LG Hadirkan Smart TV untuk Metaverse
Beranda /
Blog /
LG Hadirkan Smart TV untuk Metaverse
6 Januari 2023

LG Hadirkan Smart TV untuk Metaverse

LG Smart TV untuk Metaverse
Photo: Business News 

Kabar menarik datang dari perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan yakni LG. Melalui siaran pers yang diumumkan pada 4 Januari 2023 lalu, LG akan menghadirkan Smart TV untuk metaverse, lho!

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Cointelegraph yang merupakan portal berita terkait cryptocurrency dan blockchainBerbicara mengenai blockchain, teknologi ini digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi.

LG sendiri memiliki ambisi yang besar dalam mengembangkan teknologi metaverse dan NFT melalui source digital yang immersive. Perusahaan elektronik tersebut juga secara resmi memperbarui bisnis cryptocurrency dan blockchain-nya dengan merilis platform LG Art LabPlatform tersebut merupakan virtual exhibition yang menampilkan karya digital NFT, yang dapat diperjual belikan dan tersimpan di LG Smart TV.

Visualisasi immersive juga sangat terasa dalam virtual exhibition NFT tersebut. Sehingga, saat kamu memasuki LG Art Lab, kamu dapat merasakan sedang berada di museum seni yang mewah.

Kolaborasi untuk Smart TV metaverse experience

LG Electronics
Photo: Investor King 

Dalam membuat Smart TV metaverse experience yang imersif, LG melakukan kerja sama dengan penyedia jasa digital ternama dunia yaitu Oorbit, Sansar, ELYNXIR, PIXELYNX dan Ubitus. Kolaborasi ini dilakukan untuk menghadirkan source digital yang diperlukan dalam mendukung fitur Smart TV metaverse.  

Kerja sama ini pastinya memiliki peran masing-masing untuk menghasilkan source digital LG Smart TV metaverse yang menarik. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Oorbit

Oorbit Partnership
Photo: Oorbit

Oorbit merupakan penyedia jasa source digital 3D yang bisa diterapkan pada desktop maupun televisi. Nantinya, Oorbit akan mendesain gambar digital secara 3D yang akan hadir di LG Smart TV.

Sansar

Sansar Partnership
Photo: The Journal

Selain Oorbit, LG juga dibantu Sansar dalam membentuk source digital virtual reality untuk membangun lingkungan VR yang masif. Sansar merupakan penyedia jasa untuk membentuk lingkungan sosial virtual reality.

ELYNXIR dan PIXELYNX

ELYNXIR dan PIXELYNX merupakan platform satu atap yang memiliki peran berbeda dalam membentuk Smart TV milik LG. PIXELYNX berperan sebagai source digital untuk pembuatan konser musik dan sedangkan ELYNXIR fokus pada pembuatan games di metaverse.

Ubitus

Keseluruhan source digital tersebut, nantinya akan di simpan pada cloud yang terdapat di Smart TV LG. Penyimpanan ini disediakan oleh penyedia jasa penyimpanan yakni Ubitus.

Keunggulan Smart TV untuk metaverse

Dengan adanya source digital yang lengkap dalam membangun metaverse experience pada LG Smart TV. Hal tersebut membangun keunggulan luar biasa yang ditawarkan oleh LG, yaitu sebagai berikut:

Bersosialisasi

Dengan terhubungnya jaringan internet pada Smart TV. Kamu dapat terhubung dan bersosialisasi di dalam dunia virtual reality melalui avatar yang dapat kamu customize, lho!

Live konser

Tidak hanya bersosialisasi, kamu juga dapat menonton konser musisi favoritmu di metaverse dengan LG Smart TV. Nantinya fitur ini akan disediakan oleh PIXELYNX sebagai penyedia konser musik di metaverse.

Bermain games

VR Games Immersive
Photo: Hardwarezone

Selain menonton konser, pastinya kamu juga dapat bermain games seru yang akan disediakan oleh ELYNXIR. Bahkan kamu juga dapat mengunduh games seru lainnya untuk melengkapi koleksi permainan pada LG Smart TV.

Terintegrasi Artificial Intelligence

Artificial Intelligence metaverse
Photo: Techtalk

Keunggulan lain yang tersedia pada Smart TV ini yakni terintegrasi melalui teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Sehingga, kamu dapat berinteraksi dan bermain games secara multiplayerdan lebih otomatis.

LG Smart TV metaverse hadir di Consumer Electronic Show 2023

CES 2023 Partnership
Photo: XINHUANET 

Kabar baiknya, LG Smart TV metaverse akan hadir pada pameran Consumer Electronic Show (CES) 2023 di Las Vegas Amerika Serikat. CES sendiri merupakan penyelenggara event paling berpengaruh di dunia sebagai tempat pembuktian terobosan dan inovasi global. Di sinilah merek terbesar dunia melakukan bisnis, melakukan kerja sama, dan memamerkan inovasi produk mereka ke dunia.


Nah, berikut informasi mengenai inovasi luar biasa yang diterapkan oleh LG Electronics yang telah berkomitmen dalam mengembangkan teknologi metaverse maupun dunia blockchain.

Berbicara mengenai dunia blockchain yang berkaitan dengan NFTKamu juga bisa membuat, menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT di