Melihat Penggunaan dan Manfaat AR Cloud di Dunia Nyata

Melihat Penggunaan dan Manfaat AR Cloud di Dunia Nyata

Mengetahui penggunaan dan manfaat dari AR cloud dapat membuka jalan untuk pemahaman yang lebih baik tentang teknologi baru ini. Augmented reality cloud atau AR cloud merupakan hal besar berikutnya untuk augmented reality dan pengalaman lain yang dapat ditawarkannya.

AR cloud memberi pengguna cara yang lebih imersif untuk terlibat dan mencari informasi. Teknologi ini juga memiliki potensi besar untuk mengubah bisnis bagi pelanggan maupun industri yang bergerak di bidang B2B.

Sederhananya, AR cloud adalah langkah besar berikutnya untuk augmented reality. Banyak perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Apple, dan Niantic berebut untuk membuat cloud AR milik mereka sendiri. Apa sebenarnya itu dan bagaimana penerapannya di dunia nyata?

Apa itu AR cloud?

Manfaat AR cloud
Ilustrasi teknologi AR cloud (Freepik/Apa perbedaan AR cloud dari teknologi cloud lainnya?
Manfaat AR cloud
Teknologi AR cloud berbeda dengan teknologi cloud lainnya (Freepik/rawpixel)

Teknologi cloud membantu menciptakan platform tervirtualisasi untuk pekerjaan, game, dan informasi. Seperti sistem berbasis cloud lainnya, AR cloud akan memungkinkan pengguna mengakses informasi tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu ke komputer atau perangkat.

Namun, ada beberapa perbedaan signifikan antara cara kerja AR dan teknologi berbasis cloud lainnya.

  • AR cloud membawa informasi virtual ke dunia fisik. Teknologi berbasis cloud lainnya hanya berfokus pada pembuatan platform virtual untuk bekerja, belajar, penelitian, atau hiburan. Misalnya, platform berbasis cloud tradisional dapat menyediakan tempat terpusat di mana pengguna dapat mengunggah ulasan tentang kedai kopi lokal.Pembaca harus pergi ke situs berbasis cloud untuk melihat ulasannya. Namun, aplikasi di AR cloud akan mengenali kedai kopi tertentu dan melapisi ulasan tanpa mengharuskan pengguna mengunjungi situs tersebut.
  • AR cloud bekerja dengan perangkat keras tertentu. Semua teknologi berbasis cloud dapat diakses dari desktop, laptop, dan perangkat seluler.
  • AR cloud juga akan beroperasi dengan perangkat khusus yang dapat dikenakan, seperti kacamata pintar atau headset. Meskipun demikian, sebagian besar pengembangan AR awal adalah untuk perangkat seluler, sehingga pengguna kemungkinan juga dapat mengandalkan perangkat keras yang lebih tradisional.

Terlepas dari perbedaan ini, aksesibilitas dan skalabilitas sistem berbasis cloud sama untuk AR dan platform cloud yang lebih tradisional.

Penggunaan dan manfaatnya AR cloud di dunia nyata

Teknologi AR sendiri sudah tersedia dan saat ini digunakan dalam berbagai cara namun bagaimana dengan AR cloud? Mari fokus pada AR cloud dan bagaimana itu digunakan di dunia nyata saat ini.

Navigasi

Salah satu penggunaan cloud AR yang paling luas adalah navigasi AR Google, yang pada dasarnya adalah aplikasi berbasis cloud AR. Ini menggunakan Google’s Visual Positioning Service(VPS) dengan cloud AR untuk memberikan navigasi yang lebih akurat.

Selain itu, Google’s Cloud Anchors, yang merupakan anchor pada Google’s ARCore, yang dapat membantu mempertahankan pengalaman AR di dunia fisik.

Cloud anchors mengaktifkan kolaborasi, memungkinkan pengguna membuat tanda virtual yang membantu orang menavigasi atau melihat seperti apa ruangan itu nantinya. Cloud anchors ini juga memungkinkan pengguna berkolaborasi secara real-time dengan pengguna lain, menciptakan pengalaman bersama yang lebih menarik seperti bermain game virtual atau melakukan aktivitas komunitas secara virtual.

Google Lens

Google Lens memanfaatkan teknologi cloud AR untuk memungkinkan pengguna memiliki pengalaman interaktif secara digital. Dengan menggunakan aplikasi kamera, pengguna dapat memiliki akses ke fitur-fitur seperti terjemahan bahasa teks dan pencarian dan identifikasi visual.

Sturfee

Mirip dengan Navigasi AR Google, Sturfee menggunakan VPS dan cloud AR untuk mengimplementasikan teknologi City AR-nya. Ini adalah teknologi serbaguna yang dapat digunakan untuk navigasi, berbagi tumpangan, pariwisata, dan bahkan kegiatan marketing.

Bisnis

Dalam bisnis, AR cloud dapat digunakan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yang dapat membuka jalan bagi keterlibatan dan loyalitas pelanggan. AR cloud juga dapat menghubungkan antar unit bisnis, di mana pun mereka berada, memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dan berbagi pengalaman.


AR cloud berpotensi menghadirkan cara baru di mana penggunanya dapat berinteraksi tidak hanya dengan lingkungan dunia nyata, tetapi juga dengan dunia digital. Pengembangan berkelanjutannya akan membuka jalan bagi lebih banyak inovasi yang dapat menghidupkan lebih banyak kasus penggunaan.

Yuk, kunjungi metaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar augmented reality, virtual reality dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: