Pelatihan Virtual Industri Migas: Simulasi Kerja Minim Resiko

Pelatihan Virtual Industri Migas: Simulasi Kerja Minim Resiko

Sektor industri minyak dan gas terkenal dengan resiko lingkungan kerja yang keras, potensi bahaya, dan kompleksitas teknis yang tinggi. Hadirnya pelatihan virtual dalam industri migas berupa simulasi pelatihan kerja, menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi risiko tersebut. Dalam training virtual, peserta dapat merasakan pengalaman yang interaktif dengan prosedur keselamatan yang lebih tinggi.

Tantangan pelatihan industri minyak dan gas

Risiko kerja di industri minyak dan gas
Risiko kerja di industri minyak dan gas (Usnews / Usnews)

Sektor industri minyak dan gas sangat penting terkait dengan kebutuhan global. Permintaan minyak dan gas dapat memberikan keuntungan besar bagi sektor ekonomi.

Tantangan industri minyak dan gas adalah bagaimana meningkatkan kualitas pekerja dengan pelatihan kerja yang sarat dengan berbagai resiko keselamatan. Sesi training dalam industri minyak dan gas melibatkan kondisi cuaca ekstrem, penggunaan mesin berat maupun lingkungan kerja berbahaya yang memiliki potensi kecelakaan tinggi. Selain itu perusahaan masih harus menghadapi resiko peralatan kerja yang rusak saat pelatihan berlangsung.

Dengan menerapkan training virtual yang tepat, berbagai resiko tersebut dapat diminimalisir. Penggunaan teknologi virtual reality memungkinkan prosedur training melalui dunia virtual yang lebih safety .

VR training pada pelatihan virtual industri migas

Simulasi pelatihan virtual industri migas
Simulasi pelatihan virtual industri migas (Jpt.spe / Jpt.spr)

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang membuat penggunanyadapat berinteraksi di dalam lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer. Secara teknis, teknologi VR menggambarkan lingkungan tiga dimensi dengan pengalaman menyerupai dunia nyata.

Pelatihan berbasis VR training meliputi simulasi yang disesuaikan dengan situasi kerja di dunia nyata. Pekerja dapat berlatih berdasarkan kondisi di lapangan, tanpa perlu terjun langsung dengan tetap dalam pengawasan pelatih. Skenario pembelajaran dapat disesuaikan tingkat kesulitannya dan diulang sesuai kebutuhan.

VR training sangat membantu misalnya dalam virtual learning pengeboran lepas pantai, operasi jantung, industri penerbangan atau pengembangan rancang bangun di industri arsitektur. Dengan menerapkan teknologi virtual reality dalam pelatihan kerja, diharapkan mampu meningkatkan safety learning selama pelatihan berlangsung

Keunggulan VR pada pelatihan virtual industri migas

Simulasi pelatihan industri migas
Simulasi pelatihan industri migas (Jasoren / Jasoren)

Safety training menjadi isu utama mengapa pengembangan virtual training bagi pelatihan industri terus di dorong. Seperti inovasi PT Pertamina Hulu Rokan yang memanfaatkan pelatihan virtual sebagai cara baru untuk meningkatkan kompetensi dan sosialisasi terhadap risiko Health, Safety and Environment (HSE).

Selain yang sudah disebutkan, masih banyak keunggulan lain dari penggunaan virtual training dibandingkan pelatihan konvensional. Berikut beberapa keunggulan virtual training pada pelatihan industri migas:

Lingkungan yang aman untuk pelatihan

Pelatihan virtual menyediakan lingkungan yang aman bagi karyawan untuk mempelajari keterampilan baru, mempraktikkannya, dan minim risiko cedera atau kerusakan peralatan. Hal ini sangat berguna, di mana dalam pelatihan industri karyawan harus mengoperasikan mesin berat atau berurusan dengan bahan yang berbahaya.

Hemat biaya

Melibatkan teknologi virtual reality pada pelatihan virtual dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode pelatihan konvensional. Meski untuk menyiapkan program pelatihan virtual memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun demikian program tersebut akan menjadi investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan.

Program pelatihan virtual akan mengeliminasi pengadaan kebutuhan peralatan, akomodasi maupun ruang secara periodik. Selain itu, perusahaan dapat mengurangi risiko biaya tambahan yang muncul akibat kecelakaan dan cedera selama pelatihan.

Penggunaan waktu dan tenaga kerja yang efisien

Pelatihan virtual lebih efisien karena memungkinkan karyawan untuk belajar dengan menyesuaikan waktu mereka sendiri. Program pelatihan virtual memungkinkan peserta untuk mengulangi materi pembelajaran tanpa batas, tanpa memerlukan staf pendukung untuk mencontohkannya lagi. Hal ini memberi kesempatan bagi peserta untuk benar-benar memahami setiap proses kerja secara mendalam.

Pengalaman imersif

Pendekatan pelatihan berbasis virtual reality, memberikan pengalaman imersif yang menempatkan karyawan seolah benar-benar berada di lingkungan kerjanya. Hal ini dapat mengarah pada retensi informasi dan keterampilan yang lebih baik yang juga dapat membuat pelatihan menjadi lebih menyenangkan.

Pelatihan yang konsisten

Program pelatihan virtual dapat memberikan pengalaman yang konsisten untuk semua karyawan. Jenis training ini akan memastikan semua peserta pelatihan menerima tingkat pelatihan dan informasi yang sama. Hal ini sangat penting bagi industri, di mana setiap peraturan, kepatuhan dan keselamatan memiliki tingkat standar yang sama.

Simulasi realistis

Penggunaan teknologi VR dalam pelatihan virtual, dapat memberikan simulasi yang realistis dengan berbagai skenario dan lingkungan yang mungkin ditemui dalam pekerjaan nyata. Simulasi pelatihan dapat membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk menangani situasi apapun dengan cara yang aman dan efektif.

Pelatihan jarak jauh

Penerapan pelatihan virtual dapat diakses dari jarak jauh, memungkinkan karyawan untuk belajar dari mana saja kapan saja. Ini sangat berguna untuk perusahaan dengan tenaga kerja global, atau untuk karyawan yang tidak dapat menghadiri sesi pelatihan langsung.

Umpan balik dan penilaian

Inovasi pelatihan berbasis virtual training dapat memberikan umpan balik dan penilaian langsung atas kinerja karyawan. Fitur ini dapat membantu mengidentifikasi penilaian, analisa tingkat keterampilan, hingga advice atas hasil capaian pelatihan.

Penerapan pelatihan virtual industri migas di Indonesia

Tantangan kerja Pertamina Hulu Rokan
Tantangan kerja Pertamina Hulu Rokan (M.trenasia / M.trenasia)

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang mula mengadopsi pelatihan virtual bagi kebutuhan industrinya. PT Pertamina Hulu Rokan berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui MetaNesia, sebagai platform metaverse pertama di Indonesia.

Pada tahap awal, skenario pelatihan virtual dibuat untuk penanganan keadaan darurat di gedung kantor PHR WK Rokan di Jakarta. Terdapat beberapa skenario yang diperkenalkan yaitu gedung dalam kondisi kebakaran skala kecil, skala menengah, skala besar hingga gempa bumi.

Berbeda dengan peningkatan kompetensi keselamatan kerja secara konvensional. Pelatihan virtual memberikan beberapa keuntungan diantaranya; kegiatan dilaksanakan di lingkungan yang lebih aman tanpa adanya paparan langsung terhadap panas, asap atau getaran. Dengan menggunakan perangkat VR, peserta pelatihan dibawa ke lingkungan virtual dengan spektrum yang mendekati realita, sehingga tetap merasakan sensasi lingkungan virtual sekelilingnya.

Melalui pelatihan virtual ini, di harapkan para karyawan dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya, terutama dalam menghadapi keadaan darurat dengan lebih aman, lebih akurat dan lebih efisien.


Itulah pembahasan mengenai pelatihan virtual pada industri minyak dan gas. Di masa mendatang, inovasi ini akan sangat membantu berbagai industri untuk memberikan pelatihan yang lebih aman, hemat biaya, dan efisien. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan teknologi dunia virtual

MetaNesia merupakan platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi layaknya dunia nyata. Apabila anda tertarik untuk membuat program pelatihan virtual, menjual produk digital atau bekerja sama dengan MetaNesia, anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berkonsultasi secara gratis.

Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya!

Bagikan ini: