Teknologi untuk Industri Kesehatan, Apa Saja Ragam Bentuknya?

Teknologi untuk Industri Kesehatan, Apa Saja Ragam Bentuknya?

Penggunaan teknologi dalam menunjang kehidupan sehari-hari bukanlah suatu hal yang baru. Dewasa ini, sudah banyak implementasi teknologi yang dapat kita lihat dan manfaatkan. Seperti halnya teknologi virtual reality dan augmented reality yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara umum. 

Selain itu, terdapat juga teknologi artificial intelligence yang sudah banyak digunakan di berbagai sektor. Artificial intelligence digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dengan mempelajari data secara otomatis sehingga mampu memberikan solusi dalam pengambilan keputusan.

Beberapa penggunaan teknologi tentunya mendatangkan banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Teknologi ini juga tentunya mempermudah kebutuhan manusia dalam banyak hal, seperti bisnis, lifestyle, bahkan kesehatan sekalipun.

Perkembangan industri kesehatan

ilustrasi industri kesehatan
Gambaran Industri Kesehatan (Freepik)

Berbicara terkait industri kesehatan, sebenarnya sektor ini merupakan sektor yang sangat dinamis dan kritis. Sektor ini memainkan peran penting dalam memastikan kesejahteraan individu di seluruh dunia. Mulai dari memberikan perawatan pencegahan (preventif) hingga mengobati penyakit akut. 

Industri ini terdiri dari beragam profesional yang bekerja tanpa lelah untuk meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan individu dan komunitas. Namun, industri perawatan kesehatan juga mengalami perubahan yang cepat karena kemajuan teknologi, ekspektasi konsumen yang berkembang, dan peraturan yang berubah.

Dalam beberapa tahun terakhir, kitai telah melihat pertumbuhan dan inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di sektor kesehatan. Pandemi telah mempercepat adopsi teknologi baru dan mengubah cara kita mendekati perawatan kesehatan. Pengadopsian teknologi seperti artificial intelligence (AI), virtual reality (AR), dan bahkan metaverse juga sangat mudah kita jumpai. 

Maka daripada itu, lalu apa saja contoh riil implementasi teknologi untuk industri kesehatan? Simak ulasan artikel berikut ini untuk dapatkan jawabannya.

Implementasi teknologi untuk industri kesehatan

Gambaran teknologi untuk industri kesehatan
Teknologi untuk Industri Kesehatan (Freepik)

Beberapa ragam bentuk implementasi teknologi untuk industri kesehatan mencakup teknologi seperti AI, Machine Learning (ML), Electronic Health Records (EHRs), dan lainnya. Berikut detail terkait teknologi tersebut: 

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML)

AI dan ML telah mampu mengubah industri kesehatan dengan meningkatkan akurasi dan kecepatan diagnosis, memprediksi penyakit, serta meningkatkan kesejahteraan pasien. Menurut laporan Market Research Future, nilai AI secara global dalam pasar industri kesehatan akan tumbuh secara pesat. Nilai ini diproyeksikan mencapai angka US$ 45.2 miliar pada tahun 2026 atau tumbuh pada Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 50,2 persen selama 2020-2026.

AI juga dapat membantu pencapaian hasil yang akurat dan tepat waktu dengan penggunaan alat seperti diagnosis laboratorium, diagnosis klinis, dan analisis pencitraan. Sedangkan, machine learning, deep learning, dan natural language processing adalah beberapa solusi berbasis AI yang telah digunakan secara efektif di industri kesehatan.

Electronic Health Records (EHRs)

EHR menjadi contoh konkrit lain dari implementasi teknologi untuk industri kesehatan. EHR telah merevolusi cara penyimpanan dan pengelolaan informasi pasien. Sistem ini memberikan catatan digital riwayat medis pasien dan memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk mengakses data pasien kritis dengan cepat dan mudah.

Precision Medicine

Pengobatan secara presisi adalah pendekatan yang mempertimbangkan faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup pasien. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan perawatan yang diberikan kepada pasien. Menurut laporan Research And Markets, pasar pengobatan presisi (precision medicine) global diperkirakan akan mencapai US$ 141.3 miliar pada tahun 2026.

Health Data Analytics

Health Data Analytics adalah proses menganalisis data layanan kesehatan dalam volume besar untuk mengidentifikasi pola dan wawasan yang dapat meningkatkan kesejahteraan pasien. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi biaya yang ditanggung penyedia layanan kesehatan.

Menurut sebuah laporan oleh Allied Market Research, pasar Health Data Analytics global diperkirakan akan mencapai US$ 84.2 miliar pada tahun 2027. Angka ini tumbuh pada CAGR sebesar 26.2% dari tahun 2020 hingga 2027.

Personalised Nutrition

Personalisasi nutrisi merupakan sebuah tren baru yang memanfaatkan data dan teknologi untuk menyesuaikan rencana nutrisi dengan kebutuhan khusus individu. Menurut sebuah laporan oleh Research And Markets, pasar nutrisi global yang dipersonalisasi diekspektasikan akan mencapai angka US$ 16.7 miliar pada 2027. Angka ini tumbuh pada CAGR sebesar 11.8% dari tahun 2020-2027.


Industri kesehatan berkembang dengan sangat cepat, didorong oleh kemajuan teknologi. Tren terbaru di sektor kesehatan memberikan peluang besar bagi penyedia layanan kesehatan dan investor untuk meningkatkan kesejahteraan pasien, mengurangi biaya, dan mendorong pertumbuhan. Dengan mengikuti tren ini dan terus melakukan inovasi, industri kesehatan dapat terus memberikan perawatan berkualitas tinggi kepada pasien di seluruh dunia.

Tidak terlepas dari beberapa teknologi untuk industri kesehatan yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu industri kesehatan, seperti halnya teknologi metaverse.

Dengan menggunakan metaNesia, Anda juga dapat melakukan eksplorasi terhadap implementasi teknologi canggih. Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan melakukan konsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis. 

Anda juga dapat mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: