5 Rekomendasi Aplikasi VR untuk Relaksasi yang Bisa Kamu Coba!

5 Rekomendasi Aplikasi VR untuk Relaksasi yang Bisa Kamu Coba!

Relaksasi dengan perangkat VR
VR Relaxation (Pxfuel)

Teknologi virtual reality (VR) telah digunakan beberapa tahun kebelakang, sebagai alat baru yang membantu pengguna untuk meditasi, relaksasi, maupun mendukung proses terapi. Semakin banyaknya inovasi teknologi VR di masyarakat sosial, hal tersebut mendukung banyaknya perusahaan besar maupun perintis dalam membentuk aplikasi VR untuk relaksasi yang bisa kamu coba! 

Yuk, simak 5 rekomendasi aplikasi VR untuk relaksasi yang bisa kamu coba, di bawah ini!

Daftar rekomendasi aplikasi VR untuk relaksasi 

Liminal VR

Aplikasi Liminal VR
Platform Liminal VR (Liminal VR)

Aplikasi VR relaksasi pertama, yang bisa kamu coba adalah Liminal. Liminal VR merupakan platform yang dirancang untuk membantu pengguna dalam merubah gaya hidup, melalui relaksasi seru. Aplikasi ini dilengkapi dengan algoritma cerdas dan teknologi berbasis studi saraf otak manusia, untuk menciptakan pengalaman VR imersif dan mendalam melalui fitur pendukung.

Saat menggunakan aplikasi ini, nantinya kamu akan disajikan fitur pemilihan mode yang cocok menggambarkan perasaanmu saat mengaksesnya. Terdapat empat kategori mode yang bisa kamu pilih yakni Calm, Energy, Pain Relief dan Awe

Setelah memilih mode yang menyesuaikan suasana perasaanmu, aplikasi ini akan menyajikan mini games dan visual imersif, lho! Kamu dapat mengurangi penat dan meredakan kecemasan, melalui tampilan visual dan audio yang menenangkan. 

Menariknya, Liminal VR akan memberikan laporan digital personal, melalui diagram dan skala yang dijelaskan secara terperinci. Informasi tersebut juga akan menjelaskan perbandingan sebelum menggunakan aplikasi dan sesudah mengaksesnya. Melalui laporan ini, kamu dapat mengetahui peningkatan perasaanmu setelah mengakses aplikasi Liminal VR.

Selain dapat digunakan untuk umum, platform Liminal VR juga dapat diakses oleh psikolog dan terapis profesional, lho! Untuk menggunakannya, kamu dapat mengakses aplikasi ini secara gratis dan menggunakan perangkat pendukung seperti Meta Quest 2, Meta Quest Pro, dan Windows Mixed Reality headset.

Aplikasi virtual reality TRIPP 

Rekomendasi aplikasi VR untuk relaksasi TRIPP
TRIPP VR (TRIPP)

Rekomendasi aplikasi VR yang kedua yakni TRIPP. TRIPP merupakan penyedia platform visual imersif, yang membuat penggunanya lebih rileks. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengurangi tingkat kecemasan, melalui pengalaman VR yang menenangkan dan mendalam. 

Setiap visual VR yang disajikan oleh TRIPP, dilengkapi dengan fitur audio dan gerakan objek unik. Di mana, hal ini dapat membantu pengguna mengalihkan pikiran dan membawa mereka pada keadaan yang lebih tenang.

Untuk mengakses aplikasi ini, kamu dapat mencoba demo secara gratis maupun berlangganan, yang bisa diakses melalui website resmi TRIPP. Dalam menggunakannya, kamu perlu menghubungkan platform relaksasi ini pada perangkat VR headset seperti Meta Quest dan Valve Index. 

Aplikasi virtual reality Maloka   

rekomendasi aplikasi VR untuk relaksasi Maloka
Metaverse Maloka (Maloka)

Selanjutnya, aplikasi yang dapat membuatmu lebih rileks adalah Maloka. Maloka merupakan platform yang dapat membantu kamu untuk bermeditasi di dunia virtual metaverse. Platform ini, memiliki misi untuk membantu 100.000.000 orang bermeditasi secara konsisten. 

Maloka, dapat melatih meditasi dan mengajari pengguna agar lebih fokus, sehingga kamu menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik. Uniknya, aplikasi ini menghadirkan fitur avatar lucu yang akan mengajakmu berkeliling di dunia virtual imersif Maloka. 

Untuk mengakses aplikasi ini, kamu dapat mengunduhnya secara gratis pada website resmi mereka. Kemudian, kamu juga dapat memasuki dunia virtual imersif Maloka dengan menggunakan perangkat pendukung seperti smartphone dan VR headset Meta Quest 2. 

Guided Meditation VR  

Guided Meditation VR  
Platform Guided Meditation VR (Guided Meditation VR)

Melakukan relaksasi di berbagai tempat secara virtual, bukanlah hal yang tidak mungkin. Aplikasi Guided Meditation VR, merupakan platform yang tepat untuk kamu coba! 

Bagaimana tidak, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bermeditasi di berbagai tempat seperti di pantai, di hadapan air terjun, daerah pegunungan, negara Yunani dan Jepang, lho! 

Guided Meditation VR akan membantumu untuk merasakan pengalaman meditasi yang lebih unik dan nyata. Saat melakukan meditasi, kamu akan dibantu oleh narator professional yang membantumu mengatur pernafasan dan teknik relaksasi luar biasa. 

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengaturan waktu meditasi yang dapat kamu kostumisasi. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengunduh pada website resmi mereka dan mengaksesnya dengan rangkaian perangkat VR Meta Quest.

Nature Treks VR  

Nature Treks VR 
Aplikasi relaksasi Nature Treks VR (Nature Treks VR)

Rekomendasi aplikasi relaksasi yang dapat kamu coba adalah Nature Treks VR. Melalui aplikasi virtual reality ini, kamu dapat menjelajahi keindahan pantai tropis, melihat bintang dan memasuki hutan yang menenangkan. 

Nature Treks VR menyajikan beberapa fitur menarik untuk membuatmu lebih rileks seperti pengendalian cuaca yang menyesuaikan keadaan perasaanmu. Selain itu, kamu dapat melihat 60 hewan di 500 lingkungan berbeda, yang menggabungkan fitur audio menenangkan, sehingga menciptakan efek emosional.   

Virtual reality platform ini, dapat kamu akses dengan perangkat headset seperti SteamVR dan rangkaian kacamata Oculus. Bagaimana, tertarik mencoba rekomendasi aplikasi virtual reality untuk relaksasi di atas? 


Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual dan augmented reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga! 

Bagikan ini: