Perusahaan AR Augmedics, Hadirkan Fitur Baru Untuk Bedah Medis

Perusahaan AR Augmedics, Hadirkan Fitur Baru Untuk Bedah Medis

Teknologi Augmented Reality

Augmented reality surgical
Teknologi AR Augmented Reality Surgical (Rawpixel)

Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan elemen virtual dan dunia nyata, dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman imersif. Teknologi AR dapat menciptakan sebuah objek digital yang dapat tampil di dunia nyata melalui penggunaan perangkat mobile, seperti smartphone maupun AR headset.

Kini, teknologi AR telah dikenal masyarakat umum karena hadirnya sebuah game populer yakni Pokemon Go. Semakin berkembangnya waktu, teknologi ini telah diimplementasikan dalam beberapa bidang seperti industri pendidikan, manufaktur, periklanan, hingga kebutuhan medis. 

Berkembangnya teknologi augmented reality, membuka banyak potensi dalam menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan sangat berguna dalam berbagai bidang industri. Semakin familiarnya masyarakat terhadap teknologi ini, hal tersebut terus mendorong implementasi AR pada bidang yang sangat dibutuhkan yakni kesehatan medis. 

Kira-kira, apa manfaat teknologi AR terhadap industri kesehatan medis? Simak sebagai berikut!

Manfaat Teknologi AR untuk Medis

Manfaat augmented dan virtual reality untuk bedah medis
X-ray Vision AR (Wikimedia Commons/Nevit Dilmen)

Berikut beberapa manfaat teknologi augmented reality, yang dapat diimplementasikan untuk kebutuhan medis, diantaranya adalah:

  1. Teknologi AR dapat membantu navigasi proses operasi, yakni dengan memvisualisasikan organ maupun jaringan internal tubuh. Melalui teknologi ini, dokter dapat melakukan tindakan operasi yang lebih tepat dan mengurangi tingkat resiko kesalahan.
  2. Implementasi AR dalam industri medis, dapat membantu pendidik untuk menyediakan proses pelatihan virtual mengenai pemahaman anatomi tubuh manusia secara efisien dan efektif.
  3. Manfaat teknologi AR untuk medis, yakni memberikan visual proses pengobatan yang efektif, artinya dengan melakukan perancangan perawatan pasien secara mendetail. 
  4. Manfaat selanjutnya, teknologi AR dapat menampilkan X-ray vision yang lebih mendetail, saat melakukan foto rotgen.
  5. Augmented reality juga dapat membantu pasien untuk melakukan proses terapi, dengan menghadirkan pengalaman yang baru. Dalam hal ini, AR dapat membantu mengurangi kecemasan melalui program virtual terpercaya. 

Salah satu manfaat yang telah disampaikan diatas yakni membantu navigasi operasi, telah diterapkan oleh perusahaan AR Augmedics, lho! Simak selengkapnya di bawah ini!

Perusahaan AR Augmedics

Perusahaan AR Augmedics
Perusahaan Augmedics (Augmedics)

Augmedics merupakan perusahaan medis yang mengedepankan dan turut mengembangkan sistem bedah virtual, melalui penerapan teknologi augmented reality.

Teknologi inovatif yang diterapkan oleh perusahaan AR Augmedics telah mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya yakni MedTech Breakthrough 2018 untuk solusi teknologi terbaik untuk ruang operasi dan prosedur bedah.

Augmedics sendiri telah menjadi pelopor internasional dalam menghadirkan sebuah perangkat bedah, yang sangat canggih. Melalui kesuksesannya, Augmedics telah mengumpulkan dana dari investor sebesar $36 juta di kuartal pertama tahun ini, lho! 

Dana tersebut rencananya digunakan untuk pembiayaan pengembangan perusahaan mereka. Siapa saja investor perusahaan AR Augmedics? Yuk, Simak sebagai berikut!

Investor Augmedics

Investor perusahaan digital
Investor AR (Pxhere)
  • H.I.G. Capital

H.I.G. Capital merupakan perusahaan investasi global yang memiliki beberapa kantor di seluruh dunia. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1993 lalu, fokus pada investasi di perusahaan swasta dalam bidang real estate manufaktur, keuangan, dan perawatan kesehatan medis.

  • Revival Healthcare Capital

Investor utama Augmedics yang kedua adalah Revival Healthcare Capital. Perusahaan ini merupakan investor ekuitas privat, yang fokus dalam investasi dalam bidang kesehatan medis. Cara Revival Healthcare Capital berinvestasi, yakni dengan membeli saham mayoritas atau ikut mengendalikan perusahaan kesehatan medis yang berkembang atau membutuhkan modal untuk ekspansi. 

Selain kedua perusahaan investor tersebut, Augmedics juga mendapatkan bantuan dana melalui Almeda Ventures, AO Invest, dan negara Israel. 

Yuk, simak informasi produk yang dikembangkan oleh perusahaan Augmedics di bawah ini!

Xvision Spine System

Digital hardware Xvision Spine System
AR Headset Xvision Spine System (Augmedics)

Xvision Spine System merupakan AR headset, yang dirancang untuk melakukan operasi tulang belakang dengan tingkat efisiensi dan presisi sangat akurat. AR headset ini digunakan oleh dokter bedah untuk memproyeksikan gambar 3D tulang belakang pasien, di mana mereka dapat melihat anatomi secara real time selama operasi berlangsung. 

Selain itu, teknologi ini dapat membantu dokter untuk melakukan proses bedah seperti menempatkan sekrup, pen, dan implan lainnya dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi, sehingga akan mengurangi risiko kegagalan. 

AR headset Xvision Spine System dilengkapi dengan kamera kecil dan algoritma komputasi yang kompleks. Ketika dokter bedah memakai AR headset tersebut, mereka dapat melihat visualisasi tulang belakang pasien lebih jelas dengan bantuan teknologi wireless dan penggunaan yang nyaman.

Solusi inovatif Xvision Spine System buatan Augmedics, telah digunakan dalam beberapa rumah sakit dan klinik di Amerika Serikat. Augmedics sendiri mengungkapkan bahwa, solusi inovatif ini akan meluncurkan fitur dan indikasi baruyang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), lho! Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Fitur baru untuk Xvision Spine System buatan perusahaan AR Augmedics

Perusahaan AR Augmedics tambahkan Fitur Digital AI
Fitur AI (pixabay)

Seperti yang disampaikan di atas, Augmedics akan menghadirkan fitur baru pada AR headset Xvision Spine System. Fitur baru yang akan mereka hadirkan yakni menambahkan teknologi kecerdasan buatan, untuk meningkatkan tampilan gambar dan algoritma akurasi bedah tulang belakang pasien.  

Teknologi AI merupakan fitur yang tepat dalam membantu memperluas  dan meningkatkan kemampuan visualisasi dan kustomisasi Xvision Spine System. Selain itu, Augmedics juga akan menambahkan fitur pembaharuan indikasi pada AR headset Xvision Spine System.  

Indikasi tersebut berhubungan dengan konteks ilmu kedokteran, yang mengacu pada suatu kondisi, gejala, atau keadaan medis tertentu. Melalui penambahan fitur ini, dokter bedah dapat terbantu dalam menjamin dan memberikan penggunaan obat, prosedur, atau terapi tertentu secara tepat untuk pasien mereka. Peluncuran pembaruan fitur dan indikasi tersebut menandakan ekspansi terbesar Xvision, dan menciptakan landasan teknis untuk mengembangkan platform di masa depan. 

Rencananya, pembaruan fitur tersebut akan hadir, setelah Xvision Spine System mencapai jumlah penggunaan sebanyak 3.000 kali dan akan disebarkan ke 21 negara bagian di Amerika Serikat pada awal tahun 2023.

Manfaat Xvision Spine System 

Perusahaan AR Augmedics Xvision
AR headset Xvision (Augmedics)

Kecanggihan AR headset Xvision Spine System, telah memberikan banyak manfaat bagi pasien dan dokter. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Presisi anatomi tulang belakang pasien secara lebih jelas dan akurat, untuk mengurangi resiko kesalahan.
  2. Mengurangi resiko cedera saraf tulang atau jaringan sekitarnya selama operasi berlangsung.
  3. Efisiensi mengurangi waktu operasi yang memakan waktu cukup lama. 
  4. Mengurangi risiko paparan radiasi X-ray, sehingga mempercepat pemulihan pasien.
  5. Visualisasi secara 3D, dengan memberikan pandangan yang lebih jelas dan rinci tentang area yang sedang dioperasi.  
  6. Penggunaan AR headset yang dapat dikostumisasi oleh dokter bedah.

Langkah penggunaan Xvision Spine System untuk augmented reality surgical

Perusahaan AR Augmedics Xvision Spine System
Augmedics Xvision Spine System (Augmedics)

Setelah mengetahui langkah penggunaan Xvision Spine System, berikut adalah langkah  umum dalam menggunakan AR headset Xvision Spine System, saat dilakukan operasi:

  1. Pemindaian CT Scan untuk menghasilkan gambar 3D dari tulang belakang pasien yang bermasalah. 
  2. Hasil gambar tersebut, akan digunakan sebagai dasar untuk navigasi selama operasi bedah berlangsung.
  3. Dokter bedah akan memprogram gambar 3D ke sistem Xvision Spine System dan menentukan rencana operasi.
  4. Saat operasi dimulai, dokter akan memasang perangkat Xvision Spine System yang telah diprogram dan dikostumisasi, agar sesuai dengan rencana operasi.
  5. Setelah itu, Xvision Spine System akan menampilkan gambar 3D yang terintegrasi dengan teknologi AR dan membantu dokter  mengarahkan instrumen bedah ke area yang tepat.

Teknologi luar biasa AR headset Xvision Spine System ini,  telah mendemonstrasikan 99,1% tingkat akurasi proses operasi, lho! Sistem perangkat tersebut juga mampu memberikan panduan penempatan sekrup untuk tulang belakang.  

Secara keseluruhan, Xvision Spine System memungkinkan ahli bedah menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih akurat, dalam memberikan proses operasi yang signifikan untuk perluasan indikasi kompleks.


Berikut informasi mengenai perusahaan AR Augmedics, yang telah menciptakan produk canggih yakni Xvision Spine System. AR merupakan teknologi terdepan, yang dapat menghadirkan inovasi dalam bidang medis untuk menavigasi proses operasi yang rumit.

Augmedics merupakan salah satu perusahaan yang sukses, untuk memberi terobosan canggih ke dalam industri kesehatan dan perawatan medis. Hal tersebut merupakan pencapaian luar biasa, di mana Augmedics turut serta memperkenalkan kecanggihan AR yang dapat dikembangkan dalam bidang apapun. 

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga! 

Bagikan ini: