Menggali Penggunaan Terbaik Metaverse untuk Bisnis
Beranda /
Blog /
Menggali Penggunaan Terbaik Metaverse untuk Bisnis
7 December 2022

Menggali Penggunaan Terbaik Metaverse untuk Bisnis

Metaverse bisnis
Source: Freepik

Metaverse akan memainkan peran besar pada masa depan bisnis dan marketing. Namun, cara spesifik yang akan mengubah bagaimana industri bekerja belum terlihat karena masih dalam tahap awal pengembangan.

Perusahaan tidak perlu menunggu dunia 3D virtual ini muncul dalam bentuk yang lengkap untuk menggunakannya demi keuntungan bisnis. Ada beberapa cara bagaimana suatu perusahaan dapat menggunakan metaverse dalam bisnis dan teknologi pendukungnya untuk terhubung ke konsumen, menjual produk, dan berkoneksi dengan perusahaan lain.

Metaverse adalah dunia virtual paralel yang dibangun di atas dunia nyata kita menggunakan teknologi seperti virtual reality dan augmented reality. Teknologi ni menawarkan kepada pengguna cara baru untuk menikmati hiburan, mendapatkan informasi, terhubung dengan orang lain, dan membeli suatu produk.

Cakupan penggunaan metaverse dalam lingkup bisnis dapat berupa penggunaan AR oleh pekerja di industri berat, untuk pekerjaan prosedural dan panduan jarak jauh. Dalam penggunaan VR, cakupannya dapat berupa rapat dan konferensi virtual, visualisasi produk, bermain game, mendesain, kolaborasi, dan pelatihan untuk decision making.

Brand juga bisa mendapatkan keuntungan dari peluang baru yang tersedia di dalam dan melalui metaverse. Berikut beberapa penggunaan terbaik metaverse jika perusahaan memasukkan teknologi tersebut ke dalam bisnisnya.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan adalah prioritas utama untuk hampir seluruh brand. Pelanggan akan lebih setia kepada suatu brand jika mereka memiliki pengalaman positif, dan pelanggan bahkan bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Pengalaman pelanggan yang positif meliputi:

  • Layanan yang dipersonalisasi
  • Transparansi dan kejujuran
  • Proaktif dalam menangani masalah/keluhan, dan
  • Pelayanan yang cepat

Metaverse akan memungkinkan brand terhubung dengan pelanggan secara lebih personal melalui lingkungan yang imersif. Metaverse juga menawarkan opsi interaktif untuk pelanggan yang ingin menemukan kebutuhan mereka sendiri. Selain itu, brand dapat menggunakan AI untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih proaktif.

Berinteraksi melalui metaverse juga akan menghasilkan lebih banyak data yang dapat brand gunakan untuk menyesuaikan pengalaman dan mengoptimalkan strategi marketing. Selain itu, brand dapat berbagi informasi produk dengan pelanggannya saat berinteraksi dengan produk virtual melalui augmented reality untuk memberikan lebih banyak transparansi pada brand dan membantu pada melalui proses penjualan.

Menemukan peluang marketing baru

Jika brand menggunakan strategi pemasaran yang sama seperti sebelumnya, brand tersebut akan mendapatkan hasil yang sama. Namun, jika ingin melihat pertumbuhan dan menjangkau market baru, suatu brand harus memperbarui strategi marketing yang sudah digunakan menggunakan teknologi dan tren terkini. Metaverse membuka dunia baru peluang marketing dengan menawarkan dunia virtual dengan koneksi dan interaksi yang ideal untuk pemasaran.

Statistik marketing berikut menunjukkan bagaimana masyarakat bergerak menuju dunia digital yang terhubung dan peluang pemasaran yang akan muncul untuk memenuhi permintaan baru:

  • eCommerce naik dari $432 miliar menjadi $4,28 triliun antara 2019 dan 2021.
  • Komunitas lebih penting bagi konsumen saat ini, dengan Facebook baru-baru ini menunjukkan lompatan besar pada grup komunitas online mereka.
  • Sekitar 97% Gen Z berbelanja berdasarkan apa yang mereka lihat di media sosial.

Berdasarkan data tersebut, mungkin brand dapat mempersiapkan peralihan di mana yang tadinya hanya menggunakan sosial media, untuk memasuki metaverse dan berikan pengalaman belanja online dan konektivitas yang lebih imersif.

Optimalisasi komunikasi bisnis & produktivitas

Metaverse akan melancarkan revolusi dalam komunikasi bisnis dan ruang produktivitas, dengan inovasi dan terobosan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Saat ini, saluran komunikasi bisnis terpopuler seperti Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet menyediakan mode komunikasi 2D, melalui video dan audio.

Teknologi tersebut akan menjadi masa lalu dengan metaverse, di mana komunikasi real-time berbasis hologram akan diaktifkan, seperti pertemuan bisnis yang terjadi di kehidupan nyata. Misalnya, bentuk lengkap seseorang berupa hologram akan duduk di hadapanmu, berinteraksi, dan berkomunikasi seperti yang dilakukan orang sungguhan. 

Teknologi ini memiliki implikasi yang luar biasa di sektor-sektor seperti manufaktur, grosir, real estate, rapat perusahaan, dan banyak lagi. Bahkan bekerja dari rumah akan menyaksikan perubahan perspektif dalam hal komunikasi dan produktivitas, karena rapat dan seminar akan menjadi realistis, real-time, dan sangat mirip dengan komunikasi tatap muka yang sebenarnya.

Baca juga: Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di Fruit Tea World Festival

Sales & marketing yang imersif

Dengan kegunaan media sosial yang ditingkatkan, dan komunikasi bisnis yang dioptimalkan, seluruh proses penjualan dan marketing akan menghadapi transformasi yang akan mempercepat pertumbuhan bisnis secara menyeluruh.

Bayangkan papan reklame virtual di jalan raya dan jalan tol virtual, yang dilihat oleh jutaan pengguna atau avatar secara real-time. Suatu bisnis benar-benar mengeluarkan uang untuk memperoleh hak atas ruang iklan tersebut. Ini bukan lagi fiksi, karena investor benar-benar membeli aset real estate metaverse, dan memperkuat aset virtual mereka untuk monetisasi.

Pembuatan, distribusi, dan konsumsi konten marketing akan berubah selamanya, dengan metaverse. Penargetan dan pemosisian produk dan layanan akan sangat akurat, sehingga setiap pengguna metaverse akan menjadi target kampanye marketing berdasarkan preferensi dan pilihan mereka.

Brand dapat mengatur toko metaverse mereka sendiri, dan mengundang pengguna dari seluruh dunia untuk mengunjungi mereka secara virtual. Merasakan produk dan layanan secara waktu nyata, dengan opsi untuk menggunakannya secara virtual dan merasakannya melalui ultra-advanced augmented reality.

Bisnis pada industri hiburan

Bayangkan konser virtual yang dihadiri oleh jutaan avatar, masing-masing membayar biaya untuk masuk, dan melihat pertunjukan langsung musisi yang digemari. Semua hal tersebut dilakukan dengan nyaman dari rumah mereka.

Taman hiburan VR misalnya, dapat menjadi pengaplikasian lain dari metaverse, di mana pengguna dari seluruh dunia dapat datang, berpartisipasi, dan merasakan wahana unik tanpa harus keluar dari rumah mereka.

Hal yang sama berlaku untuk olahraga. Olahraga kompetitif yang unik dapat diatur dan diselenggarakan di dalam metaverse, dan masih banyak lagi.


Penggunaan metaverse pada bisnis di atas hanyalah permulaan dan gambaran akan bagaimana nantinya. Ketika sudah benar-benar terjadi, besar kemungkinan pengaplikasiannya bisa lebih dari itu.

Ingin mencoba merasakan bagaimana berkeliling di dunia metaverse? Download aplikasi metaNesia di sini. Rasakan dan bayangkan masa depan bisnis di metaverse!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue