Survei Properti dengan Real Estate Virtual Tour

Survei Properti dengan Real Estate Virtual Tour

Real estate virtual tour untuk industri properti
Virtual Reality untuk industri properti (Program.Ace)

Situasi pasar properti di Indonesia diperkirakan masih akan terus tumbuh di tahun 2023, sejalan dengan para pengembang yang masih gencar mengeluarkan tipe produk properti terbaru. Namun, persaingan di industri ini terbilang sangat ketat. Sebagai agen properti, kamu perlu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis propertimu, sehingga dapat bersaing dengan agen properti lain dari dalam maupun luar negeri.

Survei properti menggunakan real estate virtual tour telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Virtual tour ini biasanya berbasis virtual reality atau augmented reality, sehingga bisa memberikan pengalaman yang interaktif kepada calon pembeli atau penyewa properti.

Sebelum membahas tentang real estate virtual tour, kamu perlu memahami apa itu virtual tour dan mengapa penting bagi industri properti. Yuk, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa itu real estate virtual tour?

Real estate virtual tour
Menjual Real Estate dengan Virtual Reality (Looking Glass XR)

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang real estate virtual tour, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan virtual tour. Secara istilah, virtual tour adalah pengalaman menjelajahi dan mengunjungi suatu tempat melalui media digital.

Awalnya, untuk mengakses virtual tour, kamu harus menggunakan headset VR untuk mengunjungi sebuah tempat secara virtual. Namun, seiring perkembangan teknologi, sekarang kamu dapat mengunjungi apapun hanya dengan PC atau smartphone melalui gambar 360 derajat, yang membuat pengalaman pengguna lebih imersif.

Dalam virtual tour, gambar atau video 360 derajat dapat mereplikasi lingkungan fisik suatu tempat hanya melalui komputer atau smartphone. Kamu juga dapat menggerakkan pandanganmu ke segala arah, memilih destinasi yang ingin dikunjungi, dan mendapatkan informasi tambahan melalui teks atau audio yang disediakan.

Sedangkan real estate virtual tour adalah sebuah alat yang digunakan oleh para agen real estate untuk memasarkan properti kepada para calon pembeli. Dengan virtual tour, calon pembeli dapat merasakan pengalaman yang mendekati nyata saat akan membeli rumah atau bangunan lainnya.

Apakah VR tour membatu meningkatkan penjualan rumah?

Uji coba real estate virtual tour
Penggunaan VR pada Real Estate (4Experience)

Virtual tour telah mengubah industri real estate, mungkin kamu setuju dengan pernyataan tersebut. Dimana teknologi ini telah menjadi strategi pemasaran yang menguntungkan bagi agen real estate dan pembeli.

Dengan teknologi ini, para agen real estat menjadi lebih terbantu, dan calon pembeli juga dapat menemukan properti yang mereka inginkan dengan mudah dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa vitural tour dapat membatu dalam mencapai kesepakatan antara penjual dan pembeli:

  • Tur virtual reality ini mensimulasikan pengalaman penelusuran seperti nyata, sehingga membuat kamu merasa seolah-olah berada di dalam properti secara fisik. Dengan tur virtual reality (VR), kamu akan dibawa ke dalam peragaan properti dengan menampilkan detail seperti ruang, cahaya, furnitur, dan material.
  • Mudah untuk dibagikan, kamu dapat langsung mencoba tur virtual melalui situs yang telah disediakan. Hanya dengan mengeklik tautan atau memindai kode QR dari smartphonemu.
  • Mempersingkat waktu, sebagai agen properti, kamu tidak akan kehilangan waktu untuk melayani pembeli yang tidak tertarik. Hanya calon pembeli yang tertarik yang akan berkomunikasi denganmu melalui tur virtual, karena mereka sudah memiliki gambaran visual terkait properti yang akan dibelinya.

Layanan virtual tour di Indonesia

Penerapan Real estate virtual tour
Merubah Industri Real Estate dengen VR (ArchiCGI)

Membeli properti bukanlah keputusan yang mudah bagi calon pemilik rumah. Sebagai agen properti, biarkan para calon pembeli merasa bahwa keputusan dan pilihan mereka tepat sasaran.

Dengan memandu mereka melalui virtual tour, kamu sudah membantu meredakan kecemasan dan keragu-raguan mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun layanan virtual tour bagi industri propertimu.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembuatan metaverse maupun virtual reality. Salah satunya adalah MetaNesia.

Sebagai bagian dari Telkom Indonesia, MetaNesia telah bekerja sama dengan lebih dari 25 lembaga negara dan perusahaan besar di Indonesia. MetaNesia menyediakan layanan dan jasa virtual tour, metaverse, dan produk teknologi seperti VR/AR dan blockchain.

Pembuatan tur virtual sendiri dibanderol dengan harga yang fleksibel, menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing agen properti. Kamu dapat mencoba layanan VR Tour dari MetaNesia. Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan virtual reality dan video 360 derajat berkualitas tinggi, yang hemat biaya dan sangat realistis. Kunjungi website MetaNesia dan dapatkan penawaran terbaik di sana.


Itulah pembahasan mengenai penggunaan virtual reality (VR) tour pada industri real estate. Penasaran dengan berita lain seputar teknologi virtual reality (VR)? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi lain seputar teknologi.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia virtual metaverse. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, blockchain dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Rasakan pengalaman masuk ke dunia metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang juga!

Bagikan ini: