Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit Know Thyself, Menyajikan Visual Manusia Dalam Dunia Digital

Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit Know Thyself, Menyajikan Visual Manusia Dalam Dunia Digital

Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit
Alberta Art Exhibit (University of Alberta)

Dengan terus berkembangnya teknologi virtual reality, hal tersebut dimanfaatkan oleh berbagai industri kreatif, yang diimplementasikan dalam bentuk pameran digital. Salah satu contohnya yakni pameran digital dengan pengalaman virtual di Alberta Art Exhibit.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Alberta Art Exhibit

Alberta Art Exhibit University of Alberta Canada
University of Alberta Know Thyself Experience (University of Alberta)

Alberta Art Exhibit merupakan pameran hasil karya seniman dari University of Alberta di Kanada. Museum ini menghadirkan beberapa jenis karya seni seperti lukisan, instalasi virtual, patung, fotografi, dsb.

Pada kesempatan ini, mereka menghadrikan seni instalasi terbaru yang memberikan pengalaman imersif melalui teknologi virtual reality.

Pengalaman virtual di Alberta Art Exhibit

Kini, semakin banyak orang tertarik pada teknologi virtual reality yang dapat memberikan experience berbeda dan lebih imersif. Hadirnya teknologi virtual reality, memungkinkan pengguna untuk tenggelam dalam dunia digital yang akan membawa mereka ke dimensi unik.

Pernahkan terpikirkan olehmu, tentang siapa kita dan menjadi apa kita di dunia digital? Pertanyaan inilah, yang mendorong hadirnya pengalaman virtual di Alberta Art Exhibition.

Melalui kesempatan tersebut, seniman Universitas of Alberta mengumpulkan berbagai pertanyaan dan serangkaian penelitian mengenai penciptaan manusia, untuk menghadirkan instalasi Know Thyself VR experience. Yuk, simak informasi mengenai seni instalasi dengan virtual experience Know Thyself berikut ini!

Know Thyself experience

Pengalaman virtual di Alberta Art Exhibit Know Thyself menghadirkan berbagai istalasi seni yang menarik, berikut diantaranya:

My Data Body

Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit My Data Body
My Data Body Experience (University of Alberta)

Instalasi My Data Body adalah seni kolaboratif yang menyatukan berbagai bentuk data pribadi seperti pemindaian medis, media sosial, biometrik, perbankan, dan data kesehatan. Data tersebut dikumpulkan dan akan terintegrasi dengan visual tubuh manusia yang semi-transparant. Nantinya, kamu dapat melihat tubuh transparant seseorang yang tergambarkan dengan data biometrik pribadi mereka, lho!

Deep Connection

Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit Deep Connection
Art Exhibit Deep Connection (University of Alberta)

Deep Connection adalah instalasi karya seni VR yang dibuat menggunakan kumpulan data hasil pemindaian seluruh tubuh dengan teknologi MRI. Nantinya, kamu dapat melihat bagian dalam tubuh manusia secara virtual dan meilhat cara kerja berbagai organ penting seperti paru-paru, jantung, tulang belakang, dan sel otak.

Space Invaders

Pengalaman Virtual di Alberta Art Exhibit Space Invaders
Instalasi Space Invanders (University of Alberta)

Space Invaders adalah instalasi berbentuk patung dan VR yang menciptakan pengalaman luar biasa. Instalasi ini memungkinkan kamu untuk melihat foto X-ray bagian tubuh, dari beberapa patung 3D yang dibentuk oleh seniman. Wah, luar biasa bukan?

Ketiga instalasi tersebut, dibentuk untuk mengenali diri sendiri di dalam dunia digital melalui pengerjaan proyek yang kolaboratif dan inovatif. Lalu, apa yang melatarbelakangi dibentuknya pengalaman virtual Knowing Thyself ya? Simak sebagai berikut!

Latar belakang Knowing Thyself

Proyek virtual Knowing Thyself didasari pada pepatah filosofis Yunani yakni “Nosce te Ipsom“. Hal tersebut merupakan pengingat untuk mengetahui tempat seseorang dalam hierarki sosial.

Istilah Nosce te Ispom juga diartikan untuk mengenal diri sendiri sebagai ciptaan Tuhan. Dengan menyatukan berbagai pengetahuan medis, VR, sejarah kedokteran dan penciptaan artistik.

Hal tersebut, melatarbelakangi dibentuknya proyek interdisipliner yang kreatif, unik dan imersif. Di mana, para pra sarjana dan siswa University of Alberta dapat bereksperimen dengan teknologi untuk menghasilkan pengetahuan medis baru yang eksploitatif.


Berikut informasi mengenai pengalaman virtual di Alberta Art Exhibit Knowing Thyself yang canggih, imersif dan inovatif.

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: