Metaverse metaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata
Beranda /
Blog /
Metaverse metaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata
14 November 2022

Metaverse metaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata

Menyambung dengan Hub Commerce metaNesia yang di dalamnya terdapat beberapa Hub yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Sekarang kami ingin membahas Hub metaNesia Showroom yang di dalamnya terdapat beberapa area, seperti entrance area, display car area, dan customer service area.

metaNesia Showroom adalah hasil kerja sama dengan Honda. Salah satu perusahaan industri otomotif Tanah Air yang di dalamnya menampilkan produk-produk mobil melalui showroom di metaverse.

Pengguna bisa mengakses Hub Showroom secara bebas dan dapat melihat berbagai produk dan informasi mengenai Honda seperti layaknya pameran di dunia nyata.

Di showroom virtual, pengunjung dapat melihat berbagai produk Honda secara 360 derajat, termasuk melihat bagian eksterior, interior, hingga mesin dan berbagai fitur. Bahkan, showroom di metaNesia bisa menampilkan bagian-bagian detil seperti kolong mobil untuk melihat rangka yang tidak bisa dilakukan di showroom dunia nyata.

Fitur Showroom yang Informatif

Koridor metaNesia Showroom

Ketika pengguna masuk ke dalam showroom, pengguna langsung disuguhkan dengan sebuah koridor. Di dalamnya terdapat banner mobil-mobil dari Honda yang dapat diklik dan membesar sebagai gambaran singkat mengenai produknya.

Masuk ke dalam area utama dari showroom, di dalamnya sudah terdapat mobil-mobil dari Honda yang dapat pengguna pelajari. Kemudian di area sisi dan kanan terdapat layanan pelanggan atau asisten penjualan virtual bagi pengguna yang tertarik dengan produk Honda.

Pengguna dapat mempelajari dari masing-masing mobil yang dipamerkan di dalam showroom. Hal itu menyangkut fitur apa saja yang disematkan, teknologi apa yang digunakan, juga dapat menggonta-ganti warna yang diinginkan. Selain dari eksterior, interior juga dapat dieksplor oleh pengguna, dan semua itu secara 360 derajat.

Pengalaman Test Drive di Metaverse

Ketika datang ke sebuah pameran ataupun showroom mobil, tentunya pengalaman yang didapat akan kurang maksimal jika tidak merasakan langsung dari produk itu sendiri. Pengalaman test-drive adalah hal yang biasanya disediakan dan dilakukan, dan fasilitas tersebut tersedia di metaNesia Showroom.

Dengan didukung teknologi augmented reality, pengguna dapat mencoba mengendarai mobil All New Honda BR-V di area metaNesia Landscape. Seperti sebuah game, kamera dapat dirubah menyesuaikan keinginan dari pengguna, baik itu third person yang memperlihatkan area belakang mobil. Side cam yang memperlihatkan area sisi mobil, serta first person yang dapat diatur kemana ingin melihat sehingga seperti sedang mengendarai sungguhan.

Brand biasanya memiliki website yang dapat diakses untuk menjelaskan produk yang mereka jual. Namun pengalaman yang didapatkan tentunya akan terasa kurang jika hanya melihat penjelasan melalui video atau hanya berupa deskripsi.

Metaverse hadir untuk meningkatkan pengalaman dalam mengenali produk. Pengguna atau konsumen dapat lebih mudah untuk memahami produk yang sedang dijual karena didukung teknologi AR maupun VR.

Meskipun diakses oleh pengguna di dalam ruangan yang kecil, metaNesia Showroom akan terasa luas ketika diakses karena menampilkan produk dalam skala yang penuh, membuat pengguna merasakan pengalaman baru yang seperti dunia nyata.

Dalam implementasinya, brand dapat menggunakan aset 2D dan 3D yang dimiliki untuk dikembangkan dan diterapkan di dalam metaNesia. Sehingga produk yang akan dimasukan ke dalam metaverse memiliki detil yang akurat.

Teknologi metaverse merupakan teknologi terdepan saat ini yang memberikan pengalaman yang lebih imersif. Memungkinkan brand untuk lebih banyak berinteraksi dengan konsumen di dunia digital tanpa batasan waktu dan tempat.


Harapan kami melalui dunia metaverse ini, brand dengan pengguna bisa membangun hubungan yang lebih dalam dengan cara baru untuk menyambut masa depan.

Apakah Anda siap untuk menyambut masa depan? Kontak kami untuk berkolaborasi di metaverse!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue