Bukan Lagi Impian, Sekarang Kamu Juga Bisa Beli Rumah di Metaverse, loh!
Beranda /
Blog /
Bukan Lagi Impian, Sekarang Kamu Juga Bisa Beli Rumah di Metaverse, loh!
21 December 2022

Bukan Lagi Impian, Sekarang Kamu Juga Bisa Beli Rumah di Metaverse, loh!

Rumah menjadi salah satu produk yang harganya semakin naik tiap tahunnya, akibat menambahnya populasi manusia dan juga kelangkaan tanah. Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi manusia, karena berfungsi sebagai tempat istirahat dari berbagai aktivitas yang telah dilakukan. Tidak cuma di dunia nyata, sekarang kamu juga bisa beli rumah di metaverse, loh!

Konsep pembelian rumah di metaverse sebenarnya masih awam, mengingat metaverse sendiri merupakan teknologi yang baru mulai dikenalkan sejak 2021 silam. Meskipun begitu, beberapa perusahaan properti mulai masuk dan memasarkan produk rumah mereka di metaverse.

desain hunian di metaverse

Beli rumah di metaverse, bagaimana caranya?

Sebelum membahas cara dan juga langkah pembelian hunian di metaverse, kita harus mengerti konsep tanah yang berada di dunia virtual ini terlebih dahulu. Untuk kamu yang masih asing dengan istilah ini, metaverse merupakan sebuah dunia virtual di mana penggunanya dapat melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Dunia virtual metaverse memiliki tampilan yang hampir sama seperti di dunia nyata. Tergantung platform yang kamu pilih, desain bangunan yang ada juga tidak berbeda seperti yang kamu temui sehari-hari.

Untuk tahu rumah digital yang ingin kamu beli, kamu harus mengenal platform metaverse yang menyediakan pilihan properti tersebut. Beberapa platform metaverse yang dimaksud seperti:

  • Decentraland
  • Enjin
  • The Sandbox
  • Axie Infinity

Platform metaverse Indonesia untuk jual beli properti

Setelah dilihat, semua platform metaverse yang dapat menjual hunian mereka dalam bentuk NFT dan Blockchain berasal dari luar negeri. Kira-kira, apakah Indonesia sudah memiliki platform metaverse sendiri yang bisa memiliki bangunan pribadi, ya? Sayangnya, Indonesia masih belum memiliki platform metaverse khusus untuk properti.

Hal tersebut dikarenakan adaptasi teknologi masyarakat Indonesia yang cenderung masih cukup lambat dibandingkan negara lain. Teknologi metaverse sendiri baru mulai digunakan pada 2021 lalu, meskipun pertumbuhannya pun masih belum terlalu cepat.

Meskipun begitu, Indonesia juga sudah memiliki beberapa platform metaverse yang bisa kamu akses untuk coba masuk ke dalam dunia digital baru. Salah satunya adalah metaNesia. Platform metaverse di bawah naungan Telkom Indonesia ini memungkinkan kamu untuk membuat avatar digital 3 dimensi sesuai keinginan dan melakukan berbagai aktivitas menarik di dalamnya.

metaNesia memang belum memiliki kapabilitas untuk melakukan proses jual beli rumah digital sebagai salah satu produk NFT, tapi sudah ada beberapa tempat menarik seperti Virtual Stage maupun Digital Mall yang bisa kamu kunjungi.

Kerennya lagi, kamu juga bisa ikuti konser virtual di dalam metaverse menggunakan metaNesia, loh! Beberapa konser virtual yang telah diadakan di metaNesia antara lain konser Vidi Aldiano pada Agustus 2022 lalu dan juga penampilan The Changcuters serta Naura Ayu pada Fruit Tea World Festival di September 2022 silam.

Potensi dan kemungkinan penggunaan rumah di dalam metaverse

tampilan rumah di dalam metaverse

Kedepannya, pembelian rumah digital di dalam metaverse tentunya akan memiliki peminat dan pasar tersendiri. Sebuah survei juga membuktikan bahwa pasar real estate di metaverse dapat mencapai jumlah transaksi sebesar US$ 1 miliar saat sudah aktif.

Meskipun begitu, jangan sampai kamu ikut-ikutan membeli properti di metaverse hanya karena FOMO atau Fear of Missing Out, ya. Pastikan kamu juga mengetahui konsep dan keadaan pasar saat hendak membeli hunian digital ini. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan antara lain:

  • Berbeda dengan dunia nyata yang memiliki keterbatasan tanah, tanah yang ada di dalam metaverse tidak terbatas sehingga investasi yang didapatkan mungkin saja tidak terlalu besar
  • Pangsa real estate dalam metaverse belum memiliki peraturan yang jelas, sehingga harga hunian yang kamu miliki mungkin saja jatuh dan naik tanpa kejelasan

Rumah sebagai NFT metaverse

Penjualan dan pembelian properti di dalam metaverse akan diperlakukan seperti jual beli produk NFT pada umumnya. Meskipun rumah sebenarnya bukanlah sebuah “produk” yang dapat diperjual belikan dengan mudah, tapi proses pembeliannya sama saja. Keseluruhan proses ini juga didukung dengan cryptocurrency serta blockchain.

Setelah menyepakati harga rumah digital yang sesuai, pihak real estate akan mengirimkan rumah digital milik pembeli ke dompet virtual yang disetujui. Pembeli kemudian dapat dengan bebas meletakkan rumah tersebut di platform metaverse yang disukai.


Meskipun masih terdengar awam, bukan tidak mungkin kalau membeli tempat tinggal di metaverse akan jadi sebuah tren untuk 10 tahun ke depan. Kalau kamu, tertarik untuk beli hunian di metaverse juga, nggak?

Ingin tahu informasi teknologi menarik lain seperti kehadiran rumah di platform metaverse ini? Ayo, cek blog metaNesia.id untuk ketahui informasi teknologi terbaru lainnya.