Pekerjaan di Metaverse yang Mungkin Menjadi Populer di Masa Depan!
Beranda /
Blog /
Pekerjaan di Metaverse yang Mungkin Menjadi Populer di Masa Depan!
19 Januari 2023

Pekerjaan di Metaverse yang Mungkin Menjadi Populer di Masa Depan!

pekerjaan di metaverse
Galeri metaverse (Flickr/Dean Terry)

Metaverse adalah integrasi berbagai teknologi yang memungkinkan pengguna terlibat dalam aktivitas real time di dunia maya, seperti acara, game, rapat, dan sebagainya.

Metaverse akan memungkinkan kamu untuk berkomunikasi, menghadiri rapat, menghadiri acara, dan aktivitas lainnya di dunia virtual.

Pasar profesi di bidang metaverse diperkirakan akan mencapai nilai $800 miliar pada tahun 2024, dan diprediksi 10.000 profesi akan bertambah ke pasar metaverse dalam lima tahun ke depan. Pekerjaan di dunia virtual ini berada dalam posisi untuk memacu pertumbuhan dan membuka jalan untuk adopsi massal metaverse.

Ada banyak pekerjaan di metaverse yang sudah ada, dari mulai aristektur, Desainer 3D, desainer perangkat keras, digital manager, dan banyak lagi yang mungkin tersedia di masa mendatang. Berikut merupakan beberapa diantaranya!

Beberapa jenis pekerjaan di metaverse

Arsitek dunia virtual metaverse

Dunia virtual membutuhkan objek, desain, dan experience agar metaverse menjadi kenyataan. Karena itu, salah satu profesi penting yang berperan besar di balik perkembangan metaverse adalah para arsiteknya. Arsitek akan merancang struktur, yaitu bangunan dan monumen virtual yang membentuk metaverse dan memungkinkan interaksi antar pengguna. 

Desainer/stylist pakaian avatar

Dalam metaverse, avatar akan menjadi wujud dan identitas virtual dari pengguna. Kita bisa menjadi avatar pria atau wanita di metaverse. Pastinya pengguna menginginkan avatarnya tampil bagus dan memakai pakaian yang modis.

Di sinilah profesi stylist berpeluang besar untuk masuk. Tugas desainer dan stylist pakaian avatar adalah menata gaya pakaian dan mendandani avatar untuk kesenangan pengguna.

AR/VR software engineer

software engineer
Software engineer (Flickr/This is Engineering)

Metaverse menggunakan teknologi pendukung virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Karena itu, penting untuk memiliki seseorang yang paham akan virtual reality dan augmented reality. Hal ini merupakan peran dari seorang AR/VR software engineer.

Tugas profesi ini sangat penting untuk mempertahankan aspek teknologi metaverse. Seorang software engineer akan bekerja dengan teknologi mutakhir VR dan AR untuk membuat platform dengan pengalaman pengguna yang interaktif.

Virtual event manager

Virtual event di metaverse menjadi salah satu aktivitas yang populer. Ada begitu banyak konferensi dan acara virtual NFT yang diselenggarakan di seluruh dunia akhir-akhir ini. Dengan berbagai hiburan seperti konser dan games berhadiah NFT, virtual event merupakan aktivitas yang paling dicari oleh pengguna.

Pekerjaan ini juga membutuhkan keterampilan teknis untuk mengoperasikan acara di platform virtual ini. Kamu harus meluangkan waktu untuk merencanakan pelaksanaan acara dan menyusun prosedur di metaverse. Tidak hanya itu, kamu harus memiliki pengetahuan tentang acara virtual dan pemahaman mengenai metaverse, NFT, dan game play-to-earn.

Desainer game 3D 

Salah satu aktivitas seru metaverse yang paling menonjol di kalangan pengguna adalah game. Mengingat hal ini, desainer game 3D akan menjadi peluang pekerjaan di metaverse yang sangat dicari.

Desainer game bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman bermain game unik yang memikat banyak pemain. Mengembangkan game adalah jenis pekerjaan metaverse yang memungkinkan desainer game memperluas keahlian mereka dan mendemonstrasikannya di metaverse.

Marketing specialist

pekerjaan di metaverse marketing specialist
Marketing specialist (PxHere)

Apakah kamu sudah menguasai keterampilan pemasaran di teknologi Web2 seperti internet? Maka metaverse bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin menjadi marketing specialist!

Peran ini memerlukan seseorang yang pandai mengatur strategi pemasaran di metaverse untuk mempromosikan iklan proyek atau barang di dunia virtual dan untuk terhubung ke pengguna.

Product manager

Saat metaverse berkembang dan semakin banyak orang yang menunjukkan minat padanya, peluang permintaan akan berbagai produk di platform virtual ini akan tinggi.

Akibatnya, perusahaan akan membutuhkan lebih banyak product manager untuk bekerja dengan tim teknis dan desain untuk mengembangkan produk. Pekerjaan ini berperan dalam pengujian produk baru, bertanggung jawab atas pengalaman pengguna, meluncurkan ide baru, dan mengawasi pengembangan produk.

Hardware engineer

Hardware atau perangkat keras akan diperlukan untuk beberapa aktivitas AR/VR. Karena itu, peluang profesi hardware engineer menjadi besar di metaverse. Seorang hardware engineer akan diminta untuk membuat perangkat keras seperti headset VR, kamera 360, dan sensor.

Teknologi serupa memang sudah ada, tetapi pengembangan tambahan diperlukan untuk mampu berinteraksi dengan sentuhan, lingkungan, atau sensasi imersif di platform virtual. 

Keamanan siber

Dengan industri digital metaverse terus berkembang, platform virtual ini menjadi sasaran para hacker. Metaverse sangat rentan terhadap serangan siber dan pencurian data.

Beberapa prosedur keamanan akan diperlukan untuk menjamin keamanan pengguna saat berada di metaverse. Dan di sinilah ahli keamanan siber untuk Metaverse dibutuhkan.

Kamu harus memiliki pengalaman dalam pemrograman dan keamanan siber agar memenuhi syarat untuk berpeluang menjadi seorang ahli keamanan siber.

Virtual tour guide

Karena metaverse adalah industri yang baru, banyak pengguna masih belum terbiasa dengan ruang virtual. Hal ini membuat virtual tour guide menjadi peluang untuk mencari uang di metaverse.

Tugas seorang virtual tour guide adalah membantu dan mengakomodasi pengunjung di berbagai ruang di seluruh metaverse. Untuk jenis pekerjaan metaverse ini, kamu perlu memiliki pengetahuan luas tentang cara kerja metaverse serta ruangan di dalamnya.

Agen real estate virtual

agen real estate
Agen real estate (PxHere)

Terdapat properti dan tanah virtual di metaverse, hal ini memunculkan peluang agen real estate virtual untuk membantu menjual aset tersebut. Tanggung jawab mereka adalah memasarkan dan menyewakan properti di Metaverse.

Konsultasi dan pemasaran properti digital adalah peran dari profesi metaverse ini. Ini adalah kesempatan bagi agen real estate yang ingin bertransisi ke industri metaverse dan mengembangkan keahlian mereka.

Blockchain engineer

Blockchain engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pengembangan blockchain dan penerapannya seperti non-fungible token (NFT). Profesi ini berperan merancang, mengimplementasikan, menguji, menyebarkan, dan mengelola sistem blockchain.

Karena berhubungan dengan perangkat lunak, seorang insinyur blockchain harus berkolaborasi dengan software engineer. Terutama saat mengembangkan dan menerapkan teknologi blockchain pada aset metaverse seperti NFT.

Untuk berkarir di profesi ini, kamu harus memiliki pengetahuan yang baik tentang blockchain dan pemanfaatannya seperti NFT.


Mari kunjungi metaNesia untuk merasakan keseruan menjelajahi metaverse!