Bagaimana Teknologi AR dan VR Membantu Menciptakan Pengalaman Phygital
Beranda /
Blog /
Bagaimana Teknologi AR dan VR Membantu Menciptakan Pengalaman Phygital
14 December 2022

Bagaimana Teknologi AR dan VR Membantu Menciptakan Pengalaman Phygital

Apa yang disebut “pengalaman phygital” di setiap strategi marketing modern, menunjukkan bahwa sekarang telah menjadi standar. Dengan memberikan pengalaman yang sangat personal dan seamless, strategi ini memastikan kebutuhan unik konsumen terpenuhi dan harapan mereka terlampaui. 

Bagi brand, phygital bukan lagi sekadar tren. Ini juga sekarang menjadi bagian fundamental dari keberlanjutan bisnis dan pertumbuhan di masa depan.

Lalu, apa itu pengalaman phygital?

pengalaman phygital
Source: Cofordis

Pengalaman phygital adalah salah satu tren marketing terbaru yang menyinggung penyatuan antara dunia fisik dan digital sebagai bagian dari pengalaman yang jauh lebih lengkap, manusiawi, dan efisien dengan mengintegrasikan perdagangan elektronik atau e-commerce dengan toko fisik tradisional.

Meningkatnya Permintaan untuk Pengalaman Phygital

Sebuah laporan menunjukkan bahwa mayoritas pembeli saat ini merasa lebih nyaman menggunakan teknologi digital. Meskipun saat ini, pascapandemi, konsumen telah kembali berbelanja offline. 

Konsumen terus mencari opsi digital yang membuat proses belanja lebih menyenangkan. Mereka mengharapkan pengalaman pribadi yang sama yang ditawarkan brand secara online saat mereka mengunjungi toko fisik.

Kamu mungkin berpikir bahwa ide phygital itu futuristik atau diperuntukkan bagi mereka yang memiliki akses ke teknologi eksklusif. Tentunya tidak seperti itu kenyataannya. 

Pembayaran nirsentuh atau cashless dan opsi penjemputan adalah beberapa cara brand menghadirkan pengalaman phygital ini. Mereka menawarkan transisi mulus antara digital dan fisik.

Solusi ini sekarang sudah umum di bandara, bank, restoran, dan banyak perusahaan lainnya. Untuk meningkatkan pengalaman, beberapa brand memanfaatkan teknologi imersif yang meningkatkan pengalaman digital konsumen.

Peran AR dan VR dalam Menciptakan Pengalaman Phygital

Untuk menciptakan pengalaman imersif yang mulus, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memainkan peran penting. Aplikasi AR dan VR yang inovatif secara efektif memenuhi permintaan konsumen akan pengalaman phygital di berbagai saluran yang mereka gunakan.

Aplikasi seperti IKEA Place menggunakan AR untuk memungkinkan pembeli menempatkan perabotan yang dirender secara realistis dan berskala nyata ke dalam ruang fisik mereka yang sebenarnya.

Marriott International menggunakan VR untuk membantu pelanggan merencanakan acara mereka. Digunakan dengan headset, aplikasi VR menampilkan tampilan tiga dimensi tempat hotel dengan pengaturan yang disesuaikan untuk acara sosial dan perusahaan tertentu.

Brand menghadirkan pengalaman phygital yang dapat dilakukan di rumah. Misalnya, Honda membuat pengalaman membeli mobil lebih menyenangkan dengan aplikasi metaNesia yang memungkinkan pembeli menyesuaikan warna dan gaya mobil. Mereka juga menawarkan pelanggan merasakan bagaimana rasanya mengendarai mobil melalui aplikasi tersebut.

Banyak gerai Nike saat ini dilengkapi dengan teknologi AR yang memungkinkan pembeli memindai item untuk melihat informasi lebih detail tentang item tersebut. Beberapa tahun lalu, Adidas juga meluncurkan pengalaman AR unik di toko andalannya di Paris. Hari ini, pembeli dapat menikmati pengalaman mendalam di rumah dan di dalam toko melalui aplikasi Adidas.

Aplikasi AR dan VR lainnya juga meningkatkan pengalaman berbelanja. Hal tersebut termasuk navigasi di dalam toko, katalog produk yang imersif, dan alat kustomisasi. Mereka membuat pengalaman phygital lebih menawan. Teknologi ini juga menghubungkan konsumen dengan brand pada tingkat yang mendalam dan lebih emosional.

Teknologi imersif adalah inti dari phygital

Pengalaman phygital akan menjadi bagian tak terpisahkan dari masa depan kita. Orang-orang akan mengharapkan transisi antara mode digital dan fisik di hampir setiap aspek kehidupan.

Teknologi imersif sangat penting untuk mewujudkan pengalaman ini. Oleh karena itu, brand yang belum menerapkan teknologi ini mungkin dapat memasukkannya ke dalam solusi imersif dalam strategi pertumbuhan.

Selain memungkinkan brand memenuhi permintaan konsumen baru, teknologi imersif juga memungkinkan brand memberikan nilai lebih dan memberi keunggulan yang kompetitif.


Sekarang, apakah kamu ingin merasakan membeli NFT yang menerapkan konsep phygital? Pergi ke market metaNesia, dan beli merch NFT dari artis yang kamu suka!