Peningkatan Penjualan Tanah Virtual Metaverse di 2023

Peningkatan Penjualan Tanah Virtual Metaverse di 2023

tanah virtual metaverse
(Flickr/Virtual World)

Apa itu tanah virtual metaverse?

Saat ini semakin banyak perusahaan investasi yang mengakuisisi lahan digital di metaverse. Metaverse adalah sebuah dunia virtual gabungan dari teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dimana pengguna “hidup” di dalamnya.

Tanah virtual di metaverse adalah lahan tanah digital yang ada di dalam dunia virtual. Layaknya lahan tanah pada dunia nyata, properti tanah di dunia virtual ini juga memiliki nilai investasi.

Banyak platform dan game blockchain seperti Axie Infinity, Decentraland, dan The SandBox yang menjual tanah virtual terbatas yang mereka miliki ke perusahaan besar dan investor lain. Para investor percaya bahwa perusahaan dan organisasi raksasa lainnya akan beroperasi secara virtual di masa depan.

Cara beli tanah virtual

Beli tanah virtual sama halnya dengan berinvestasi pada umumnya. Salah satu platform untuk membeli tanah di metaverse adalah Decentraland. Cara beli properti tanah di metaverse cukup mudah, berikut cara yang bisa dilakukan:

Mengunjungi marketplace properti virtual metaverse

Langkah pertama untuk membeli tanah di metaverse adalah dengan mengunjungi situs marketplaceproperti virtual metaverse, seperti Axie Infinity, Decentraland, atau The Sandbox. Setelahnya, buat akun pada marketplacetersebut.

Mencari tanah

Pada situs tersebut akan terpampang harga tanah beserta ukurannya. Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu bisa membandingkan dari setiap situs.

Jangan lupa bahwa pembelian menggunakan mata uang kriptoyang telah disetujui. Misalnya, marketplace Decentraland hanya mengizinkan transaksi menggunakan MANA buatan platform tersebut.

Menghubungkan dompet digital dengan akun

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan dompet digital dengan akunmu. Salah satu dompet digital yang cukup populer adalah Meramask. Hampir di seluruh platform properti metaverse bisa menggunakannya.

Mengisi dompet digital

Selanjutnya, kamu bisa mengisi dana dompet digital sesuai dengan mata uang kripto di platform tersebut. Pembelian bisa dilakukan melalui bursa dan toko kripto.

Pembelian

Langkah selanjutnya adalah pembelian. Cukup dengan menekan tombol buy atau bid. Setelahnya, tanah yang dibeli akan disimpan dalam bentuk NFT di dompet digital tersebut. Knda juga bisa melihat tanah yang telah dibeli dengan tab NTFs di dompet.

Sebagai catatan, tanah tidak bisa langsung dibeli karena kamu harus memasukkan jumlah penawaran terlebih dahulu dan menetapkan tanggal kadaluarsa penawaran.  Selain itu, penjual juga belum tentu menerima penawaranmu dan bisa saja dibatalkan. Kamu barus bisa mengajukan penawaran lagi setelah enam bulan lamanya.

Investasi tanah di metaverse

Metaverse adalah teknologi yang memiliki perkembangan cukup pesat. Ketertarikan orang pada hal-hal yang berbau digital seperti mata uang kripto, NFT, dan metaverse, memunculkan perspektif baru. Para investor bahkan mulai bertanya-tanya apakah mereka harus mengalokasikan dana untuk berinvestasi di dunia real estate virtual.

Sama seperti masa-masa awal mata uang kripto dan NFT, jenis properti virtual ini masih dalam tahap perkembangan. Seiring dengan perkembangan teknologi, metaverse akan berkembang beriringan dengan penjualan lahan tanah di metaverse. Seperti halnya investasi apa pun, tidak ada cara untuk mengetahui apakah itu akan naik atau turun.

Peningkatan penjualan tanah di metaverse

properti tanah virtual metaverse
(Flickr/Virtual Space)

Token digital dalam bentuk tanah virtual land yang dijual di metaverse melonjak di kuartal pertama 2023. Perdagangan tanah virtual metaverse tembus sebanyak 146.690 transaksi, Volume perdagangan tanah digital juga meningkat sebesar 277,12% dengan total nilai transaksi mencapai 311 juta dolar AS atau setara dengan Rp4,7 triliun.

Otherdeed for Otherside memimpin penjualan NFT landdi kuartal pertama. Otherdeed adalah NFT yang berfungsi sebagai sertifikat untuk sebidang tanah digital di alam semesta Otherside dan sebagai token akses untuk berpartisipasi dalam uji coba produk, menurut litepaper Otherside.

Platform tersebut mencatat US$222 juta dalam volume perdagangan, dengan peningkatan 237,34% dari kuartal sebelumnya. Jumlah penjualan Otherdeed for Otherside mencapai 65.399, naik 138,80% dari kuartal keempat 2022. Hasil ini menjadikannya jumlah tertinggi yang pernah terdaftar.

Di bawah Otherdeed ada MG Land yang berada di posisi kedua, dengan menghasilkan hampir US$60 juta dalam volume perdagangan dan 45.219 dalam jumlah penjualan. MG Land memungkinkan pengguna dapat membangun ruang terdesentralisasi dengan nama domain independen, dan platform mendukung setiap interaksi sosial.

Penurunan The Sandbox dan Axie Infinity

Di sisi lain, platform metaverse populer lainnya, The Sandbox harus alami penurunan di kuartal pertama 2023. Jumlah penjualan di dunia virtual The Sandbox adalah 7.338, dengan volume perdagangan 3,5 juta dolar AS. Angka ini masing-masing mencatatkan penurunan sebesar 72,60% dan 36,83%.

Platform lainnya, Axie Infinity berada di posisi kelima. Melalui Homeland, Axie Lands catat volume perdagangan sebesar 2,5 juta dolar AS, turun sebesar 14,66% dari kuartal sebelumnya.

Posisi selanjutnya adalah NFT Worlds, yang memiliki total volume perdagangan 2,5 juta dolar AS, meningkat 273,03% dari kuartal sebelumnya. Terakhir, World Wide Webb menghasilkan volume perdagangan 1,7 juta dolar AS, meningkat 201,72% dari kuartal sebelumnya.


Itulah sekilas mengenai tanah virtual di metaverse, dari mulai cara membeli, hingga investasi. Ingin mengetahui informasi lainnya mengenai teknologi dan dunia metaverse? Yuk, kunjungi blog metaNesia!

Bagikan ini: