Sekolah di Metaverse Menarik Perhatian Masyarakat Jepang
Beranda /
Blog /
Sekolah di Metaverse Menarik Perhatian Masyarakat Jepang
3 Januari 2023

Sekolah di Metaverse Menarik Perhatian Masyarakat Jepang

Sekolah di Metaverse

Sekolah umum adalah bentuk pendidikan yang paling dikenal secara global. Namun, dalam dua tahun terakhir selama pandemi berlangsung, hampir seluruh sekolah di dunia menetapkan pembelajaran dari rumah secara online.

Dengan metode belajar secara online, para guru dapat memberikan materi pembelajaran yang efisien dan efektif untuk siswa.

Kehadiran metaverse untuk dunia pendidikan

Hadirnya metaverse sebagai dunia virtual dengan fitur canggih didalamnya membuka peluang yang besar, khususnya dalam dunia pendidikan. Terlebih dengan adopsi teknologi metaverse yang cepat serta pemanfaatan teknologi WEB3 yang dapat menawarkan kelas imersif.

Tidak hanya itu, metaverse dapat mengubah metode belajar menjadi lebih interaktif menggunakan dunia virtual yang didesain oleh sekolah. Metode belajar ini juga dapat membantu para guru untuk memberikan materi yang beragam.

Tidak hanya tebatas dengan buku dan video saja, melainkan dengan gamifikasi yang menarik dan edukatif untuk belajar di sekolah metaverse. Sebagai contoh yaitu melalui video conference, penggunaan perangkat virtual reality seperti VR headset, dsb.

Keseriusan pemerintah Jepang dalam membangun metaverse sekolah untuk anak-anak

Pada akhir tahun 2022, pemerintah Jepang melakukan observasi yang ditargetkan kepada siswa khususnya anak-anak. Observasi tersebut dilakukan untuk melihat preferensi lingkungan belajar siswa, apakah lebih suka belajar dengan siswa lain atau dalam keadaan tenang seperti sendirian di rumah.

Melalui hasil observasi tersebut, ditemukan bahwa banyak anak-anak di Jepang menolak pergi ke sekolah dan memilih untuk tidak hadir. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu ketidaksesuaian lingkungan sosial dan adanya pandemi COVID-19.

Pemerintah Jepang kemudian membentuk program yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran langsung di sekolah. Progam tersebut dibentuk melalui sistem pendukung pendidikan baru, yang rencananya akan diluncurkan pada bulan April 2023 mendatang.

Pemerintah Jepang sangat serius dalam mempertimbangkan langkah ini, dengan mengembangkan sekolah metaverse sebagai ruang belajar online. Langkah tersebut akhir-akhir ini juga sangat menarik perhatian masyarakat Jepang.

Masyarakat Jepang menganggap hal tersebut sebagai solusi terhadap siswa yang kesulitan beradaptasi di lingkungan sekolah. Sehingga, mereka dapat memilih opsi dengan kenyamanan masing-masing untuk belajar di sekolah.

Dunia virtual di kelas room-K

Katariba metaverse class
Photo by: The Japan Times

Langkah yang diambil oleh pemerintah Jepang ini telah didukung oleh organisasi nirlaba yang berbasis di Tokyo yaitu Katariba. Katariba merupakan organisasi penyedia jasa yang memberikan layanan belajar untuk remaja dan anak-anak sekolah. Mereka memberikan pengalaman berbeda untuk meningkatkan potensi dan keterampilan anak, sesuai dengan lingkungan sosial mereka.

Katariba memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak tersebut dengan menawarkan ruang sekolah dengan konsep belajar online bernama room-K. room-K merupakan platform metaverse khusus berbasis pendidikan.

Platform metaverse ini memiliki fitur menarik didalamnya seperti pemilihan avatar dan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang diinginkan. Terdapat juga fitur pengaturan sesi belajar selama 45 menit untuk berbagai mata pelajaran seperti bahasa Jepang, pemrograman, dan membaca.

Proyek ini diciptakan untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan konsentrasi emosional dengan metode yang komprehensif dan imersif yang menyesuaikan kebutuhan siswa. Organisasi ini juga ingin memberikan alternatif untuk siswa yang menolak bersekolah untuk melanjutkan studi mereka.

Platform ini juga menerima dorongan besar di tengah pembaruan kebijakan yang akan diresmikan oleh pemerintah Jepang pada bulan April mendatang. Saat ini, room-K telah mendaftarkan lebih dari 110 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dari Tokyo.


Bagaimana menurutmu? Apakah sekolah di metaverse dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia?

metaNesia sebagai penyedia dunia metaverse hadir dalam menciptakan pengalaman virtual dunia digital untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu. Yuk, kembangkan bisnismu dengan imajinasi tak terhingga bersama metaNesia!