Nike, Gunakan Teknologi Virtual Reality untuk Mendesain Sneakers Keren 

Nike, Gunakan Teknologi Virtual Reality untuk Mendesain Sneakers Keren 

Teknologi VR dalam industri fashion  

Penggunaan VR untuk desain sepatu Nike
Teknologi VR (Pexels/Eugene Capon)

Virtual reality merupakan teknologi yang memberikan pengalaman digital imersif, di mana pengguna dapat menggunakannya dengan dukungan perangkat VR headset maupun controller. 

Penggunaan teknologi VR memberikan banyak manfaat bagi berbagai industri, salah satunya dalam bidang fashion. Beberapa merek ternama telah mengimplementasikan teknologi VR untuk membentuk inovasi unik, seperti membangun virtual store, menyediakan produk phygital, maupun mendesain produk dengan teknologi canggih tersebut.  

Salah satu merek yang telah menggunakan teknologi virtual reality untuk mendesain produk mereka yakni Nike. Nike merupakan perusahaan aksesoris olahraga terbesar di dunia yang membentuk sepatu Air Max Scorpion. Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Penggunaan VR untuk desain sepatu Nike

Nike Air Max Scorpion   

Penggunaan VR untuk desain sepatu Nike Air Max Scorpion
Nike Air Max Scorpion (Nike)

Perusahaan raksasa penyedia sepatu yakni Nike, resmi merilis sepatu Air Max Scorpion pada 5 Oktober 2022 lalu. Sepatu kets dengan tampilan tidak biasa ini menghadirkan fitur airbag pada bagian bawah sol sneakers Air Max Scorpion. Fitur airbag merupakan sol bawah sepatu yang dibentuk tanpa menggunakan material karet, namun digantikan dengan menggunakan bahan PVC atau plastik yang berisikan udara.   

Melalui fitur airbag pada sol sepatu Air Max Scorpion ini, pengguna dapat menggunakan sepatu yang ringan dan lentur saat dicoba. Sepatu dengan desain kompleks ini dirancang tidak hanya digunakan untuk berolahraga, lho! Kamu juga bisa menggunakannya untuk berjalan-jalan dan memadupadankan sepatu kets ini dengan pakaian fashion yang trendi. 

Desain Nike Air Max Scorpion ini hampir menyerupai sneakers Nike Vapor Max, namun sepatu ini memiliki keunikannya sendiri salam proses pembentukannya. Menariknya, sepatu unik dan nyaman yang telah dirilis oleh Nike ini didesain dengan menggunakan teknologi VR, lho!  Yuk, simak informasi proses pembuatan produk Nike tersebut di bawah ini! 

Proses pembuatan Air Max Scorpion dengan VR 

Penggunaan VR untuk desain sepatu Nike Scorpion Air Max
Air Max VR (Inverse/Ian Servantes)

Produk terbaru Air Max Scorpion ini merupakan sepatu kets pertama Nike yang menjalankan produksi keseluruhan di tengah pandemi COVID-19. Tim desain Nike yang bekerja secara online, harus mengerjakan sketsa Air Max Scorpion dengan cara baru yakni menggunakan teknologi VR.  

Pada umumnya, tim desain Nike melakukan perancangan sketsa sepatu secara 2D yang memakan waktu desain cukup lama. Melalui penggunaan teknologi VR, tim desain berinovasi dan beralih menggunakan aplikasi pemodelan 3D yang lebih efektif. Beralih penggunaan ke aplikasi pemodelan 3D yang terhubung dengan perangkat VR tersebut, mereka dapat mewujudkan ide kreatif dalam mendesain sepatu dengan pengalaman yang imersif. 

Tim desainer Nike mengungkapkan bahwa, sebelum pandemi berlangsung proses memproduksi sepatu kets membutuhkan waktu 22 hingga 24 bulan. Melalui penerapan teknologi VR dan penggunaan aplikasi online 3D komputasional, Nike hanya memerlukan waktu 18 bulan untuk menyelesaikan keseluruhan proses produksi, lho!

Tidak hanya mengurangi seperempat waktu produksi, Nike juga menemukan cara mendesain yang lebih inovatif dan efektif. Proses pembuatan Air Max Scorpion menggunakan teknologi VR hanyalah titik awal yang telah dilakukan perushaaan Nike. Cara ini bisa diteruskan dan dikembangkan secara berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat untuk terus berinovasi melalui kecanggihan digital.

Manfaat penggunaan VR untuk mendesain sepatu Nike    

Selain memberikan efisiensi waktu dalam proses produksi, berikut beberapa manfaat yang diperoleh Nike dalam menggunakan teknologi VR untuk mendesain sepatu Air Max Scorpion:

Pengujian produk yang lebih cepat

Proses produksi
Pengujian produk (Flickr)

Sebelum membentuk produk fisik Air Max Scorpion, Nike perlu melakukan proses pengujian yang normalnya memakan waktu hingga delapan minggu lebih. Dengan menerapkan teknologi VR dalam proses produksi awal, mereka berhasil melakukan pengujian produk lebih cepat yakni hanya memerlukan waktu lima minggu saja, lho!

Menghemat sumber daya material  

sumber daya material 
Sumber daya (Pixnio/Stevepb)

Selain memberikan manfaat pengujian produk yang lebih cepat untuk diselesaikan, penggunaan teknologi VR yang diterapkan Nike memberikan manfaat penghematan proses produksi, lho! Nike tidak perlu memproduksi sampel dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat menghemat sumber daya material. 

Tim produksi Nike hanya cukup membentuk prototipe sepatu kets secara digital yang dibentuk secara 3D melalui aplikasi online yang terhubung dengan perangkat VR. Oleh karena itu, tim desain Nike tidak membutuhkan  biaya banyak untuk membeli material fisik yang digunakan dalam proses pengujian.

Menyajikan desain kreatif 

Desain 3D Air Max Scorpion
Desain 3D Nike Air Max Scorpion (Nike)

Tidak hanya menekan penggunaan sumber daya material untuk melakukan pengujian, melalui penggunaan teknologi VR ini, Nike dapat menyajikan desain yang lebih kreatif, lho! 

Desain kreatif tersebut dapat menampilkan gestur yang tampak lebih nyata dengan adanya visualisasi 3D. Melalui visualisasi 3D tersebut, tim desain sepatu Nike Air Max Scorpion dapat memperlihatkan semua sisi dimensi sepatu yang akan diproduksi, dengan model sketsa yang lebih kreatif dan inovatif.

Memberikan performa lebih

Produksi sample
Sample sepatu (Wikimedia Commons)

Sebelum menggunakan teknologi virtual reality, biasanya Nike akan merancang 10 sample sepatu, di mana sampel tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pembentukan sampel yang berbeda-beda tersebut dapat mempengaruhi performa sepatu Nike Air Max Scorpion saat dilakukan pengujian. 

Berkat teknik komputasi dan penggunaan teknologi virtual reality untuk merancang desain geometri Air Max Scorpion, performa sepatu tersebut jauh lebih meningkat, lho! Hal ini dapat memberikan pengalaman yang sama saat menggunakan Air Max Scorpion pada semua ukuran. 

Kerjasama yang efektif dan Visualisasi Nyata

Proses kerjasama
Kerja dengan VR (Wikimedia Commons)

Manfaat lain yang dirasakan dengan menerapkan teknologi virtual reality yakni memberikan keuntungannya kerjasama yang lebih efektif. Melalui hal ini, tim desain Nike dapat memvisualisasikan desain secara imersif dan tampak lebih nyata terhadap tim produksi. 

Dengan hal tersebut, kerjasama yang terjalin akan lebih efektif dan mendapatkan desain yang didinginkan untuk membentuk Nike Air Max Scorpion yang unik ini.


Berikut informasi mengenai penggunaan virtual reality untuk mendesain sepatu Air Max Scorpion yang digunakan oleh tim desainer Nike.

Hal ini merupakan sebuah inovasi yang unik untuk menciptakan model produk dengan cara yang lebih canggih dan efisien. Melalui penggunaan teknologi VR , hal ini dapat memberikan visualisasi imersif dan memberikan manfaat yang dalam berbagai industri, khususnya dalam bidang fashion. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: