Inovasi Teknologi yang Meningkatkan Keselamatan Pekerja di Industri Konstruksi

Inovasi Teknologi yang Meningkatkan Keselamatan Pekerja di Industri Konstruksi

Industri konstruksi merupakan salah satu sektor yang vital dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Namun, di balik kemajuan dan perkembangannya, industri ini juga dikenal sebagai salah satu sektor dengan tingkat kecelakaan kerja yang tinggi. Peran teknologi untuk keselamatan konstruksi menjadi kunci untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu construction safety?

peran teknologi untuk keselamatan konstruksi
Monthly Safety Stand Down (Wikimedia Commons)

Construction safety atau keselamatan konstruksi meliputi protokol keselamatan apa pun yang berkaitan dengan industri atau lokasi konstruksi. Tujuan dari construction safety adalah untuk menjamin bahwa baik industri maupun lokasi konstruksi tidak menimbulkan ancaman langsung bagi pekerja atau masyarakat di sekitarnya.

Protokol-protokol keselamatan ini membantu menjaga lingkungan yang aman di area konstruksi. Meskipun langkah-langkah keselamatan harus diambil oleh setiap individu yang bekerja di perusahaan konstruksi, tetapi unit keselamatan harus ada di setiap perusahaan.

Sebagai salah satu profesi yang paling berisiko, construction safety merupakan hal yang sangat diperhatikan di dunia kerja. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) profesi ini adalah pekerjaan paling berbahaya keempat dengan cedera paling fatal kedua.

Setelah industri perikanan, pekerjaan ini merupakan pekerjaan di darat yang paling berbahaya kedua. Standar dan peraturan kesehatan serta keselamatan khusus konstruksi disediakan oleh Occupational Safety and Health Administration (OSHA).

Bagaimana peran teknologi untuk keselamatan konstruksi?

bagaimana peran teknologi untuk keselamatan konstruksi?
Construction Tools (Stock Snap)

Dalam industri konstruksi, terdapat istilah “Fatal Four”. Fatal four adalah kecelakaan kerja yang meliputi terjatuh, tersengat listrik, tertimpa benda, dan terjepit. Ini menjadi penyebab lebih dari separuh kematian pekerja konstruksi.

Dengan teknologi, fatal four dapat diantisipasi. Teknologi konstruksi telah berevolusi sejak topi dan kacamata pelindung. Sekarang, teknologi dapat menghasilkan lingkungan kerja yang lebih aman bagi para pekerja konstruksi.

Cara-cara teknologi dalam membuat industri konstruksi menjadi lingkungan yang aman untuk bekerja

Personal Protection Equipment
Personal Protection Equipment (Pexels)

Jadikan proses keselamatan menjadi digital

Dulu, sebagian besar prosedur keselamatan perusahaan bersifat manual dan berbasis kertas. Caranya adalah mengharuskan seseorang untuk mengawasi dan mencatat operasi secara fisik untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Hal ini bisa menjadi sangat menantang untuk meningkatkan keselamatan di lokasi tanpa pengetahuan penting tentang kinerja keselamatan. Selain itu, program-program ini tidak memberikan peringatan secara real-time mengenai situasi yang berbahaya atau mungkin berbahaya sebelum kecelakaan terjadi.

Saat ini, construction safety menjadi lebih mungkin dan mudah berkat digitalisasi prosedur. Dengan bantuan aplikasi seluler, petugas dapat mengelola konstruksi dan menjamin keselamatan pekerja dari jarak jauh tanpa harus mengunjungi lokasi secara fisik.

Selain itu, pekerja memiliki akses ke semua alat yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan tepat, termasuk izin keselamatan, daftar periksa, rencana, jadwal, dan instruksi. Dengan penggunaan aplikasi seluler, pekerja dapat menyelesaikan laporan dan dokumen lain di ponsel mereka, sehingga tidak perlu membawa setumpuk kertas.

Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian. Setiap informasi yang diperoleh juga dapat dibagikan secara digital kepada manajemen dan anggota staf lainnya untuk mendeteksi konflik operasional secara real time.

Perangkat yang dapat dipakai dalam konstruksi untuk keselamatan pekerja

Dengan menghilangkan kecelakaan dan kematian dari lokasi konstruksi, teknologi yang dapat dikenakan merevolusi sektor ini. Di antara perangkat yang dapat dikenakan ini adalah jam tangan pintar yang secara terus-menerus melacak indikator vital seperti suhu kulit, detak jantung, dan laju pernapasan.

Perangkat ini juga dapat terdiri dari pakaian pintar, seperti rompi pengaman dan topi pelindung yang dilengkapi dengan sensor, GPS, dan sistem pelacakan lokasi secara real-time. Pekerja juga dapat dipantau di lokasi secara real-time dengan menggunakan aplikasi seluler untuk melihat data yang dikumpulkan dari perangkat yang dapat dikenakan ini.

Alat-alat ini juga dapat digunakan untuk mengikuti pergerakan karyawan, mengawasi postur tubuh mereka, dan menilai apakah mereka lelah atau tidak. Wawasan ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan risiko sebelum risiko itu terjadi.

Dengan menggunakan sensor juga dapat mengidentifikasi polutan udara yang berbahaya seperti karbon monoksida dan mengambil tindakan yang tepat. Fungsi GPS yang dapat dikenakan sangat penting untuk respons cepat terhadap keadaan darurat di lokasi.

Hal ini dapat membantu menemukan korban kecelakaan dengan cepat dan menerapkan tindakan darurat sebelum cedera memburuk. Selain itu, hal ini memungkinkan banyak orang di lokasi melarikan diri dari situasi yang berpotensi mematikan.

Memanfaatkan data untuk meramalkan masa depan

AI membantu dalam analisis real-time dari data historis keselamatan yang sangat besar untuk mengidentifikasi potensi bahaya di lokasi konstruksi. AI dapat membantu dalam memperkirakan probabilitas kejadian konstruksi dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengalaman pekerja, peralatan yang digunakan, ukuran proyek konstruksi, dan keadaan lokasi.

Dengan pengetahuan ini, keselamatan pekerja dapat ditingkatkan dengan menerapkan tindakan pencegahan yang tepat sebelum insiden terjadi. AI jika digabungkan dengan IOT dan analitik, juga dapat meningkatkan keselamatan pekerja saat menggunakan peralatan yang lebih aman.

Perangkat berkemampuan AI mengumpulkan banyak sekali data tentang penggunaan yang aman, dan akan memberi tahu jika terjadi kesalahan atau konfigurasi yang salah. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada peralatan konstruksi yang mahal dan menyelamatkan nyawa orang yang menggunakannya.

Memastikan keselamatan dengan drone

Drone Use in Construction
Drone Use in Construction (HUB International)

Penggunaan drone mengubah cara inspeksi dilakukan. Pekerja berada dalam bahaya karena sebagian besar inspeksi dilakukan di ketinggian. Inspeksi lokasi bangunan lebih aman jika dilakukan dari jarak jauh dengan drone karena pekerja dapat tetap berada di tanah dengan aman.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa drone dapat terbang sangat tinggi dan bahkan masuk ke dalam ruang sempit. Dengan begitu, drone dapat memberikan foto dan video udara yang sangat baik yang memungkinkan untuk menilai status dan kualitas pekerjaan proyek.

Drone tidak hanya dapat digunakan untuk memeriksa kualitas pekerjaan, tetapi juga untuk mensurvei lokasi konstruksi yang sangat besar. Hal ini untuk mengetahui faktor risiko guna menyediakan lingkungan kerja yang aman. Drone yang dilengkapi dengan sensor, misalnya, dapat mengidentifikasi dan memperingatkan pekerja akan adanya bahan kimia berbahaya dan kebocoran gas di lokasi.

Untuk memastikan bahwa semua orang bekerja dan berpakaian dengan aman, drone juga digunakan untuk memantau karyawan saat mereka bekerja. Drone dapat memberikan wawasan yang berguna untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja dan menyederhanakan transparansi ketika digunakan bersama dengan perangkat lunak pencitraan 3D bertenaga AI.

Beberapa perusahaan bahkan mengevaluasi seberapa baik drone bekerja untuk memindahkan peralatan dan perlengkapan di lokasi konstruksi yang besar. Hal ini akan meningkatkan produktivitas, menurunkan risiko cedera punggung akibat pengangkatan, dan meningkatkan keselamatan di tempat kerja bagi para pekerja konstruksi.

Menyederhanakan pelatihan di tempat

Banyak kecelakaan di tempat kerja terjadi karena kurangnya pengalaman, terutama bagi individu yang baru di bidang ini. Oleh karena itu, pekerja harus memiliki keterampilan yang memadai bahkan sebelum mereka memasuki lokasi.

Teknologi menawarkan cara yang andal dan efisien untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran, yang dapat menyederhanakan pelatihan keselamatan di tempat kerja. Misalnya, dengan mensimulasikan bahaya dan kesalahan fatal di lokasi kerja, augmented dan virtual reality dapat membantu meningkatkan pelatihan staf.

Ini adalah kesempatan belajar yang tak ternilai bagi pekerja. Pelatihan yang lebih menyeluruh tentang alat berat di lokasi yang sebenarnya dengan berbagai kesulitan virtual dimungkinkan oleh augmented reality. Hal ini memberikan pelatihan yang diperlukan bagi semua pekerja untuk mengoperasikan alat berat yang terkait dengan pekerjaan mereka dengan aman tanpa membahayakan orang lain.


Itu dia pemaparan mengenai peran teknologi untuk keselamatan konstruksi. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia virtual yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: