Perangkat VR Terapi Milik LewisGale Medical Center untuk Rehabilitasi

Perangkat VR Terapi Milik LewisGale Medical Center untuk Rehabilitasi

Virtual reality untuk terapi 

Virtual reality untuk terapi
Teknologi Virtual Reality Therapy (Pxfuel)

Virtual Reality merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri. Pada umumnya, teknologi virtual reality digunakan dalam industri gaming, dengan menghadirkan pengalaman seru dan imersif. 

Beberapa developer game yang menggunakan teknologi VR pun terus melakukan inovasi agar penggunaan VR semakin maksimal. Semakin berkembangnya teknologi VR, hal tersebut meningkatkan potensi besar dalam bidang industri yang berbeda. Salah satunya dalam bidang kesehatan dan rehabilitasi. 

Dengan membenamkan pasien dalam lingkungan virtual, teknologi ini dapat membantu mereka mengatasi ketakutan, kecemasan, trauma dan tantangan kesehatan lainnya. Tentunya, virtual reality dapat diimplementasikan dengan inovasi luar biasa, seperti digunakan untuk terapi, lho! 

Terapi VR telah digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan mental tertentu, seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD), gangguan kecemasan, dan fobia. Penerapan terapi tersebut, pastinya dapat membantu proses rehabilitasi dengan teknologi realitas virtual. 

Untuk membantu pemulihan pasien yang telah mengalami cedera atau sakit, teknologi ini dapat digunakan untuk membantu mereka memulihkan kekuatan dan mobilitas secara efisien. Dengan hal tersebut, teknologi virtual reality dapat memberikan lingkungan yang aman dan terkontrol untuk menjalani terapi yang disesuaikan.

Perangkat VR terapi milik LewisGale Medical Center 

LewisGale Medical Center 

Rumah Sakit LewisGale Medical Center
LewisGale Medical Center (HCA Virginia)

Pemanfaatan penggunaan teknologi virtual reality, telah diterapkan oleh LewisGale Medical Center. LewisGale Medical Center merupakan rumah sakit dan pusat medis yang terletak di Salem, Barat Daya Virginia, Amerika Serikat. LewisGale adalah rumah sakit pertama di Virginia, yang menawarkan operasi penggantian lutut total dan sebagian menggunakan sistem robotik. 

Semakin meningkatnya kemajuan teknologi, hal tersebut menghadirkan inovasi dalam membantu operasi penggantian lutut. Uniknya, sebelum melakukan operasi penggantian lutut, para dokter harus berlatih menggunakan teknologi virtual reality, lho! 

Salah satu dokter rumah sakit LewisGale, yakni Dokter John Velyvis menggunakan realitas virtual untuk belajar pelatihan operasi penggantian lutut yang juga dibantu oleh teknologi robot. Melalui pelatihan tersebut, Dr. Velyvis dapat merencanakan operasi dengan lebih akurat dalam memetakan tulang lutut selama operasi. 

Ia menyampaikan bahwa, alat ini memiliki reflektor dan terintegrasi dengan kecanggihan komputer, sehingga para dokter dapat memetakan peta permukaan lutut pasien yang akan disesuaikan untuk membantu proses selama operasi.

Tak hanya menghadirkan sistem operasi dengan bantuan robot maupun VR, LewisGale baru saja meluncurkan treadmillrealitas virtual, di unit rehabilitasi fisik rawat inapnya, lho! Yuk, simak informasi VR terapi treadmill milik LewisGale di bawah ini!

VR terapi milik LewisGale 

Perangkat VR Terapi Milik LewisGale
VR Therapy Treadmill LewisGale (HCA Virginia)

Seperti yang disampaikan di atas, LewisGale Medical Center telah memperkenalkan perangkat treadmill realitas virtual terbarunya, yang digunakan untuk terapi dan rehabilitasi fisik bagi pasien. Teknologi ini menggabungkan treadmill yang berukuran besar, dengan tambahan layar televisi untuk menciptakan perangkat evaluasi dan pelatihan canggih. 

Dalam program VR terapi ini, LewisGale telah mereplikasi tantangan dan gerakan di kehidupan sehari-hari, yang telah diimplementasikan dalam dunia virtual reality. Direktur Fisik Rehabilitasi Rawat Inap LewisGale yakni Elise Manning, menyatakan bahwa rumah sakit ini tidak terbatas pada satu lingkungan pelatihan di dunia nyata. 

Artinya, pasien dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berlatih keterampilan dan gerakan fisik rehabilitasi yang dapat membuat perubahan secara langsung hanya dengan mengklik tombol. 

The C-Mill by Motek virtual reality treadmill

Perangkat VR Terapi Milik LewisGale Treadmill C-Mill
LewisGale VR Treadmill C-Mill (HCA Virginia)

Perangkat VR terapi milik LewisGale tersebut dinamakan sebagai The C-Mill by Motek virtual reality treadmill. Perangkat ini dapat mendukung berat badan pasien, dan menggunakan sensor di treadmill yang dikombinasikan dengan software interaktif real-time. Hal ini dapat membantu untuk memberikan terapi yang unik, dalam meningkatkan pelatihan keseimbangan dan gerakan. 


Itulah informasi terbaru mengenai perangkat VR terapi milik Lewisgale untuk rehabilitasi. Hal tersebut, tentu saja dapat menyajikan pengalaman luar biasa untuk memanfaatkan teknologi dunia virtual reality seperti untuk melakukan rehab. metaNesia sebagai penyedia platform metaverse, akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis ya! 

Bagikan ini: