Daftar Profesi Baru di Era Metaverse

Daftar Profesi Baru di Era Metaverse

profesi baru era metaverse
Metaverse Virtual Space World Place Communication (Max Pixel)

Konsep metaverse telah ada selama beberapa dekade. Tetapi kemajuan teknologi beberapa tahun belakangan ini menjadikan dunia virtual mulai dapat diwujudkan sepenuhnya. Sehingga, muncul peningkatan kebutuhan akan berbagai profesi baru era metaverse untuk membantu merancang dan menciptakan dunia virtual ini.

Istilah metaverse sendiri digunakan untuk mendeskripsikan kolaborasi antara teknologi virtual reality dan augmented reality yang diakses melalui browser atau headset. Hal tersebut memungkinkan orang untuk berinteraksi secara real-time dari jarak jauh. Inilah mengapa Metaverse dapat diartikan sebagai dunia virtual tanpa batas.

Dalam konsep metaverse, pengguna dapat merasakan dunia nyata dalam ekosistem digital seperti bermain game, simulasi, berkomunikasi, dan kebutuhan bisnis. Biasanya, metaverse diakses melalui platform dengan teknologi virtual reality (VR) dan teknologi lain seperti augmented reality, virtual reality, dan blockchain.

Beberapa contoh perusahaan yang telah membuat dunia digitalnya sendiri melalui platform metaverse, seperti Microsoft di bidang teknologi, ZARA, hingga SoftBank. Seiring dengan perkembangan metaverse, akan muncul beberapa profesi baru. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Construction engineer

construction engineer, salah satu profesi baru era metaverse
Real Outside Estate Engineer Construction Site (Max Pixel)

Profesi baru di era metaverse ini diperlukan untuk merancang dan membangun bangunan yang menyerupai dunia nyata. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab menyusun pola dunia metaverse, mulai dari desain, bentuk, konstruksi, dan penyelesaiannya. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi para desainer dan engineer di era dunia digital saat ini.

Karena mendesain metaverse memerlukan penciptaan dunia digital yang sangat baru dan imersif, para designer perlu memperluas keahlian mereka untuk memasukkan berbagai disiplin ilmu pengetahuan baru. Desainer harus mempelajari berbagai perkembangan informasi mulai dari bidang ekonomi, perencanaan kota, hingga antropologi agar bisa beradaptasi dalam teknologi virtual metaverse ini.

Metaverse cyber security

data security, aspek penting dalam menjaga keamanan data di era metaverse
Cyber Security (needpix)

Meskipun industri metaverse merupakan teknologi baru di bidang teknologi, industri ini merupakan target utama bagi para cyber untuk menyerang informasi keamanan digital. Metaverse sangat rentan terhadap serangan cyber dan pencurian data. Beberapa prosedur keamanan digital akan diperlukan untuk menjamin bahwa pengguna aman saat menggunakan metaverse.

Di sinilah seorang cyber security untuk metaverse dibutuhkan untuk melindungi keamanan digital pengguna. Pencegahan serangan keamanan digital secara real-time adalah bagian dari pekerjaan ini, seperti halnya memastikan hukum dan protokol diperbarui secara tepat waktu.

Fashion designer virtual reality

profesi baru era metaverse ini berperan untuk membuat tampilan avatar lebih menarik
Fashion Designer (Pexels)

Profesi ini cukup tren di era metaverse, karena seorang fashion designer dapat meningkatkan pengalaman pengguna melalui tampilan avatar yang mewakili identitas virtual mereka di dunia metaverse. Seorang fashion designer memberikan sentuhan yang indah melalui desain pakaian modis yang mereka buat di dunia metaverse, agar para pengguna dapat tampil menarik. Di sinilah tugas fashion designer dibutuhkan, baik sebagai penata gaya pribadi maupun mendandani avatar sesuai keinginan pengguna.

Metaverse planner

metaverse planner, profesi baru era metaverse
Playing Game with Virtual Reality (Max Pixel)

Metaverse planner harus mempunyai kemampuan merencanakan dan mengimplementasikan semua masalah fungsionalitas ke dalam dunia virtual. Bekerja sebagai metaverse planner di era digital mengharuskanmu untuk merancang konsep metaverse sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis tertentu. Keterampilan software engineering dan menganalisis minat pasar, ditambah kemampuan untuk mendesain sistem yang memfasilitasi minat tersebut, akan sangat membantu seorang metaverse planner dalam melakukan tugasnya. 

Metaverse world builder

Profesi yang satu ini bertanggung jawab atas pembuatan lingkungan virtual dalam ekosistem metaverse. Keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang world builder tidak jauh berbeda seperti profesi desainer video game. Kamu perlu memiliki kemampuan desain grafis, memiliki pengalaman di bidang pengembangan dan mampu menguasai JavaScript, WebSocket, Python, dan layanan Web RESTful.

Para world builder menggunakan berbagai alat dan teknik untuk menciptakan dunia virtual agar dapat terlihat serealistis mungkin. Seorang metaverse world builder dapat menciptakan berbagai macam metamesta, mulai dari gurun dan pegunungan hingga kota dan lautan. World builder juga dapat membuat berbagai macam karakter penghuni metamesta yang dapat berinteraksi dengan pengguna.

World Builder memiliki peran kunci dalam mewujudkan pengalaman yang menarik dan interaktif di dalam dunia Metaverse. Seorang world builder juga bertugas untuk menerjemahkan ide desain, konsep, scripting, dan pengembangan konten dari metaverse architects dan metaverse storyteller.

Metaverse storyteller

Munculnya virtual reality dan platform metaverse menawarkan peluang baru bagi dunia. Dengan strategi yang tepat, bisnis dapat menggunakan visual storytelling untuk menciptakan pengalaman yang menakjubkan dan berkesan bagi audiens mereka.

Munculnya storyteller di metaverse bisa menjadi cara baru bagi perusahaan untuk mengenalkan produknya kepada audiens melalui cerita menggunakan gambar, video, dan elemen visual lainnya. Ini adalah cara yang efektif untuk melibatkan audiens agar membangkitkan minat mereka pada produk atau layanan perusahaanmu.

Jenis pekerjaan ini bertanggung jawab merancang riset mendalam bagi pengguna untuk menjelajahi dunia virtual. Metaverse storyteller merupakan profesi baru di era metaverse yang perlu membuat skenario dalam bentuk narasi. Seseorang harus memiliki dasar pendidikan seperti jurusan sastra atau memulai karier di perusahaan teknologi digital, khususnya game untuk menjadi ahli dalam bidang pekerjaan ini.

Metaverse product manager

product manager, profesi yang berperan untuk memasarkan produk.
Business Man (Pxhere)

Metaverse product manager akan bertanggung jawab untuk memasarkan produk pengalaman sosial dalam teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). VR memiliki potensi untuk meningkatkan kehadiran jarak jauh dan hubungan antar manusia di segala bidang.

Meskipun pengetahuan teknis diperlukan untuk pekerjaan ini, kamu tidak harus menguasai bahasa pemrogaman untuk memenuhi syarat pekerjaan ini. Namun, pengetahuan dasar diperlukan karena metaverse product manager harus bekerja dengan developer dan storyteller secara teratur.

Selain itu, pekerjaan ini juga bertanggung jawab atas semua inisiatif baru dan mendorong pengembangan produk baru bersama tim developer, engineer, dan designer metaverse. Bisnis besar seperti Oculus dan Meta secara teratur memposting pekerjaan untuk product manager.

Metaverse marketing expert

Setiap bisnis membutuhkan seorang ahli pemasaran untuk berkembang dalam industri mereka, itulah sebabnya ada berbagai macam pekerjaan metaverse untuk ahli pemasaran. Profesi ini bertanggung jawab atas seluruh perencanaan dan pelaksanaan promosi pemasaran seperti kampanye iklan media sosial, dan jenis iklan lainnya. Tugas utama mereka adalah menghasilkan keterlibatan dan ketertarikan untuk produk atau layanan metaverse.

Pemasaran adalah praktik yang terus berkembang, oleh karena itu profesi ini harus selalu mengikuti perkembangan berbagai praktik pemasaran dalam ceruk metaverse. Audiens utama untuk proyek-proyek yang berhubungan dengan metaverse adalah generasi milenial dan generasi Z.

Perusahaan-perusahaan metaverse bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sepenuhnya imersif dan mengubah cara individu berinteraksi satu sama lain serta produk dan layanan mereka. Pengetahuan tentang metaverse, NFT, cryptocurrency, dan dunia virtual lainnya sangat penting untuk karier di era metaverse ini.

Blockchain developer

blockchain developer, profesi baru era metaverse yang mengembangkan platform blockchain.
Blockchain Symbol (needpix)

Bidang pekerjaan ini harus bekerja sama dalam sebuah platform blockchain untuk mengembangkan, mempraktikkan, menguji, menerapkan, dan mengelola sistem perangkat lunak serta berkolaborasi dengan software engineer. Kamu juga harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman dan ekosistem yang terdesentralisasi.

Metaverse research scientist

Metaverse Research Scientist bertanggung jawab melakukan riset terkait algoritma dan teknologi baru guna mengembangkan dunia metaverse yang lebih baik, aman, dan terintegrasi. Selain itu, profesi ini juga melakukan penelitian untuk memahami perilaku pengguna dalam metaverse dan membuat skenario pelatihan guna mengembangkan strategi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Seorang research scientist biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi informasi dan matematika. Selain itu, pekerjaan ini juga bertugas untuk merancang dan mengembangkan teknologi metaverse, menjaga keamanan dan privasi, serta menganalisis data milik pengguna.

AR/VR software engineers

profesi ini membutuhkan keahlian programming.
Virtual Reality (Pexels)

Augmented Reality dan teknologi Virtual Reality akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan metaverse. Keahlian yang dibutuhkan untuk pekerjaan metaverse AR/VR adalah memiliki pengalaman dalam C++, C#, Swift, pemrograman server, dan lainnya.

Selain keahlian dalam bahasa pemrograman yang disebutkan di atas, kamu juga harus memiliki pengalaman di bidang teknologi 3D interaktif yang mencakup teknologi virtual reality dan augmented reality.

Keahlian dalam Unity, Autodesk Maya, Unreal Engine, dan Blender pasti akan membantu kamu lebih unggul untuk berkarier di profesi baru di era metaverse ini. Familiar dengan desain UX juga penting, karena ‘permainan’ atau ‘pengalaman’ yang kamu buat harus mulus dan menarik bagi pengguna.

NFT strategist

Non-Fungible Token (NFT), menjadi hal yang biasa di metaverse dan berfungsi sebagai aset digital yang dapat digunakan untuk alat pembayaran di lingkungan virtual metaverse. NFT yang berjalan di jaringan blockchain, memiliki nilai unik karena tidak dapat ditransfer, sehingga akan ada kebutuhan besar untuk NFT strategist karena begitu banyak perusahaan yang menggunakan bitcoin.

Pekerjaan di bidang ini harus memiliki pengetahuan yang luas tentang teknologi blockchain dan mengembangkan konsep dan inisiatif. Untuk menawarkan wawasan dan prospek strategis praktis, kamu harus menganalisis tren industri. Kamu harus membuat rencana yang mengintegrasikan ide, gamifikasi, implementasi taktis, dan desain untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang menarik.


Nah itu dia beberapa daftar profesi pada era metaverse saat ini, dan bisa kamu jadikan referensi untuk memilih pekerjaan baru di bidang teknologi. Ingin tahu informasi lainnya mengenai dunia metaverse? Yuk, kunjungi blog MetaNesia!

Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau membangun sistem metaverse di MetaNesia, hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berdiskusi. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Ayo rasakan pengalaman tinggal dan bekerja di dunia metaverse, dengan mengunduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: