Royal Navy, Gunakan Teknologi VR Imersif untuk Simulasi Kerja

Royal Navy, Gunakan Teknologi VR Imersif untuk Simulasi Kerja

Teknologi virtual reality untuk simulasi kerja

Industri teknologi imersif seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) telah berkembang pesat di seluruh dunia. VR merupakan teknologi yang membuat pengguna berinteraksi dengan dunia virtual imersif melalui perangkat VR headsets dan controllers. 

Salah satu bentuk penerapan teknologi virtual reality yakni digunakan untuk pelatihan kerja. Hal tersebut mendorong berbagai sektor industri untuk menerapkan teknologi canggih terhadap kegiatan operasional mereka. 

Salah satu sektor yang menerapkan teknologi virtual reality untuk membuat program service training adalah militer angkatan laut Britania Raya atau yang lebih dikenal dengan Royal Navy. Yuk, simak informasi penggunaan VR oleh Royal Navy di bawah ini!

Penggunaan VR oleh Royal Navy

Royal Navy mengadopsi pelatihan virtual reality sebagai simulator navigasi mutakhir, yang merupakan bagian dari kurikulum baru pelatihan perwira. VR training tersebut dilengkapi dengan instruksi kelas pelayaran umum dan menambah simulasi anjungan atau proses bersandarnya kapal untuk pengisian bahan bakar di tengah laut. 

Virtual training tersebut memperluas instruktur untuk mempresentasikan materi pelayaran mereka. Teknologi VR training yang dimulai pada bulan September 2023 ini, akan digunakan pada tiga lokasi pelatihan berbeda yakni sekolah peperangan maritim HMS Collingwood, Britannia Royal Naval College Dartmouth, dan markas Submarine Service Faslane. 

Pelatihan virtual milik Royal Navy juga menambahkan komponen tambahan yakni menggunakan VR headsets untuk menjalankan simulasi pelayaran yang canggih. Selain membantu proses training, VR headsets dapat membuat pengalaman pelatihan lebih imersif ke dalam manuver atau simulasi misi secara real time.  

Yuk, simak manfaat penggunaan virtual reality yang diterapkan oleh angkatan laut Britania Raya di bawah ini!

Manfaat VR training bagi Royal Navy 

Pelatihan Virtual Angakatan Laut Britania Raya
Pelatihan VR Royal Navy UK (The Maritime Executive)

Keamanan pelatihan

Dengan menerapkan VR training, hal tersebut memberikan keamanan bagi perwira untuk menghindari resiko berbahaya yang tidak diinginkan.

Menciptakan lingkungan virtual yang canggih

Selain memberikan manfaat keamanan, VR training dapat menciptakan lingkungan virtual yang canggih, di mana teknologi ini mampu membuat visualisasi armada kapal perang, pelabuhan, lokasi perairan di seluruh dunia, serta kondisi cuaca layaknya dunia nyata, lho!

Visualisasi imersif canggih yang dikembangkan, bertujuan untuk memastikan simulator tersebut bekerja realistis dalam memberikan pengalaman pelatihan revolusioner.

Mengurangi biaya pelatihan yang mahal

Tak hanya menyajikan visualisasi lingkungan yang serupa di dunia nyata, dengan adanya VR training, Royal Navy dapat mengurangi biaya operasional mereka untuk pelatihan kerja perwira.

Bentuk investasi jangka panjang 

Simulasi virtual merupakan bentuk modern pelatihan kerja efisien yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Dengan adanya penerapan VR training oleh Royal Navy, mereka dapat melakukan investasi pelatihan jangka panjang. Artinya, mereka cukup memperbaharui konten dan kurikulum saja tanpa mengeluarkan sumber daya yang tidak diperlukan.   

Inisiatif Royal Navy dalam menggunakan VR training

Menariknya, angkatan laut Britania Raya telah berinisiatif untuk mengembangkan pelatihan umum menjadi VR training selama 12 tahun lalu, lho! Inisiatif tersebut akhirnya tercapai dengan memberikan manfaat yang menguntungkan bagi Royal Navy di masa depan.  

Pelatihan pelayaran yang dilakukan langsung di dunia nyata memang tidak terkalahkan, namun kepala pelatihan perwira yakni Letnan Komandan Maerk Raeburn menyatakan bahwa rangkaian simulasi virtual perlu dilakukan dan ditingkatkan untuk menjadikan pengalaman terpadu nantinya. 


Berikut informasi mengenai VR training imersif yang diterapkan oleh Royal Navy, untuk membantu perwira mengembangkan kemampuan dan ilmu pelayaran.

Hal ini merupakan inovasi training yang unik, efisien dan efektif dengan memasuki dunia virtual tak terbatas. Melalui training virtual tersebut, hal ini dapat memberikan solusi khususnya dalam industri pelayaran. 

Kalau mau tahu informasi terkait teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel menarik, terkait metaverse dan juga teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: