara langsung di kota Melbourne, Australia.

Turnamen tenis ini bakal hadir pada tanggal 16 – 29 Januari 2023. The AO 2023 sendiri merupakan turnamen tenis edisi ke-111 di Australia. Australian Open memiliki beberapa jenis pertandingan yakni pertandingan tenis profesional tunggal, pertandingan tenis ganda, dan ganda campuran.  

Penggemar turnamen tenis Australian Open tidak hanya berasal dari Australia saja, namun tersebar di seluruh dunia. Hal ini mendorong penyelenggara Australian Open untuk menyajikan pengalaman inovatif, unik dan canggih untuk para penggemar mereka.

Pengalaman inovatif, unik dan canggih tersebut hadir melalui perilisan turnamen Australian Open 2023 metaverse di platform Roblox. Yuk, simak informasi terkait The AO 2023 yang dirilis di platform Roblox berikut ini!

The AO 2023 di metaverse Roblox 

Roblox

Roblox merupakan platform game, di mana pengguna dapat memprogram game mereka sendiri dalam membentuk lingkungan virtual reality yang bisa dimainkan oleh pengguna lain.   

Platform Roblox memiliki sekitar 43 juta pengguna aktif harian, dengan lebih dari 80% pengguna platform tersebut berusia di bawah 25 tahun. Hal tersebut menarik perhatian salah satu penyelenggara Australian Open yakni Ridley Plummer.

Ia menganggap bahwa Roblox sangat cocok menjadi wadah untuk menghadirkan Australian Open 2023 di metaverse. Ridley Plummer sebagai senior manajer metaverse dan NFT Tennis Australia menyatakan bahwa Roblox mampu menarik pengguna yang lebih muda untuk lebih mengenali olahraga tenis.

Turnamen Australian Open 2023 yang hadir di metaverse melalui platform Roblox bakal hadir dengan game online yang seru. Yuk, Simak selengkapnya mengenai permainan tersebut di bawah ini!

Permainan AO Adventure

AO Adventure Game
AO Adventure (Roblox)

AO Adventure merupakan game online, di mana pengguna dapat menjelajahi dunia virtual 3D metaverse Australian Open Park dan bermain tenis dengan level Grand Slam. Visual pada game ini sangat persis dengan kehidupan nyata di kota Melbourne, Australia. 

Selain kamu bisa bermain tenis pada game ini, kamu juga bisa bertamasya dan menjelajahi Melbourne Park secara digital, lho! Melbourne Park sendiri merupakan tempat olahraga yang berlokasi di Melbourne Sports and Entertainment Precinct, di mana turnamen Australian Open 2023 diselenggarakan di dunia nyata. 

Yang menarik dari permainan ini, kamu juga berkesempatan untuk bertemu humanoid Nick. Humanoid Nick merupakan avatar digital seorang superstar pemain tenis Australia yakni Nick Kyrgios, lho! Sangat seru bukan?

Setiap harinya permainan Roblox Australian Opens Adventure tercatat telah dimainkan dan dikunjungi oleh 2.500 pengguna. Apakah kamu salah satunya?

Pekan Australian Open 2022 di Decentraland

Pada Australian Open tahun 2022, penyelenggara juga melakukan ekspansi Australian Open ke metaverse. Ekspansi yang dilakukan pada tahun sebelumnya diselenggarakan pada platform Decentraland.

Decentraland adalah platform virtual reality 3D terdesentralisasi yang didukung oleh blockchain Ethereum. Dalam platform tersebut, kamu dapat membuat dan membeli NFT dalam bentuk apapun.

Pihak penyelenggara Australian Open 2022 lalu menghadirkan “AO metaverse and NFTs”. Di mana mereka tidak hanya merilis metaverse The AO, namun juga merilis NFT khusus. Dengan tidak dirilisnya The AO 2023 pada platform Decentraland, mereka tidak merilis NFT untuk The AO tahun ini.

Era baru untuk keterlibatan olahraga digital?

Melalui pemanfaatan teknologi blockchain, AO (Australian open’s) mampu menciptakan salah satu pengalaman olahraga online paling imersif hingga saat ini. Bagi pengguna, AOM (Australian Open Metaverse) adalah kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam saat menyaksikan AO secara langsung di Melbourne daripada sebelumnya.

Art Ball NFT menyediakan cara baru untuk mengumpulkan memorabilia dan memiliki bagian dari sejarah. Keindahan penerapan NFT pada open-ledger seperti Ethereum adalah bahwa kepemilikan tidak dapat disangkal. Art Ball NFT yang dimiliki penggemar tenis tidak dapat diambil oleh pihak pusat mana pun. Mereka memiliki bagian dari acara olahraga global pertama yang diselenggarakan di metaverse selamanya. Sebelum adanya NFT, hal ini tidak mungkin terjadi.

Tidak ada NFT The AO tahun 2023

Art Ball NFT
Australian Open NFT (Wkt.io)

Seperti yang dikatakan sebelumnya Australian Open 2022 menghadirkan AO metaverse and NFTs. NFT eksklusif turnamen tersebut disebut “Art Ball”. Art Ball merupakan NFT berupa koleksi gambar bola tenis yang unik dengan warna yang memiliki corak berbeda-beda seperti hijau neon, merah muda, ungu, hitam dan biru. 

Cukup disayangkan karena tahun ini kamu tidak bisa membeli NFT Art Ball tersebut. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara Australian Open.

Alasan pihak penyelenggara Australian Open tidak lagi mengeluarkan NFT yakni mereka telah membandingkan adanya penurunan minat penggemar tenis terhadap NFT dibandingkan tahun 2022 lalu, di mana terjadi peningkatan penggemar tenis terhadap NFT, cypto, blockchain, dan Web3. 

Alasan lain yang melatarbelakangi Australian Open metaverse 2023 tidak merilis NFT yakni akibat platform Roblox yang sudah tidak memiliki koneksi blockchain atau Web3 apa pun. Roblox sendiri juga telah melarang penggunaan NFT di platform mereka baik untuk menjual atau mendapatkan keuntungan apapun. 

Walaupun Australian Open 2023 metaverse sudah tidak lagi mengeluarkan NFT, kamu tetap bisa memainkan game tenis seru imersif hanya di aplikasi Roblox dengan mengunduh aplikasi Roblox terlebih dahulu ya!


Berikut informasi mengenai ekspansi dan implementasi pada pekan Australian Open di Roblox tahun 2023. Hal ini merupakan inovasi yang unik dalam menjangkau massa secara luas. Tidak hanya mengenalkan olahraga tenis melalui game metaverse, namun juga memperkenalkan kecanggihan teknologi metaverse untuk sektor lainnya. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog MetaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: