Peruri Perkenalkan Produk Digitalnya Melalui Teknologi VR pada Acara Hannover Messe 2023

Peruri Perkenalkan Produk Digitalnya Melalui Teknologi VR pada Acara Hannover Messe 2023

teknologi vr peruri
(Peruri/Gedung Peruri)

Virtual Reality (VR) adalah pengalaman imersif dimana pengguna tenggelam dalam lingkungan yang dibuat oleh komputer dengan objek yang terlihat realistis. Melalui penggunaan gadget seperti headset, kacamata, atau sarung tangan VR, kita dapat merasakan lingkungan ini.

Apa Itu Hannover Messe?

Hannover Messe merupakan satu-satunya pameran teknologi industri dan manufaktur terbesar di dunia. Pameran ini diadakan setiap tahun di kota Hannover Jerman, dan menampilkan inovasi teknologi terbaru dari berbagai sektor industri.

Hannover Messe 2023 digelar pada 17–21 April 2023 di Hannover Fairground, Hannover, Jerman. Dalam pameran Hannover Messe 2023, Indonesia dipercaya sebagai Official Partner Country dan mengusung tema “Making Indonesia 4.0”.

produk digital diperkenalkan dengan teknologi vr peruri
(Flickr/Hannover Messe 2019)

Perkenalan Produk Peruri

Perusahaan umum percetakan uang Republik Indonesia (Peruri) bergabung dengan 150 peserta pameran lainnya di Hannover Messe 2023. Para peserta diberi kesempatan untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka di acara ini. Peruri juga menjadi salah satu peserta perwakilan BUMN Indonesia.

Teknologi VR Peruri

teknologi vr peruri digunakan untuk memperkenalkan produknya
(Pexels/Woman in VR Helmet)

Peruri memanfaatkan teknologi VR untuk menampilkan produk-produk unggulannya. Teknologi ini dapat memberikan para pengunjung pengalaman memasuki Peruriverse, yaitu dunia metaverse yang diciptakan Peruri. Peruriverse diciptakan untuk melihat keindahan dan kehandalan teknologi security features dari setiap produk-produk yang dihasilkan Peruri.

Peruriverse dibagi menjadi beberapa ruangan. Ruang pertama adalah Virtual Room Security Printing, di mana para tamu dapat melihat fitur-fitur keamanan dalam teknologi security printing. Fitur-fitur tersebut seperti teknik cetak intaglio, tactile effect, UV fluorescence ink, dan fitur canggih lainnya yang diintegrasikan ke dalam produk House Note dan Utopian Passport.

Tahap selanjutnya, para pengunjung diajak masuk ke dalam Virtual Room Security Digital, dimana mereka diberi tantangan. Tantangan tersebut adalah memecahkan kode rahasia multi-factor authentication yang terdapat pada produk Peruri Keyla.

Stempel Digital

Selain itu, Peruri juga memperkenalkan Peruri Tera dan Peruri Sign, stempel digital yang berfungsi sebagai alat monitoring (track and trace) bagi para pelaku industri. Alat tersebut juga berfungsi untuk memverifikasi keaslian data dan informasi pada barang dan dokumen elektronik.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada hari Kamis (27/4/2023), Fajar Rizki, Direktur Pengembangan Usaha Peruri, menyatakan bahwa “Peruri hadir untuk memperkenalkan layanan dan produk unggulannya ke dunia internasional serta memperkuat positioning sebagai penjamin keaslian barang yang terpercaya di bidang security printing dan digital security.”

Kerjasama Peruri

Dalam kesempatan ini, Peruri dan RUN System menjalin kerja sama bisnis terkait kolaborasi platform digital security. Peruri akan menjadi penyedia teknologi layanan digital signature.

Produknya mencakup tanda tangan digital Peruri Sign, stempel digital Peruri Tera dan Peruri Keyla terhadap aplikasi ERP yang dikembangkan RUN System. Kemitraan ini diresmikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Sony Rachmadi, Direktur Utama RUN System, dan Fajar Rizki, Direktur Pengembangan Usaha Peruri.

Selain itu, Amirage International BV dan Peruri berpotensi menjalin bekerja sama di masa mendatang. Dalam hal ini, Peruri berperan sebagai penyedia teknologi layanan digital melalui produk Peruri Seal.

Produk ini kemudian akan ditempelkan pada kemasan produk UKM Indonesia yang akan dikirim ke Eropa oleh Amirage International BV. Dengan demikian, keaslian produk UKM dari Indonesia dapat dijamin serta dapat dilakukan tracing pada proses pengirimannya.


Itu dia pemaparan mengenai langkah Peruri untuk memperkenalkan produknya dengan teknologi VR pada Hannover Messe 2023. Peruriverse adalah salah satu produknya, dan ada berbagai area yang tersedia. Area tersebut adalah Virtual Room Security Printing, dengan fitur teknik cetak intaglio, tactile effect, UV fluorescence ink, dan Virtual Room Security Digital.

metaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: