Pengalaman Imersif Virtual di Vruseum, Menyajikan Dunia Digital yang Unik

Pengalaman Imersif Virtual di Vruseum, Menyajikan Dunia Digital yang Unik

Pengalaman Imersif Virtual di Vruseum (Museum Virtual)
Vruseum (Steam)

Dengan terus berkembangnya teknologi virtual reality, hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri kreatif, yang diimplementasikan dalam bentuk pameran digital. Salah satu contohnya, yakni memberikan pengalaman imersif virtual di Vruseum. 

Apa itu Vruseum? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Museum virtual reality unik SecondaryBounce

Vruseum 

Pengalaman Imersif Virtual di Vruseum SecondaruBounce
SecondaryBounce Vruseum (Steam)

Vruseum merupakan galeri museum virtual yang dikembangkan oleh SecondaryBounce. SecondaryBounce adalah penyedia jasa desain interior dan arsitektur, yang berinovasi membentuk konten dengan pengalaman imersif virtual di sebuah museum unik. 

Museum virtual ini diproyeksikan secara digital pada area seluas 10.000 meter persegi, sehingga kamu dapat melihat seluruh isi galeri, yang memamerkan konten digital seperti pahatan patung unik, lho! 

Proyek Vruseum ini didirikan pada tahun 2020 lalu, tujuannya adalah untuk menghubungkan komunitas seniman dunia digital, dengan menciptakan ilustrasi ke dalam teknologi virtual reality. Nama proyek Vruseum memang terdengar sangat unik bukan? Proyek ini diberi nama oleh seniman asal Barcelona yang mendedikasikan ilustrasinya ke dalam bentuk 3D, CGI, dan VR yakni Boldtron. 

Mode perangkat galeri Vruseum

Gambar Vruseum
Tampilan Vruseum (Steam)

Saat memasuki galeri Vruseum, kamu bisa memilih tiga mode perangkat yang tersedia yakni: 

  • Menggunakan mode VR headset 
  • Menggunakan mode keyboard dan mouse 
  • Menggunakan mode layar sentuh

Melalui tiga mode tersebut, kamu dapat mengontrol dan mengeksplorasi, tampilan Vruseum yang disesuaikan dengan penggunaan perangkat terpilih. Jika kamu memilih mode VR headset, kamu dapat menggunakan perangkat virtual reality, seperti Meta Quest 2 ya! 

Yuk, simak fitur apa saja yang dihadirkan pada Vruseum di bawah ini!

Fitur yang dapat kamu gunakan di Vruseum 

Objek Vruseum
Tampilan 3D Vruseum (Steam)
  • Tampilan 360 derajat

SecondBounce, sebagai platform pengembang Vruseum telah menghadirkan tampilan imersif 360 derajat, dengan ini kamu dapat menjelajahi museum virtual layaknya di dunia nyata. 

Pada kesempatan ini, SecondBounce sangat mengembangkan potensi virtual untuk penggunaan yang lebih sinematik melalui tampilan 360 derajat. Dengan adanya fitur ini, pengalaman yang dihadirkan akan tetap sama, baik menggunakan perangkat VR maupun tidak.

  • Pengambilan foto di galeri

Fitur kedua yang dihadirkan oleh SecondBounce dalam Vruseum, yakni pengguna dapat mengambil foto objek maupun ruangan arsitektur di ruang digital. Fitur pengambilan foto ini juga dilengkapi dengan beberpa opsi, seperti penggunaan zoom, mengubah kecerahan cahaya, menyalakan lampu sorot, dsb. Kehadiran fitur ini, dapat kamu rasakan seperti memotret museum sungguhan di dunia nyata.

  • Tampilan seni dan arsitektur 3D 

Selain menghadirkan fitur pengambilan foto dan tampilan 360 derajat, Vruseum juga menghadirkan objek seni maupun arsitektur imersif secara 3D, lho! Melalui tampilan 3D imersif ini, kamu akan menemukan beberapa karya seni tersembunyi lainnya di setiap sudut museum

Saat kamu mengunjungi semua zona Vruseum, kamu juga dapat memilih opsi “terbang”, untuk melihat instalasi seni dari atas ruangan. Melalui hal ini, kamu dapat memanjakan mata dari setiap sudut museum digital.  

Seluruh fitur yang dihadirkan di Vruseum, terinspirasi dari perilaku pengunjung saat mereka datang ke instalasi museum dunia nyata. Tidak heran, jika Vruseum menghadirkan pengalaman seru, saat menjelajahi instalasi yang terintegrasi dengan teknologi virtual reality. 

Bukan permainan VR

Virtual Reality Museum
Virtual Reality Museum (Steam)

Kebanyakan pengguna salah menafsirkan Vruseum sebagai permainan virtual reality. Pada kenyataannya, Vruseum bukanlah permainan, melainkan museum dan taman bermain digital yang sangat luas. 

Di dalam museum imersif ini, kamu dapat menemukan karya seni unik, yang diciptakan oleh lebih dari 35 seniman. Mereka telah memvisualisasikan setiap karya unik, yang tercerminkan secara individual.

Inilah sesuatu hal yang menghadirkan pengalaman tak terlupakan, di mana kamu dapat memiliki keyakinan akan masa depan dunia kreatif dengan penggunaan virtual reality. Meskipun Vruseum bukanlah sebuah game, namun kamu dapat menikmati keseruan dengan sentuhan sinematik, navigasi yang mudah, dan dikemas melalui opsi menarik. 

Untuk mengakses pengalaman imersif virtual di VRuseum, kamu hanya perlu mengunduhnya di platform Steam secara gratis, lho!


Menjelajahi museum dalam dunia virtual reality memberikan pengalaman yang berbeda. Potensi ini merupakan opsi menarik untuk diterapkan, sebagai solusi inovatif menghadirkan karya seni luar biasa secara digital. Vruseum merupakan contoh nyata, di mana seniman dapat berkarya dan berkreasi di dunia virtual tak terbatas. 

Melalui pengalaman imersif Vruseum oleh SecondBounce tersebut, hal ini tak hanya menyajikan karya seni digital yang luar biasa saja, namun juga memperkenalkan manfaat teknologi virtual reality yang dapat dimanfaatkan kedepannya dalam bidang apapun.

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi digital lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: