Perangkat Metaverse yang Wajib Kamu Miliki di Tahun 2023!
Beranda /
Blog /
Perangkat Metaverse yang Wajib Kamu Miliki di Tahun 2023!
16 December 2022

Perangkat Metaverse yang Wajib Kamu Miliki di Tahun 2023!

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan zaman membuat banyak teknologi canggih dan baru bermunculan. Salah satunya adalah metaverse. Metaverse merupakan sebuah istilah teknologi yang mendapatkan ketenarannya, setelah Facebook merubah nama mereka menjadi Meta pada akhir 2021 silam.

Untuk bisa masuk ke dalam dunia virtual ini, pengguna diharuskan memiliki perangkat yang dapat membawanya masuk ke dunia baru. Sekilas, kamu mungkin berpikir bahwa teknologi metaverse mirip dengan virtual reality. Hal tersebut tidak salah karena virtual reality merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk membuat platform metaverse.

Sekarang, pengguna dapat masuk ke dalam metaverse melalui 3 jenis perangkat. Ingin tahu perangkat apa saja yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke metaverse?

tampilan dunia virtual decentraland

Masuki dunia virtual melalui smartphone

Tahukah kamu kalau kamu bisa mengunjungi dunia virtual hanya dari smartphone? Beberapa aplikasi yang tersedia di ponsel pintar sudah dapat kamu gunakan untuk merasakan berbagai fitur dan masuk ke metaverse.

Beberapa contohnya seperti:

Uhive

Social metaverse pertama di dunia ini mungkin sekilas terlihat seperti media sosial pada umumnya. Namun, kamu dapat melakukan transaksi jual beli NFT di dalam aplikasi ini menggunakan token Uhive, loh!

Meskipun tidak memiliki konsep dunia virtual baru seperti yang banyak dibicarakan, tapi Uhive sudah dapat dibilang sebagai platform metaverse karena memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi digital.

Roblox

Siapa yang tidak tahu Roblox? Game satu ini awalnya dibuat dengan konsep sederhana, di mana pengguna dapat berpindah tempat untuk bermain sesuai keinginan.

Dibuat pada tahun 2006, siapa yang menyangka kalau Roblox sekarang dapat berfungsi sebagai game dan juga platform metaverse terkenal? Banyak merek besar yang telah melakukan kolaborasi dan mendirikan toko digital-nya di dalam aplikasi Roblox. Beberapa diantaranya seperti NFL, Nike, Forever 21, Hyundai, dan lain sebagainya.

Berbagai merek besar tersebut mencoba untuk menjual produk NFT pada toko digital yang mereka miliki. Beberapa produk NFT yang dijual juga memiliki bentuk fisik, sehingga bisa kamu gunakan di dunia nyata.

dunia virtual horizon worlds

Headset VR

Headset VR merupakan salah satu perangkat yang paling umum digunakan untuk benar-benar bisa masuk ke metaverse dan mengakses dunia virtual yang dibayangkan. Perangkat satu ini mulai mendapatkan ketenarannya pada 2014, seiring dengan perilisan Oculus VR. Untuk bisa mengaktifkan perangkat ini, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang bagus, ya.

Seiring dengan perkembangan waktu, terdapat berbagai jenis headset VR yang bisa kamu temukan di pasaran. Berikut beberapa rekomendasi headset VR yang bisa kamu gunakan:

Sony Playstation VR 2

Sony Playstation VR 2 merupakan salah satu perangkat VR terbaru dari Sony, yang dibuat khusus bagi kamu pecinta gaming. Perangkat satu ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti eye tracking, headset feedback, In-headset vibration, cinematic mode, audio 3D, dan lain sebagainya.

sony playstation vr 2

Selain itu, perangkat ini juga memiliki teknologi baru yang dapat melakukan scanning pada ruangan tempat pengguna bermain. Saat scanning dilakukan, perangkat dapat mengetahui berbagai objek yang ada di ruangan tersebut sehingga pengguna dapat bermain dengan lebih aman.

Teknologi scanning yang dimiliki banyak ditunggu-tunggu publik karena memiliki fungsi yang sama seperti kacamata AR dan mixed reality headset. Salah satu produk perangkat VR yang memiliki fungsi sama adalah Meta Quest 2, tapi belum ada perangkat khusus gaming yang bisa melakukan teknologi tersebut.

HTC Vive Focus 3

HTC Vive Focus 3 merupakan perangkat VR standalone yang tidak membutuh gadget lain (komputer) untuk bisa digunakan. Perangkat satu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan profesional dan bisnis, tapi tetap bisa digunakan untuk bermain game.

HTC Vive Focus 3 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya digemari publik. Beberapa diantaranya seperti kualitas grafis dengan resolusi 5K, tampilan visual hingga 120°, refresh rate 90 Hz, dan 2 unit controller canggih yang memiliki banyak fitur canggih.

Meta Quest 2

meta quest 2

Meta Quest 2 atau yang sebelumnya bernama Oculus Quest 2 merupakan salah satu produk headset VR paling populer. Hal ini dikarenakan produk satu ini diproduksi oleh Oculus, salah satu perusahaan headset VR pertama yang memulai kepopuleran perangkat virtual reality.

Meta Quest 2 juga merupakan perangkat VR standalone sehingga tidak membutuhkan gadget lain untuk dapat digunakan. Beberapa spesifikasi yang dimiliki produk ini, seperti:

  • Penggunaan layar LCD dengan resolusi 1832 x 1920
  • 3 pilihan refresh rate yakni 60, 72 dan 90 Hz
  • 2 pilihan memori internal berukuran 128 GB dan 256 GB
  • Kapasitas RAM 6 GB yang dipadukan dengan chipset Qualcomm Snapdragon XR2

HP Reverb G2

HP Reverb G2 merupakan salah satu perangkat VR lain yang banyak digunakan untuk kebutuhan profesional dan bisnis. Produk satu ini merupakan hasil kerja sama antara HP dan Valve. Beberapa resolusi yang dimiliki HP Reverb G2, seperti:

  • Penggunaan panel LCD dengan resolusi 2160 x 2160
  • Memiliki 4 lensa kamera yang berada pada headset VR
  • Dilengkapi speaker berkualitas dari Valve yang berjarak 10mm dari kuping, sehingga nyaman didengarkan
  • Kapasitas RAM 8 GB
  • Menggunakan prosesor Intel® Core™ i5, i7, Intel® Xeon® E3-1240 v5, atau yang lebih baik

Meskipun begitu, produk satu ini bukanlah perangkat VR standalone, sehingga membutuhkan perangkat tambahan (PC) dan internet agar bisa digunakan.

Smart glasses augmented reality

penggunaan augmented reality glasses

Smart glasses augmented reality merupakan perangkat lain yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke dalam dunia virtual. Meskipun belum terlalu terkenal di publik, perangkat satu ini bisa jadi pilihan kamu karena memiliki desain yang lebih sederhana dan juga ringan.

Banyak pihak yang juga mengatakan bahwa perangkat satu ini lebih mudah digunakan dan terintegrasi dengan aktivitas sehari-hari. Saat menggunakannya, kamu dapat melihat filter AR di dunia nyata, yang hadir melalui perangkat ini.

Berbagai perusahaan teknologi masih berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk smart glasses augmented reality terbaik mereka, karena berbagai kemungkinan dan potensi yang dimiliki perangkat satu ini.

Untuk sekarang, terdapat beberapa produk kacamata AR yang bisa kamu miliki seperti Microsoft HoloLens 2 dan Google Glass Enterprise Edition 2.


Nah, sekarang apakah kamu sudah tahu berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk masuk ke dunia virtual metaverse? Pilih perangkat VR yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas kamu di dalam metaverse, ya.

Kalau kamu ingin tahu informasi terbaru terkait teknologi lainnya, kamu bisa kunjungi blog metaNesia. Eh tapi, tahukah kamu kalau Indonesia telah memiliki platform metaverse pertama buatan anak bangsa bernama metaNesia?

metaNesia merupakan platform metaverse pertama buatan anak bangsa, yang berada di bawah Telkom Indonesia. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai hal mulai dari bermain, bertemu dengan orang baru, mengikuti acara atau workshop online, hingga menonton konser virtual.

Daripada penasaran, mending unduh aplikasi metaNesia dan rasakan pengalamannya langsung!