Dubai Meluncurkan Toko Fisik NFT Pertama di Mall of The Emirates

Dubai Meluncurkan Toko Fisik NFT Pertama di Mall of The Emirates

Non-fungible token atau NFT merupakan suatu tanda kepemilikan atas aset digital. NFT didukung oleh teknologi blockchain yang terkenal dengan keamanannya. Sesuai dengan pengertiannya, NFT diperjualbelikan secara digital pada marketplace khusus seperti OpenSea dan Market metaNesia.

Sebelumnya, memang belum pernah ada memiliki toko fisik NFT yang menjual karya seni tersebut secara langsung. Baru-baru ini hal tersebut berubah, kota Dubai di Uni Emirat Arab telah membuka toko NFT fisik pertamanya pada bulan Desember 2022 kemarin.

Toko Fisik NFT pertama di Timur Tengah

Dengan toko tersebut dibuka, Dubai menjadi rumah bagi toko fisik NFT pertama. Toko aset digital NFT berlokasi di Mall of the Emirates dan telah dibuka semenjak 22 Desember 2022. Toko yang menjual karya seni digital NFT tersebut diberi ftNFT Shop.

Toko NFT baru ini tentu menjadi inovasi bagi teknologi Web3.

mall of the emirates
Mall of Emirates (Wikimedia Commons)

Toko ini dioperasikan oleh perusahaan teknologi multinasional, SoftConstruct. ftNFT Shop akan menawarkan para pelanggan untuk menelusuri, membeli, dan menjual karya seni digital NFT secara langsung.

SoftConstruct adalah perusahaan raksasa yang memiliki lebih dari 8 brand anak perusahaan menawarkan solusi IT untuk berbagai industri. Mereka memiliki visi untuk mempelajari teknologi imersif sehingga membuat marketplace untuk karya seni digital NFT bernama ftNFT.

ftNFT merupakan pasar NFT yang beroperasi di bawah ekosistem Fastex. Saat ini, ftNFT menjadi konsep yang dimaksudkan untuk menyatukan semua penggemar karya seni digital NFT dan mata uang Crypto.

Dalam toko fisik NFT tersebut mereka dapat berinteraksi dan merasakan layanan inovatif. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan dan melihat berbagai karya seni fisik yang unik dan bahkan membuat avatar 3D dari diri mereka sendiri melalui pemindai 3D.

Selama pembukaan toko, para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan seniman pembuat karya seni digital. Para pengunjung di toko NFT fisik tersebut juga bisadan mempelajari karya mereka secara langsung.

Beberapa kreator aset NFT yang hadir di antaranya adalah Amrita Sethi, kreator NFT pertama di UEA yang menciptakan style seni melalui Voice Note Art . Kamu akan melihat banyak koleksi aset NFT dari AKNEYE, sejumlah lukisan tangan dan pahatan mata yang unik. Selain itu, terdapat mainan seni eksklusif oleh Chiko & Roko di dalam toko tersebut.

Membutuhkan special pass untuk bisa masuk ke pembukaan ftNFT

Tentunya banyak komunitas NFT dan mata uang kripto yang ingin datang ke pembukaan toko tersebut. Sayangnya, sebuah special pass diperlukan untuk bisa datang dan masuk dalam grand opening toko ini. Special pass tersebut telah dibuat dalam bentuk NFT yang dapat diklaim oleh pengunjung untuk dapat masuk ke acara akbar tersebut.

Nantinya, ftNFT Shop akan membuka toko kedua di Dubai Mall agar pengunjung bisa mempelajari lebih lanjut tentang pasar aset NFT dan blockchain.

Bukan toko NFT di mall pertama

Toko ftNFT Shop memang membawa perubahan baru ke dunia aset digital NFT. Namun, toko ini bukanlah toko fisik pertama yang diluncurkan di dunia. Bulan April lalu sebelum toko ini dibuka, department store kelas atas asal Inggris, Harvey Nichols juga meluncurkan toko NFT di Hong Kong.

Toko aset digital NFT Harvey Nichols

toko fisik nft
Toko ritel Harvey Nichols (Flickr/Elliot Brown)

Konsep toko milik Harvey Nichols ini secara eksklusif melayani NFT kelas atas yang memiliki nilai investasi tinggi. Beberapa diantaranya adalah  CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, CloneX x Takashi Murakami, koleksi Azuki dan Doodles. Koleksi tersebut memang memiliki nilai investasi yang tentunya sangat menguntungkan.

Karena nilai investasi NFT yang tinggi, harga aset digital yang ditawarkan di toko ini cukup mahal. Harganya berkisar dari HK$5.000 (US$637) hingga lebih dari HK$1 juta (US$127.490). NFT biasa yang tidak terlalu berharga tidak akan ada di toko ini.

Bagi kamu yang berminat untuk membeli di toko ini, kamu dapat bertransaksi menggunakan cryptocurrency seperti Ethereum atau kartu kredit. Jika kamu menggunakan kripto seperti ada Ethereum, kamu dapat menyimpan NFT di cold wallet. Selain itu, pelanggan juga dapat membuat dan membeli pakaian berdasarkan NFT mereka. 

Melalui toko fisik ini, Harvey Nichols bertujuan untuk membuat NFT lebih mudah diakses oleh komunitas yang lebih luas. Hal ini dilakukan dengan menampilkan berbagai koleksi NFT yang paling sukses. NFT tersebut tersedia secara global untuk eksplorasi dan pembelian di dalam toko.

lockchain Solana

solana
Ilustrasi gambar Solana (Flickr/Jernej Furman)

Pada bulan Juli, Solana Foundation juga membuka toko butik blockchain kelas atas di New York. Ruang itu berfokus untuk memperkenalkan NFT Solana.

Didanai oleh Solana Foundation , dan dikelola oleh proyek SolanaSpaces, tempat baru ini akan berfokus untuk mengajak orang-orang menuju ekosistem Solana . Toko ini akan berfungsi untuk mengedukasi pendatang baru tentang cara kerja bagian dalam rantai hemat energi, serta menawarkan statistik berbasis Solana dan sekumpulan merchandise stylish.

Di dalam toko blockchain ini, mereka bisa menjelajah dan menemukan segudang barang antik berbasis Solana. Terdapat juga ruang galeri megah yang menampilkan beberapa NFT terbaik Solana. Di dalam ruangan tersebut, ada serangkaian tutorial untuk mengedukasi pengunjung di beberapa Dapp terkemukanya.


Mau coba beli NFT? Yuk! Cari NFT pilihan di Market metaNesia.

Bagikan ini: