VA, Hadirkan Program Rehabilitasi Virtual Reality untuk Veteran

VA, Hadirkan Program Rehabilitasi Virtual Reality untuk Veteran

Semakin berkembangnya teknologi virtual reality dan augmented reality, hal tersebut meningkatkan potensi besar dalam bidang industri yang berbeda. Salah satunya dalam bidang kesehatan mental, terapi dan rehabilitasi

Dengan penggunaan teknologi lingkungan virtual, hal ini dapat membantu pasien dalam mengatasi ketakutan, kecemasan, dan trauma melalui program rehabilitasi. Tentunya, virtual reality dapat diimplementasikan dengan inovasi luar biasa, seperti menghadirkan program bermanfaat untuk semua kalangan. 

Seperti yang disampaikan di atas, virtual reality dapat menghadirkan program rehabilitasi yang bermanfaat. Yuk, simak selengkapnya manfaat teknologi virtual reality untuk rehabilitasi di bawah ini!

Virtual reality untuk rehabilitasi 

Teknologi virtual dan augmented reality untuk rehabilitasi
Virtual dan Augmented Reality for Rehab (The New York Times/Alina Tugend)

Realitas virtual, telah menjadi teknologi populer dalam mengimplementasi program rehabilitasi untuk membantu pasien pulih dari berbagai kondisi. Penggunaan virtual reality dalam rehabilitasi, memiliki banyak manfaat yang membuatnya menjadi pilihan pengobatan yang efektif.

Salah satu manfaat utama teknologi VR dalam rehabilitasi, adalah memberikan lingkungan yang imersif dan interaktif bagi pasien untuk terlibat secara langsung. Lingkungan ini membantu pasien untuk fokus pada program pelatihan rehabilitasi mereka, dengan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental health secara keseluruhan.

Manfaat lain dari realitas virtual dalam rehabilitasi adalah memberikan lingkungan yang aman dan terkontrol bagi pasien untuk berlatih gerakan dan latihan mereka. Ini sangat berguna untuk pasien yang pulih dari cedera atau operasi yang membatasi mobilitas mereka.

VR rehabilitasi juga memungkinkan rencana perawatan yang dipersonalisasi untuk setiap pasien, agar mencapai ketepatan penyembuhan. Melalui virtual reality, para terapis dapat membuat rencana latihan dengan aktivitas yang disesuaikan. Dengan hal ini, mereka dapat menargetkan, apa yang perlu dilakukan rehabilitasi.

Selain itu, virtual reality program rehabilitasi dapat membantu pasien untuk mendapatkan kemandirian saat berlatih di lingkungan virtual. Hal tersebut, dapat membantu keamanan dalam berlatih keterampilan hidup sehari-hari pasien yang hampir realistis. 

Pada kesimpulannya, teknologi VR memiliki banyak manfaat dalam proses rehabilitasi. Di mana, VR menjadikan alat yang berharga bagi pasien untuk pulih dari berbagai kondisi, contohnya seperti penanganan post-traumatic stress disorder.

Menangani post-traumatic stress disorder (PTSD)

Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD)
Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) (pixabay)

PTSD, atau gangguan stres pasca-trauma, merupakan kondisi kesehatan mental, yang dapat terjadi setelah penderita mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis. Gangguan ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kilas balik, mimpi buruk, dan kecemasan yang parah. Dalam menangani permasalahan kesehatan mental ini, pengobatan untuk PTSD sering melibatkan program terapi dan pemberian obat-obatan. 

Melalui teknologi virtual reality, PTSD dapat ditangani dengan Terapi VR. Terapi VR biasanya dibentuk dalam sebuah simulasi yang mendalam dari peristiwa traumatis pasien. Tujuan dari terapi ini, yakni membantu pasien dalam menghadapi maupun memproses kenangan traumatik mereka dalam lingkungan yang lebih terkontrol dan aman. Terapi VR telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi gejala PTSD dan meningkatkan hasil kesehatan mental secara keseluruhan, lho! 

Hal ini, tentu saja telah dimanfaatkan oleh beberapa organisasi, dalam menghadirkan program rehabilitasi berbasis virtual reality. Salah satu organisasi, yang telah menghadirkan program rehabilitasi virtual reality untuk veteran dalam menangani trauma adalah VA. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Menyajikan program rehabilitasi virtual reality untuk veteran dalam menangani trauma 

Organisasi VA 

Program Rehabilitasi Virtual Reality untuk Veteran Affairs
Program Rehabilitasi Virtual Reality untuk Veteran (Wallpaper Flare)

VA atau kepanjangan dari Veteran Affairs, adalah organisasi pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai manfaat pelayanan bagi para veteran dan keluarga mereka. Misi utama Veteran Affairs, yakni mendukung dan merawat para veteran yang telah bertugas di militer AS.

Salah satu manfaat utama yang diberikan oleh Veteran Affairs adalah perawatan kesehatan, mencakup pengobatan medis, perawatan gigi, dan layanan mental health. Para veteran dapat menerima perawatan di pusat medis dan klinik VA di seluruh negeri, lho! 

Selain perawatan kesehatan, VA juga menyediakan manfaat pendidikan dan pelatihan, seperti bantuan biaya kuliah dan konseling karir. Pada kesempatan tersebut, para veteran dapat terbantu dalam beralih ke kehidupan sipil.

VA juga menawarkan kompensasi, kepada veteran yang mengalami cedera atau penyakit akibat layanan militer merek terdahulu. Kompensasi ini dapat mencakup manfaat keuangan dan bentuk dukungan lainnya.

Secara keseluruhan, Veteran Affairs memainkan peran penting dalam memastikan kesejahteraan, perawatan dan dukungan yang dibutuhkan. Program dan layanan VA, dirancang untuk meningkatkan kehidupan veteran yang telah melayani negara.

Kerja sama dalam mengembangkan program rehab virtual bagi veteran

Program Rehabilitasi Virtual Reality untuk Veteran Seri REAL System y-Series
Seri REAL System y-Series (REAL System)

Kantor Inovasi dan Pembelajaran Kesehatan Veteran (OHIL) VA telah menjalin kerja sama selama tiga tahun dengan Penumbra. Penumbra merupakan organisasi berbasis di Alameda, California, Amerika Serikat yang mengkhususkan diri dalam pengembangan terapi inovatif. 

Hal tersebut dilakukan untuk menguji, mengembangkan, dan meningkatkan solusi teknolog virtual reality yang canggih. Solusi ini pada akhirnya akan meningkatkan akses veteran ke perawatan rehabilitasi pada klinik rawat jalan maupun di rumah, lho!

Melalui kolaborasi ini, VA akan mengembangkan platform dan program terapi yang mengatasi kebutuhan kritis rehabilitasi untuk para veteran. Platform realitas virtual yang digunakan adalah Seri REAL System y-Series. Di mana, platform tersebut mencakup perangkat tablet, VR headset, sensor, perangkat lunak, dan perpustakaan aktivitas berbasis klinis untuk memberikan perawatan.

Tujuan kerja sama tersebut, dilakukan untuk menghasilkan solusi yang dirancang, dikembangkan, dan diimplementasikan dengan matang berdasarkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan perawatan kesehatan veteran. Mereka juga percaya, bahwa teknologi imersif VR menentukan realitas baru dalam perawatan kesehatan veteran yang efektif.

Solusi realitas virtual dalam rehabilitasi bagi veteran

Assessment VR Rehabilitation
VA VR Rehab (REAL System)

Dengan adanya solusi realitas virtual ini, VA dapat menangani program rehabilitasi, diantaranya: 

  • Terapi ortopedi: menangani permasalahan tulang, 
  • Terapi neurorehabilitation: berkaitan dengan gangguan saraf tubuh veteran, 
  • Terapi dan manajemen nyeri kronis pada tubuh. 

Kabarnya, program ini akan tersedia di beberapa organisasi VA seperti Richmond, Asheville, Los Angeles, Des Moines, Orlando, dan Eastern Colorado.


Itulah informasi mengenai program rehabilitasi virtual reality untuk veteran. Hal tersebut, tentu saja dapat menyajikan pengalaman luar biasa untuk memanfaatkan teknologi dunia virtual reality seperti untuk melakukan rehab. metaNesiasebagai penyedia platform metaverse, akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis ya! 

Bagikan ini: