Ragam Penerapan Metaverse di Indonesia, Konser Virtual adalah Salah Satunya!
Beranda /
Blog /
Ragam Penerapan Metaverse di Indonesia, Konser Virtual adalah Salah Satunya!
28 November 2022

Ragam Penerapan Metaverse di Indonesia, Konser Virtual adalah Salah Satunya!

Metaverse adalah istilah yang telah ada selama beberapa waktu, dan Neil Stephenson adalah orang pertama yang menggambarkan gagasan ini dalam novelnya tahun 1992 yang bertajik “Snow Crash”. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, membuat ruang virtual lebih layak dan nyata dari sebelumnya.

Telah banyak platform metaverse yang tercipta, baik itu di dunia maupun di Indonesia sendiri. Penggunaannya pun sangat beragam, mulai dari keperluan hiburan, pekerjaan, kesehatan, sampai dengan keperluan edukasi. Meskipun penggunaannya belum massive, di masa depan kehidupan manusia akan berdampingan dengan teknologi metaverse.

Contoh Penerapan Metaverse di Indonesia

Ada banyak industri yang sudah memanfaatkan metaverse, tetapi masih ada lebih banyak peluang yang bisa didapat. Berikut adalah beberapa kasus penerapan metaverse di Indonesia dan hipotetis untuk teknologi metaverse yang dapat dieksplorasi perusahaan.

Online gaming

Salah satu faktor kunci dalam desain dan implementasi metaverse adalah industri game. Perusahaan game menghabiskan banyak uang untuk penelitian dan pengembangan untuk menciptakan cara baru dan inovatif untuk membawa game ke metaverse.

Game metaverse semakin populer karena memberi pemain pengalaman bermain game yang lebih realistis dan imersif. Proyek metaverse penting untuk generasi baru game play-to-earn. Dengan memainkan game metaverse NFT atau blockchain, kamu dapat memperoleh koleksi dalam game yang berbeda untuk diperdagangkan dengan pemain lain atau di marketplace di luar game itu sendiri.

Selain itu, konten dari game metaverse menyediakan platform tambahan bagi perusahaan untuk membuka peluang pemasaran. Iklan di metaverse tidak mengganggu, muncul di lokasi alami seperti papan reklame game atau pakaian karakter. Hal tersebut memberi brand eksposur dan peluang yang sangat baik untuk penempatan produk di lingkungan game.

Perjalanan dan Pariwisata

Teknologi telah berkembang sedemikian rupa membuat kamu dapat menikmati perjalanan tanpa mengunjungi tujuan secara fisik. Tampilan first-person adalah perbedaan terpenting antara mengunjungi situs wisata secara langsung dan melihatnya di video. Untuk menciptakan dunia digital yang imersif, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dapat digabungkan.

Pariwisata virtual reality adalah salah satu kasus penerapan metaverse di Indonesia. Ada koleksi konten video 360 derajat yang terus bertambah di platform streaming video populer seperti YouTube dan banyak situs hosting konten lainnya.

Konser virtual

Konser virtual adalah pertunjukan yang berlangsung di metaverse atau dunia virtual di mana kemiripan avatar virtual diproyeksikan ke panggung dalam realitas virtual, disinkronkan dengan musik yang telah direkam sebelumnya. Ini adalah cara bagi para penggemar untuk menyaksikan musisi favorit mereka dengan cara baru dan menarik, terutama di bawah dampak covid, merupakan terobosan yang bagus.

Di metaverse, manusia virtual tidak lagi terikat oleh keterbatasan fisik. Penyanyi atau band dapat dengan cepat berganti kostum di dalam konser, atau membuat panggung baru dengan mengubah environment di dunia virtual. Dengan semakin banyak orang menjelajah ke metaverse dan semakin banyak bintang pop virtual memasuki dunia kita, garis antara realitas dan virtualitas menjadi semakin tidak memiliki pembatas.

Baca juga: Metaverse metaNesia | Konser Virtual yang Lebih Imersif

Pelatihan dalam dunia kerja

Platform metaverse yang menggabungkan beberapa teknologi seperti virtual reality dan augmented reality, memungkinkan pelatihan dalam dunia kerja dapat dilakukan. Materi yang disampaikan tetap akan diterima oleh pekerja dengan baik. Hal tersebut dikarenakan proyeksi dari intruksi yang digambarkan melalui teknologi VR dan AR dibuat semirip mungkin dengan di lapangan. Sehingga, kecelakaan kerja saat pelaksanaan pelatihan pun dapat diminimalisir, bahkan tidak ada.

Private space

Metaverse tidak hanya sebagai tempat publik yang hanya dapat digunakan sebagai ruang bersama. Metaverse juga dapat sebagai ruang pribadi layaknya apartemen yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang memilikinya. Di dalamnya, kamu dapat melakukan aktivitas seperti menyimpan koleksi NFT yang dimiliki atau menonton video di TV yang ada di private space.

Platform Media Sosial

Metaverse bukan sekadar menghadirkan ruang tiga dimensi untuk dilihat dan didengar di komputer atau ponsel. Platform media sosial metaverse akan membantu memberikan pengalaman yang lebih imersif di antara pengguna media sosial dengan membuat rasa kehadiran di antara penggunanya. Perpaduan yang tepat antara AR dan VR membantu memungkinkan pengalaman digital yang jauh lebih realistis daripada kemampuan dunia media sosial saat ini. Karenanya, implementasi metaverse pasti akan membantu platform media sosial untuk berkembang.

Perumahan

Kamu tidak perlu menuju ke lokasi, dan broker properti tidak perlu membuang waktu untuk melihat-lihat puluhan rumah, apartemen, kantor, atau toko. Sebagai gantinya, calon pembeli dapat mengikuti tur properti melalui metaverse, yang hampir tidak ada bedanya dengan berada di lokasi secara langsung.

Perdagangan yang imersif

Mirip dengan platform e-commerce dalam lanskap perdagangan global, metaverse akan berdampak pada perdagangan global di masa mendatang.

Nantinya, brand akan membuka toko virtual di metaverse, di mana pelanggan dapat mengikuti tur virtual 3D dan mencoba berbagai produk sebelum membeli. Setelah melakukan pembelian, kamu akan menerima barang di rumah. Proses berbelanja akan sangat mirip dengan yang kita lihat di dunia nyata sekarang, namun sepenuhnya online.

Tidak akan ada hambatan perdagangan, undang-undang atau batasan yang ketat di masa depan ini. Siapa pun dari negara mana pun dapat berbelanja dari pengecer mana pun.

Kantor Virtual & E-Learning

Pandemi global menyebabkan munculnya sistem kerja jarak jauh. Selama pandemi, para profesional dari berbagai industri sudah terbiasa dengan platform seperti Skype, Microsoft Teams, dan Zoom. Aplikasi tersebut tampak menjanjikan dalam hal memfasilitasi interaksi virtual pekerjaan jarak jauh.

Metaverse, di sisi lain, menawarkan banyak peluang untuk membuat kantor virtual atau lingkungan belajar. Memberikan pengalaman yang membuat kamu merasa bekerja atau belajar di ruangan yang sama.

Potensi pendidikan dan pembelajaran metaverse sama menjanjikannya dengan aplikasi lainnya. Siswa sekarang dapat menonton eksperimen langsung dengan sumber pengetahuan yang lebih mendalam dan berkualitas lebih tinggi. Ini hanyalah awal dari era pendidikan yang baru. Metaverse juga menghilangkan hambatan bahasa dengan memungkinkan siswa dari berbagai negara untuk mendapatkan wawasan dari satu ruang digital tanpa kerumitan sosial dan bahasa.

Kesehatan

Metaverse dapat menjadi pilihan baru dalam perawatan kesehatan dengan biaya lebih rendah dengan hasil yang lebih baik. Sebuah konsep yang didorong oleh metaverse telemedicine dan telehealth pasca-pandemi di mana pasien dan dokter dapat berinteraksi dalam klinik virtual 3D.

Metaverse juga dapat membuat penggunanya lebih sehat melalui latihan dan olahraga digital. Referensi lain adalah teknologi metaverse di mana representasi digital pasien dapat dibuat untuk menguji perawatan dan obat-obatan.


Selain penerapan metaverse dan hipotesis lainnya di Indonesia yang disebutkan di atas, masih banyak penerapan metaverse yang dapat dieskplorasi. Diharapkan metaverse akan berkembang di masa mendatang, yang tentunya akan membuatnya lebih bermanfaat dan menemukan berbagai penerapan lainnya.

metaNesia sebagai platform metaverse di Indonesia, selalu berkembang agar banyak hal yang dapat dilakukan di dalamnya. Download aplikasinya di sini untuk mencoba menjelajah di metaverse!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue