Cara Baru Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Penggunaan AI oleh PLN

Cara Baru Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Penggunaan AI oleh PLN

Ramai pada tahun 2020-an, muncul beragam teknologi baru yang mulai diadaptasi secara masif oleh masyarakat seperti blockchain, metaverse dan juga artificial intelligence (AI). Artificial intelligence merupakan salah satu teknologi inovatif yang banyak digemari, karena kemampuannya yang dirasa bisa menyaingi manusia.

Hal tersebut menyebabkan banyak industri mulai perlahan masuk dan menggunakan AI di sektor bisnis. Tidak mau kalah, salah satu perusahaan BUMN Indonesia yakni PLN kini juga mengadaptasi teknologi AI dalam melayani pelanggan sehari-hari.

Bagaimana cara penggunaannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Tentang artificial intelligence (AI)

Artificial intelligence atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kecerdasan buatan merupakan teknologi baru di mana sistem pemrogaman komputer bisa melakukan berbagai perintah yang berhubungan dengan kecerdasan manusia, diantaranya seperti pembelajaran, pemecahan masalah dan juga pengenalan pola.

Teknologi AI sendiri sudah mulai dibicarakan sejak tahun 1950-an, seiring dengan perkembangan perangkat komputer untuk melakukan berbagai hal. Kehadiran komputer sebagai perangkat sehari-hari membuat perkembangan AI jadi semakin pesat.

Pada penggunaan sehari-hari, AI kini sudah banyak digunakan pada berbagai industri mulai dari hiburan, pendidikan, medis dan kesehatan, ritel hingga manufaktur.

penggunaan AI dan pengaruhnya terhadap pln
(KoSSSmoSSS / Shutterstock)

Penggunaan AI dan pengembangannya oleh PLN

Pada akhir Agustus 2023 kemarin, PT PLN (Persero) baru saja meresmikan penggunaan teknologi AI untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Teknologi kecerdasan buatan dianggap penting dan dipilih sebagai langkah adaptasi perseroan di tengah masifnya kemajuan digital kian hari.

Pada acara Indonesia Digital Conference bertajuk ‘Artificial Intelligence for Business Transformation’ di Bandung, Nezar Patria selaku Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga mengatakan bahwa kemajuan teknologi kecerdasan buatan juga memiliki manfaat ekonomi yang luar biasa dan mempengaruhi PDB (produk domestik bruto) Indonesia yang diperkirakan akan mencapai US$ 366 miliar di tahun 2030.

Ari Rahmat Indra Cahyadi selaku Direktur Utama PT PLN Icon Plus juga hadir mewakili Direktur Utama PLN yakni Darmawan Prasodjo yang tidak bisa hadir. Beliau mengatakan bahwa langkah penggunaan teknologi AI juga akan dikembangkan untuk melakukan transformasi digital PLN dalam bisnis maupun operasional.

Untuk meningkatkan keefektifan penggunaannya, PLN Icon Plus selaku Sub Holding bidang digital dari PLN berkolaborasi untuk mengembangkan kapabilitas SDM dalam pengembangan AI.

Salah satu contoh transformasi digital yang dilakukan PLN adalah dengan kehadiran PLN Mobile, sebagai aplikasi khusus pengguna untuk mengadukan keluhan, menyampaikan pendapat hingga mengetahui tindak lanjut pelaporan isu.

Nantinya, teknologi AI akan diadaptasi dan digunakan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan pada PLN Mobile melalui fitur Chatbot. Penggunaan teknologi ini diharapkan bisa membuat komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih baik, dengan pemakaian bahasa yang lebih manusiawi dan tidak terkesan komputer.

Dengan proses pembelajaran AI yang masih akan dilakukan oleh PLN, diharapkan nanti teknologi ini juga bisa memprediksi dampak gangguan serta penyelesaian dari masalah yang dialami pelanggan. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan informasi lain yang berhubungan dengan pelayanan PLN seperti informasi pasang baru listrik hingga pengembangan bisnis di luar kelistrikan seperti internet.


Berikut pembahasan dan berita terbaru terkait penggunaan AI oleh PLN. Dengan adanya pemanfaatan teknologi terbaru pada PLN, diharapkan salah satu perusahaan BUMN ini bisa meningkatkan kinerja mereka dalam pelayanan pelanggan.

Suka baca informasi teknologi menarik dan terbaru seperti satu ini? Yuk, baca berita lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia merupakan penyedia layanan virtual reality, augmented reality serta platform metaverse pertama di dunia. Sebagai salah satu produk digital buatan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani banyak klien global maupun lokal untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka dengan teknologi terbaru. Tertarik untuk gunakan teknologi inovatif ini di bisnis kamu? Hubungi tim admin MetaNesia dan dapatkan konsultasi gratis secara langsung!

Mau coba masuk ke dalam dunia virtual imersif yang berbeda dari platform lain? Coba masuk ke dunia metaverse milik MetaNesia! Unduh aplikasinya dan mainkan langsung di perangkat kamu!

Bagikan ini: