Pilihan Platform Metaverse di Dunia, Ada yang dari Indonesia Loh!
Beranda /
Blog /
Pilihan Platform Metaverse di Dunia, Ada yang dari Indonesia Loh!
16 November 2022

Pilihan Platform Metaverse di Dunia, Ada yang dari Indonesia Loh!

Metaverse adalah contoh terbaru dari keajaiban inovasi teknologi. Orang-orang telah mencari platform metaverse terbaik untuk mencoba teknologi baru. Metaverse adalah dunia virtual, mencakup segala sesuatu yang digital dalam satu alam semesta bersama. Bagi yang senang akan karya novel dan film fiksi ilmiah, pasti telah menemukan petunjuk atau gambaran mengenai metaverse.

Misalnya, Ready Player One dan Tron menunjukkan kepada kita sekilas tentang alam semesta virtual, di mana orang-orang dari dunia nyata dapat berpartisipasi dalam pengalaman virtual. Meskipun kita menemukan banyak penekanan unsur game dalam platform metaverse sekarang, pengalaman metaverse akan berkembang setiap waktunya.

Di sisi lain, platform metaverse yang ada saat ini dapat menunjukkan bagaimana metaverse dapat merevolusi masa depan layanan dan solusi digital. Artikel berikut ini akan mengupas detail tentang beberapa platform metaverse di dunia yang saat ini sudah ada dan harus dicoba semua orang. Mau tahu platform metaverse apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

Definisi Platform Metaverse

Definisi metaverse telah diartikulasikan dari perspektif yang berbeda. Penjelasan paling umum untuk platform metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan orang untuk berpartisipasi, berekspresi, berinteraksi di dalamnya sebagai avatar 3D. Namun, kamu perlu jawaban atas pertanyaan penting lainnya sebelum mencari platform metaverse.

Apa itu platfom metaverse? Platform metaverse pada dasarnya adalah platform virtual yang membantu pengembang dalam menciptakan pengalaman virtual yang baru dengan memanfaatkan augmented reality, virtual reality, dan banyak teknologi lainnya. Kamu juga dapat menganggap platform metavere sebagai jembatan antara dunia fisik dan virtual.

Baca Juga: Metaverse metaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata

Daftar Metaverse yang Ada di Dunia

Pencarian akan platform metaverse pada tahun 2022 didorong oleh meningkatnya atensi pada potensi metaverse. Perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Microsoft, dan Nvidia sedang megerjakan akan solusi metaverse versi masing-masing perusahaan. Ke mana metaverse akan membawa kita? Kamu bisa menemukan jawabannya dalam daftar berikut ini.

Decentraland

Pilihan platform metaverse: Decentraland
Source: Decentraland

Salah satu pelopor teknologi metaverse, Decentraland, patut mendapat perhatian di  antara platform metaverse karena mempunyai potensi yang luar biasa. Decentraland adalah platform di mana pengguna dapat membuat, memperdagangkan, memonetisasi, dan menjelajahi dunia virtual. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengeksplor kreatifitasnya dalam membuat karya seni dan pengalaman virtual lainnya.

Di dalamnya, para pengguna tidak hanya bermain game dan berinteraksi, dapat juga melakukan pembelian non-fungible token (NFT) dan tanah virtual. Menariknya, platform ini adalah virtual reality (VR) di mana tanah virtual 3 dimensi (3D) dimiliki secara permanen oleh komunitas yang memberi para anggotanya kontrol mutlak atas kreasinya.

Decentraland juga menawarkan kesempatan untuk menjelajahi pengalaman metaverse di bidang virtual tanah pengguna lain. Sebagai salah satu platform metaverse terbesar, Decentraland menawarkan kesempatan unik untuk belajar serta menikmati pengalaman virtual. Pengguna dapat membeli dan menjual sebidang tanah virtual bersama aset seperti nama dan avatar dengan Decentraland Marketplace.

Sandbox

Pilihan platform metaverse: Sandbox
Source: Sandbox

Sandbox tidak diragukan lagi sebagai salah satu tambahan wajib di antara daftar metaverse berdasarkan popularitasnya. Sandbox adalah metaverse game NFT terdesentralisasi berdasarkan blockchain Ethereum. Pengguna dapat menggunakan Sandbox untuk membuat, menjual, membeli, dan memonetisasi NFT.

Sebagai platform berbasis komunitas, Sandbox memungkinkan pemain dan pembuat konten untuk memonetisasi aset digital mereka dan pengalaman bermain game lainnya di jaringan blockchain. Sandbox adalah platform metaverse populer yang menawarkan kebebasan penuh untuk menunjukan bakat pemain dalam berinovasi. Sandbox juga menawarkan fitur untuk mengadakan pesta dan pameran atau membuat dan menyesuaikan bidang tanah virtual.

Bagi yang memiliki pertanyaan seperti “Apa itu platform metaverse?” dapat menemukan jawaban mereka di whitepaper Sandbox. Whitepaper adalah panduan komprehensif tentang semua kemampuan Sandbox dan detail penting lainnya. Pengguna Sandbox dapat mengontrol tata kelola platform melalui organisasi otonom yang terdesentralisasi.

Illuvium

Pilihan platform metaverse: Illuvium
Source: Illuvium

Selanjutnya dalam daftar platform metaverse adalah game petualangan RPG terdesentralisasi lengkap dengan fasilitas untuk mengoleksi, Illuvium. Dikembangkan bersama Immutable X L2 Network di blockchain Ethereum, Illuvium telah menjadi salah satu platform metaverse yang populer.

Game ini mengharuskan pemain untuk menjelajahi lanskap besar dan beragam untuk berburu dan mengumpulkan makhluk ajaib, yang dikenal sebagai Iluvial. Fitur menarik lainnya dari platform metaverse ini adalah fasilitas timeline metaverse. Pemain dapat menikmati pengalaman storytelling di samping desain game yang canggih.

Yang terpenting dari semuanya, Illuvium telah berhasil menarik minat para pemain dengan pengalaman gameplay yang imersif. Akibatnya, ini adalah salah satu platform metaverse terbaik yang telah menarik minat industri selain gamer. Beberapa perusahaan terkenal yang telah berminat pada Iluvium termasuk Immutable X, Influx, Bitcoin.com, Blockchain Game Alliance, dan Lotus Capital. Hal yang paling mencolok dari Iluvium mengacu pada peluang untuk menghindari biaya GAS untuk setiap transaksi. Illuvium juga memanfaatkan fitur-fitur Immutable X untuk menjaga penyimpanan aset yang aman.

Metahero

Pilihan platform metaverse: Meta Hero
Source: Meta Hero

Dikembangkan oleh Wolf Digital World, Metahero berfungsi sebagai pintu gerbang ke dunia metaverse. Platform metaverse menampilkan pemindaian 3D dan teknologi pemodelan untuk memfasilitasi dunia yang imersif dengan gadget dan avatar. Keunggulan teknologi Metahero dapat membantu dalam membuat avatar 3D realistis di samping item virtual.

Pengguna dapat memanfaatkan item virtual metaverse Metahero di berbagai game, media sosial, mode online, dan pengalaman VR. Selain itu, teknologi di balik Metahero dapat membantu mengubah koleksi dan karya seni asli menjadi NFT. Metahero dapat menjadi salah satu platform metaverse yang populer pada tahun 2022.

Axie Infinity

Axie Infinity
Source: Axie Infinity

Entri populer lainnya di antara platform metaverse teratas saat ini akan mengacu pada Axie Infinity. Faktanya, Axie Infinity menunjukkan visi yang lebih baik tentang apa yang dapat kamu harapkan dari masa depan metaverse. Platform metaverse game menampilkan robot terbang, makhluk ajaib, mutan, dan binatang terbang.

Metaverse Axie Infinity mencakup banyak makhluk menarik, yang disebut sebagai Axies. Pemain dapat membelai makhluk itu dan menggunakannya untuk berbagai tugas dalam permainan. Misalnya, pemain dapat membangun, memperluas, atau mempertahankan alam semesta mereka dengan menggunakan makhluk, yang juga dikenal sebagai Axies. Pemain juga dapat menggunakan Axies dalam pertempuran dan perang dengan alam semesta lain dalam permainan.

Axie Infinity lebih mirip game multipemain daring lainnya dengan misi, yang harus diselesaikan pemain untuk naik ke level lanjutan. Ini adalah salah satu platform metaverse terbaik dengan aplikasi game karena pemain harus menggunakan taktik dan strategi baru dalam suatu konflik. Game ini memanfaatkan teknologi blockchain untuk membantu pemain dalam menciptakan sistem ekonomi yang unik dan kompleks di dalam dunia game.

Roblox

Roblox
Source: Roblox

Daftar platform metaverse yang harus kamu coba saat ini rasanya tidak lengkap tanpa Roblox. Ini adalah platform game online yang memungkinkan pemain untuk membuat game mereka sendiri. Sekarang, ini adalah platform metaverse dengan beragam pengalaman virtual untuk semua pengguna, terutama pengalaman VR.

Dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, Roblox memiliki peluang yang lebih baik untuk menuju masa depan metaverse. Visi membawa semua pengalaman di bawah satu atap adalah hal paling khas dari Roblox, selain dari pengalaman VR yang unik.

metaNesia

metaNesia

Terakhir, yang tak kalah penting adalah metaverse dari Indonesia, metaNesia. Hadir dengan tujuan membangun sebuah platform metaverse untuk mendukung digitalisasi serta memantapkan langkah Indonesia masuk ke dalam metaverse yang dapat digunakan sebagai sarana berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi tanpa adanya batasan.

metaNesia dapat menjadi penghubung atau hub bagi metaverse lainnya di Indonesia untuk sama-sama membangun dan menumbuhkan ekonomi digital Indonesia.

Pengguna dapat dengan bebas mengekspresikan diri melalui avatar sesuai dengan keinginannya. Tanpa harus memiliki “wallet”, metaNesia dapat diakses dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Didukung dengan teknologi AR dan VR, sehingga dapat dengan mudah diakses tanpa alat khusus seperti oculus.

Sebuah penghubung atau hub berupa mall yang dapat dijelajahi. Di sini, Pengguna juga dapat berpindah ke hub yang lain yang ada di metaNesia dengan menghampiri bola dunia yang ada di tengah area Hub yang nantinya akan meminta user untuk mengklik tulisan yang muncul.

Selain menjadi hub sebagai portal ke hub yang lain, pengguna dapat berbelanja produk fisik dan digital di dunia virtual dengan interaksi pelayanan secara langsung mengenai informasi produk maupun simulasi produk di dunia metaverse.

 

Platform metaverse paling populer yang diuraikan dalam artikel ini menunjukkan potensi yang beragam. Saat orang mencari daftar platform metaverse teratas, rasa ingin tahu tentang potensi metaverse menjadi semakin meningkat. Pelajari lebih lanjut tentang metaverse melalui metaNesia dan raih kesempatan untuk menjadi bagian dari masa depan. Ingin mencoba metaverse? Klik di sini!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue