Penggunaan NFT dalam Industri Olahraga, Seberapa Berdampak?

Penggunaan NFT dalam Industri Olahraga, Seberapa Berdampak?

Beberapa tahun ke belakang, tentunya kita belum banyak mendengar istilah NFT (Non-Fungible Token). Namun, hari ini, NFT telah dapat kita jumpai di banyak tempat. NFT memegang peranan penting dalam mentransformasi cryptocurrency dan peta investasi dan juga memengaruhi perkembangan metaverse.

Pada bulan Maret 2021, fenomena NFT ‘mengguncang’ dunia dengan dijualnya aset NFT seperti “Everydays: The First 5000 Days” milik Beeple senilai US$ 69 juta. Hal ini tentunya memicu kenaikan permintaan yang besar terhadap aset NFT lainnya. Terbukti bahwa pada Q1 2021, volume transaksi NFT mencapai angka US$ 1.5 miliar atau naik sebesar 2.627% dari angka pada Q4 2020.

Melihat kenaikan ini, dampak besar NFT pun menjadi suatu hal tidak terhindarkan, khususnya bagi sektor perekonomian. Lalu, bagaimana NFT mampu memberikan dampak besar tersebut dan dampak positif apa yang ditinggalkan?

Sekilas tentang NFT

gambaran aset NFT
Ilustrasi Aset NFT (Non-Fungible Token (NFT) adalah suatu aset digital dengan sertifikat yang membantu mengautentikasi dan menetapkan kepemilikan aset virtual tertentu. Dengan bantuan teknologi blockchain, sifatnya tidak dapat diubah atau diduplikasi. NFT merepresentasikan sertifikat digital yang mewakili objek dunia nyata seperti foto, perjanjian, akta, video, dan bentuk virtual lainnya.

NFT bekerja sebagai sistem penyimpanan data digital, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data secara rahasia melalui skema enkripsi khusus. Skema tersebut dapat mengkonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain.

Seperti yang kita ketahui, NFT telah mengalami perkembangan signifikan sejak beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini telah merambat hingga ke beberapa industri, salah satunya adalah industri olahraga.

Perkembangan NFT dalam industri olahraga dapat dikatakan cukup signifikan, di mana NFT telah mampu menarik banyak peminat olahraga untuk membeli aset NFT. Istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan aset NFT yang berhubungan dengan industri olahraga adalah Sports NFT. Sebelum masuk lebih jauh, yuk kenali definisi dan penjelasan lengkap seputar Sports NFT!

NFT dan industri olahraga

gambaran NFT dalam industri olahraga
NFT dalam industri olahraga (Jernej Furman/Flickr)

Pada prinsipnya, Sports NFT merupakan salah satu konsep NFT dalam industri olahraga yang menawarkan cara baru bagi penggemar atau fans untuk berinteraksi dengan tim favorit mereka. Anda bisa membayangkan Sports NFT sebagaimana trading cards

Dengan teknologi blockchain, trading cards yang berbentuk fisik ini ditransformasi menjadi NFT yang dapat dikoleksi berupa memorabilia, gifs, video, dan banyak lainnya. Selain itu, bentuk NFT ini juga dapat diperdagangkan di sebuah platform yakni NFT marketplace.

Menariknya, banyak sekali fans yang bersedia untuk membeli atau bahkan mengoleksi Sports NFTs dalam bentuk memorabilia virtual. Hal ini menyebabkan tidak jarang produk Sports NFTs yang terjual hingga seharga ratusan ribu dolar. 

Terdapat beberapa brand yang mampu mengeluarkan Sports NFT dan berhasil menguasai pangsa pasar para penggemar olahraga, di antaranya yaitu NBA Topshot dan NFL Strike yang berasal dari Amerika Serikat. 

Selain itu, terdapat juga brand UFC Strike oleh Dapper Labs yang mengeluarkan NFT dalam bentuk UFC digital collectibles yang berlisensi. Dalam olahraga sepak bola, terdapat juga brand NFT yakni Sorare yang mengeluarkan aset NFT. Sorare menjalin kerja sama dengan Liga Premier Inggris untuk mengeluarkan item NFT yang diintegrasikan dengan gim yang mereka punya.

Manfaat NFT dalam industri olahraga

Sumber penghasilan tambahan bagi industri olahraga

Salah satu manfaat NFT dalam industri olahraga adalah sebagai sumber penghasilan tambahan. Beberapa tim atau klub memang telah memiliki penghasilan utama dari tiket, penjualan merchandise, hak siar, dan sponsor. Namun, NFT juga dapat digunakan sebagai wadah penghasilan. Beberapa contohnya seperti menjual tiket pertandingan dalam bentuk token, mengadakan siaran ekslusif bagi pemilik NFT, dan lainnya.

Wadah branding bagi atlet

Para atlet dapat menjual koleksi NFT mereka untuk berinteraksi dengan para penggemar. Dengan hal ini, mereka dapat membangun relasi antara pemain dan penggemar. Sebagai contoh, para penggemar dapat menikmati momen-momen penting dari idola mereka yang diabadikan dalam bentuk NFT. 

Tidak cukup sampai di situ, dengan wadah NFT ini, para atlet dapat melindungi hak kekayaan intelektual yang mereka miliki. Para atlet juga dapat menikmati royalti dari penjualan NFT yang dapat mereka manfaatkan sebagai penghasilan tambahan.

UFC Strike menjadi sebuah contoh konkrit, di mana para atlet akan mendapatkan porsi sebesar 50% dari setiap penjualan item NFT, termasuk pada pasar sekunder.


Itulah informasi singkat mengenai jenis dan dampak NFT dalam industri olahraga. Kini, juga hadir marketplace NFT lokal untuk membeli berbagai aset digital favorit kesukaan kamu. Kunjungi Market metaNesia! Terhubung langsung dengan metaNesia, kamu bisa menemukan berbagai produk NFT unik dan berbeda. 

Bagikan ini: