Honda Gunakan Teknologi VR untuk Desain Mobil Listrik Terbaru

Honda Gunakan Teknologi VR untuk Desain Mobil Listrik Terbaru

Desain Mobil Honda dengan VR (Beyond Games/Jack Brassell)
Desain Mobil Honda dengan VR (Beyond Games/Jack Brassell)

Pada umumnya, insinyur maupun desainer menggunakan software pemodelan 3D untuk membuat prototipe produk sebelum melakukan proses produksi. Dengan adanya teknologi VR, para desainer dapat menggunakan software pemodelan 3D tersebut secara imersif dengan menghubungkan aplikasi tersebut melalui perangkat virtual reality, lho! 

Penggunaan teknologi virtual reality ini telah diimplementasikan oleh tim desain Honda untuk merancang desain mobil listrik terbaru mereka. Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Penggunaan VR untuk desain mobil Honda 

Brand Honda
Honda (Flickr/Ian Mutto)

Honda merupakan perusahaan otomotif asal Jepang yang memproduksi kendaraan bermotor maupun mobil secara masif. Pada tahun 2017 lalu, pengembangan produk Honda dilakukan menggunakan teknologi virtual reality, lho! Cara ini telah di uji coba oleh tim desain American Honda Motor Co Inc untuk melakukan evaluasi model mobil Honda Pilot TrailSport 2023. 

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, tim desain Honda Motor Co Inc tidak hanya menggunakan teknologi VR untuk mengembangkan model mobil listrik terbaru mereka. Menariknya, mereka juga menggabungkan teknologi virtual reality dengan teknologi augmented reality (AR) untuk membentuk model mobil listrik terbaru Honda yakni SUV Prolog 2024, lho!   

SUV Honda Prolog 2024

SUV Honda Prolog 2024
SUV Honda Prolog 2024 (BlackXperience)

Kendaraan SUV Honda Prolog 2024 merupakan mobil listrik terbaru yang dirancang menggunakan teknologi visualisasi VR dan AR. Mobil listrik SUV Prolog 2024 ini menandai era baru kendaraan listrik yang akan diluncurkan Honda dengan fitur canggih di dalamnya.

Para tim desain Honda menggunakan teknologi VR dan AR untuk melakukan evaluasi warna, memilih bahan material hingga melakukan visualisasi objek virtual secara 3D. Bahkan, mereka menerapkan cara tersebut dengan menggunakan aplikasi desain 3D yang terintegrasi oleh perangkat VR headset dan controller. 

VR Technology Leader Honda Desain Studio yakni Mathieu Geslin mengungkapkan bahwa pengembangan produk Honda menggunakan teknologi VR telah direncanakan sejak lama. Melalui teknologi VR tersebut, Honda dapat memvalidasi dan mengeksplorasi teknik yang lebih efisien dan efektif di masa depan. Yuk, simak manfaat pengembangan produk Honda dengan menggunakan VR AR untuk membentuk model mobil listrik terbaru Honda di bawah ini!

Manfaat Penggunaan VR untuk desain mobil Honda  

Penggunaan VR untuk design
Penggunaan VR untuk design (Wikimedia Commons/European Space Agency)

Selain untuk memvisualisasikan, memvalidasi dan mengeksplorasi teknik yang lebih efisien dan efektif. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh Honda dalam menggunakan teknologi VR untuk mendesain mobil:

Membantu proses desain yang lebih cepat

Tim desain American Honda Motor Co yang sangat mengandalkan teknologi VR, menyampaikan bahwa penggunaan teknologi VR dapat memberikan kecepatan dan kemudahan untuk melakukan penyempurnaan hingga penyelesaian merakit desain mobil.

Sebagai alat baru untuk mendesain

Tak hanya membantu proses desain lebih cepat dan mudah, teknologi VR juga dapat menjadi alat baru yang penting bagi desainer dan insinyur dengan mobilitas pembentukan yang relatif cepat untuk dibuat.

Menggabungkan teknologi VR dan AR yang imersif

Melalui penggunaan teknologi VR, para desainer maupun insinyur Honda dapat menggabungkan teknologi ini dengan teknologi AR. Melalui penggabungan teknologi ini, mereka dapat menghasilkan konten digital maupun aset fisik yang lebih imersif dan nyata. 

Meningkatkan daya tarik

Selain memberikan beberapa manfaat yang telah disampaikan di atas, penggunaan teknologi VR untuk mendesain mobil dapat meningkatkan daya tarik konsumen terhadap inovasi yang diterapkan oleh Honda. Dengan meningkatnya daya tarik ini, tingkat penjualan produk kendaraan Honda dapat semakin meningkat.


Berikut informasi mengenai penggunaan VR untuk mendesain mobil yang digunakan oleh desainer Honda untuk memproduksi SUV listrik Prolog 2024.

Hal ini merupakan sebuah inovasi yang unik untuk menciptakan model produk dengan cara yang lebih canggih dan efisien. Melalui penggunaan teknologi VR , hal ini dapat memberikan visualisasi imersif dan memberikan manfaat yang dalam berbagai industri, khususnya dalam bidang otomotif. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: