Benarkah Perangkat Terbaru XR Samsung yang Dikembangkan oleh Google dan Qualcomm Menyerupai Meta Quest Pro?

Benarkah Perangkat Terbaru XR Samsung yang Dikembangkan oleh Google dan Qualcomm Menyerupai Meta Quest Pro?

Perangkat Terbaru XR Samsung
XR Headset (Trusted Reviews/Gemma Ryles)

Semakin berkembangnya teknologi berbasis mixed reality (MR), hal ini menghadirkan inovasi luar biasa yang dapat digunakan oleh masyarakat luas. Beberapa merk, telah menghadirkan perangkat mixed reality atau extended reality dengan fitur dan keunikan tersendiri, salah satunya adalah Samsung. Kabar baiknya, mereka sedang mengembangkan perangkat terbaru XR Samsung yang dikembangkan bersama Google dan Qualcomm. 

Rumornya, perangkat tersebut akan memiliki fungsi dan sistem operasi yang hampir sama dengan headset XR Meta Quest Pro, lho! Yuk, simak informasinya pada artikel di bawah ini!

Perangkat terbaru milik Samsung

Perangkat Android Samsung
Perangkat Samsung (Trusted Reviews/Max Parker)

Samsung adalah konglomerat multinasional yang beroperasi di berbagai industri, termasuk elektronik, peralatan rumah tangga, dan semikonduktor. Beberapa produk terkenal yang telah mereka kembangkan seperti perangkat pintar Android Samsung Galaxy series, televisi, peralatan rumah tangga, tablet, dsb. 

Perusahaan ini juga merupakan supplier utama komponen untuk produsen lain, termasuk layar, prosesor, dan chip memori. Samsung memiliki fokus yang kuat pada inovasi dan telah berada di garis depan banyak kemajuan teknologi. Contohnya seperti pengembangan jaringan 5G komersial pertama di dunia dan penciptaan layar OLED fleksibel. 

Perusahaan ini menginvestasikan banyak dana dalam penelitian dan pengembangan. Mereka memiliki tim besar, yang terdiri dari insinyur dan ilmuwan, untuk menciptakan inovasi terbaru. Salah satunya yakni menghadirkan perangkat headset XR Samsung terbaru.

Pada awal tahun 2023, Samsung mengumumkan peluncuran headset XR, di mana perangkat ini memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam berbagai pengalaman digital. Dimulai dari bermain game hingga membantu dalam kegiatan pendidikan maupun pekerjaan. Perangkat ini diakui akan memiliki visual berkualitas tinggi dengan penggunaan kontrol yang intuitif seperti virtual headset Meta Quest Pro. 

Perangkat terbaru XR Samsung akan memiliki sistem operasi seperti Meta Quest Pro 

Chipset Qualcomm
Qualcomm (Pixabay)

Samsung belum membagikan detail, tentang perangkat XR yang akan datang pada acara Unpacked 2023 lalu. Namun, terjalinnya kerjasama Samsung dengan Google dan Qualcomm, memberi petunjuk headset XR ini dapat menyerupai perangkat Meta Quest Pro. 

Pada dasarnya, Qualcomm akan memproduksi chipset untuk perangkat terbaru extended reality ini. Sedangkan Google, bisa saja akan mengembangkan sistem operasi maupun fitur di dalamnya. 

Saat ini, Google sedang mengembangkan project dengan Meta untuk membentuk XR headset yang menyerupai Quest Pro, jadi tidak mengherankan jika perangkat Samsung juga serupa. 

Perangkat Meta Quest Pro

Perangkat Meta Quest Pro
Headset Meta Quest Pro (Trusted Reviews/Chris Smith)

Meta Quest Pro adalah XR headset yang menawarkan pengalaman unik, di mana memungkinkan pengguna melihat lingkungan dunia nyata dan objek virtual secara bersamaan. Headset XR ini menggunakan kamera warna, untuk memproyeksikan lingkungan dunia nyata ke dalam headset XR. 

Headset XR ini juga menghadirkan fitur Passthrough warna yang lebih mudah diimplementasikan. Selain itu, headset berbasis teknologi mixed reality ini memiliki layar dengan resolusi tinggi dengan memberikan visual yang jelas dan tajam. Melalui hal ini, Meta Quest Pro menjadi pilihan menarik bagi pengguna, yang ingin menjelajahi dunia realitas campuran. 

Perangkat ini juga menjadi pemain utama dalam perangkat berbasis extended reality. Harapannya, Samsung dapat memproduksi headset XR luar biasa dan berbeda dari perangkat sebelumnya yang telah dirilis. 

Belum ada tanggal perilisan perangkat terbaru XR Samsung 

Sayangnya, belum ada tanggal perilisan perangkat terbaru XR Samsung. Dilansir dari website Galaxy Club, mereka menyarankan bahwa headset XR Samsung mungkin diluncurkan pada akhir tahun 2023. Hal tersebut akan bersamaan dengan perilisan generasi Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5. 

Jika Galaxy Club benar, maka peluncuran headset XR Samsung akan menjadi salah satu berita terbesar dalam industri teknologi tahun ini. 

Namun, peluncuran headset XR Samsung pada akhir tahun ini menimbulkan banyak pertanyaan. Samsung harus memulai produksi sesegera mungkin, jika menginginkan headset XR-nya menjadi produk populer. Samsung juga harus memenuhi permintaan pembelian dengan memenuhi persyaratan kualitas yang tinggi dalam waktu singkat.

Dalam industri headset realitas campuran, banyak pesaing yang telah memasuki pasar, seperti Meta Quest Pro, Pico 4, dan HTC Vive XR Elite. Namun, Samsung memiliki keunggulan yang kuat dalam hal membangun inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Melalui hadirnya headset XR ini, Samsung akan memperluas jangkauannya ke pasar headset realitas campuran dan memperkuat reputasinya sebagai pemimpin inovasi teknologi, lho! Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba perangkat terbaru XR headset milik Samsung? 


Itulah kabar terbaru tentang perangkat XR, yang bisa kamu coba untuk menikmati dunia digital seperti metaverse. metaNesia sebagai penyedia platform metaverse, akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis ya!  

Bagikan ini: