Yuk, Ketahui Tren Augmented Reality di Tahun 2023
Beranda /
Blog /
Yuk, Ketahui Tren Augmented Reality di Tahun 2023
15 December 2022

Yuk, Ketahui Tren Augmented Reality di Tahun 2023

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan kemajuan yang luar biasa dan efektif di banyak sektor teknologi. Baik itu bisnis, hiburan, ataupun kesehatan, kita dapat berpikir dan berkreasi di luar batasan. Augmented Reality adalah salah satu inovasi luar biasa di bidang teknologi yang telah membuat setiap orang melihat dunia dalam perspektif yang berbeda.

Karena AR berkembang secara signifikan, sekarang bukan lagi sekadar konsep. AR memiliki manfaat yang sangat penting dalam marketing untuk bisnis maupun untuk tujuan hiburan.

Meskipun teknologi ini sangat bermanfaat, perlu waktu untuk menjadi teknologi yang biasa ditemukan di mana-mana. Namun, beberapa tren AR pasti berkembang dan kita akan mengamati pertumbuhan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.

AR tren di 2023

Pengalaman imersif atau pengalaman 3D sebelumnya terbatas pada industri hiburan, misalnya, strategi marketing industri film. Namun hari ini, kamu dapat menyaksikannya di mana saja mulai dari strategi marketing, game, dan bahkan pendidikan. 

Ada potensi besar bagi bisnis untuk memanfaatkan teknologi imersif untuk meningkatkan pertumbuhan mereka dan meningkatkan persepsi publik seputar inovasi.

AR bekerja secara efisien di berbagai industri, terutama ritel, game, perawatan kesehatan, otomotif, dan banyak lagi. Tujuan utama dan sederhana dari AR adalah untuk memecahkan tantangan modern yang dihadapi setiap industri dan membutuhkan solusi modern.

Dalam mengejar hal ini, beberapa upaya untuk meningkatkan infrastruktur dan framework yang diperlukan untuk menghadirkan produk AR yang lebih baik dan lebih canggih. Sehingga memberikan pengalaman 3D yang benar-benar menakjubkan.

Oleh karena itu, ada beberapa tren AR di tahun 2023 yang penting untuk kamu ketahui karena akan populer dan membawa pengalaman yang imersif ke level berikutnya.

Tren belanja AR

Platform AR Shopping
Source: TechCrunch

Akibat dari pandemi, belanja online menjadi hal yang lazim sekarang ini. Karena COVID menyebabkan banyak sekali bisnis yang ditutup, hal itu membuat kita memerlukan digitalisasi di beberapa bidang kehidupan. 

Karenanya, banyak bisnis yang berinvestasi dalam augmented reality. Baik AR yang disematkan di dalam toko, maupun AR yang berbasis web. Alat-alat ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan brand.

Salah satu contohnya adalah uji coba virtual yang telah diintegrasikan oleh banyak merek fashion dengan situs web mereka. Masalah yang sering dialami ketika berbelanja online adalah ukuran dan tampilan produk yang ingin dipesan.

Karenanya, fitur uji coba virtual memungkinkan kamu untuk mencoba perhiasan, jam tangan, pakaian, sepatu, dan lainnya secara digital. Dengan cara ini, kamu mendapatkan pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi melalui teknologi digital.

Juga, teknologi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sekaligus menurunkan intensitas produk yang dikembalikan karena tidak sesuai.

Selain itu, fitting room virtual atau cermin pintar di dalam toko dapat menjadi standar baru di kalangan pembeli. Tanpa mengenakan pakaian dan aksesoris lainnya secara fisik, pelanggan dapat secara digital memilih apa saja dari cermin pintar untuk dicoba. Tentunya dapat menghemat waktu pelanggan, dan pegawai toko tidak perlu merapihkan barang kembali.

Tren AR dan metaverse

AR Tren: Platform metaverse
Source: TechCrunch

Narasi metaverse telah menjadi pembicaraan semenjak nilai crypto meningkat dan rebranding Facebook menjadi Meta. Definisi atau prinsip yang mendasari metaverse telah berkembang menjadi penghubung dunia nyata ke dalam dunia digital tanpa batas. Oleh karena itu, platform metaverse dan AR memiliki tujuan yang sama dan saling berkaitan.

Contoh AR yang baik dapat dilihat dengan filter AR seperti yang ada di aplikasi SnapChat atau aplikasi Instagram di mana pengguna dapat mengubah dan menyempurnakan penampilan atau lingkungan mereka melalui lensa AR, membawa elemen virtual atau digital ke dalam lingkungan dunia nyata.

Bagaimana teknologi ini akan mulai diterapkan ke dalam platform metaverse, akan melalui penggabungan avatar 3D yang dapat dioperasikan melalui penangkapan gerak dan dapat dilihat di dunia nyata melalui teknologi AR.

Misalnya, Geenee AR bekerja sama dengan Ready Player Me untuk membuat avatar atau karakter digital. Penciptaan berlangsung pada framework AR berbasis Web Geenee. Menggunakan kamera ponsel, kamu dapat memakai dan menyesuaikan karakter dengan NFT di Ready Player Me.

Sederhananya, penggabungan antara AR dan metaverse ini berpotensi memengaruhi dunia digital secara positif dalam lingkungan fisik.

Tren Web AR dengan aksesibilitas yang disempurnakan

WebAR menunjukkan AR berbasis web yang bekerja secara independen di browser web. Hal tersebut diartikan bahwa pengguna tidak perlu mengunduh perangkat lunak atau aplikasi tambahan apa pun untuk merasakan pengalaman AR. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan aksesibilitas AR.

Namun, kekurangan pada WebAR adalah hanya mendukung pengalaman AR yang lebih mendasar dan tidak memiliki fitur lanjutan yang bisa kamu dapatkan dengan aplikasi. Pengalaman dasar tersebut termasuk fitur uji coba virtual seperti filter wajah, pewarnaan rambut, uji coba pakaian, objek dunia nyata, portal AR imersif, dan banyak lagi.

Meskipun pengalaman ini mungkin dianggap dasar, banyak bisnis dan brand masih menggunakannya. Ini disebabkan karena pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi sehingga jauh lebih mudah diakses.

Kamu mungkin berpikir bahwa WebAR kurang imersif, tetapi ini adalah teknologi yang berguna untuk banyak bisnis, terutama dalam industri fashion.

AR dalam strategi marketing

Tren AR pada marketing tidak lagi dalam tahap pengembangan awal, ini telah digunakan oleh merek-merek besar untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang unik dan menarik. AR dapat sangat memengaruhi dan membantu menumbuhkan interaksi dan keterlibatan pelanggan. 

Ada banyak cara di mana kamu dapat menggunakan AR untuk strategi marketing dalam bisnis. Apa pun mulai dari kartu nama hingga media instruksi manual untuk edukasi produk.

Selain itu, iklan AR jauh lebih interaktif. Karena iklan ini dapat berupa uji coba virtual atau mini-game, sehingga meningkatkan interaksi yang meningkatkan daya ingat akan identitas brand. 

Jika sudah mulai diaplikasikan, strategi ini pada gilirannya cenderung lebih banyak meningkatkan konversi daripada menggunakan iklan yang lebih tradisional atau konvensional. Pada akhirnya, AR jauh lebih menarik bagi konsumen.

AR dalam perawatan kesehatan

AR Tren 2023
Source: vStream Digital Media

Saat ini telah ada penerapan artificial intelligence dalam diagnosis dan pengobatan masalah kesehatan. AR adalah teknologi lain yang bermanfaat di sektor perawatan kesehatan dan diatur untuk meningkatkan sistem dan prosedur medis yang ada.

Salah satu contohnya adalah Hololens 2 dari Microsoft dengan yang menerapkan hands-free untuk ahli bedah. Hololens 2 memberi tahu ahli bedah tentang setiap detil operasi agar operasi  lancar dan cepat. 

Juga, aplikasi AR populer dalam pendidikan kesehatan karena membantu mahasiswa kedokteran memvisualisasikan tubuh manusia, organ-organnya, dan mikroorganisme lainnya dengan lebih baik untuk pemahaman yang lebih mudah dan mendalam.

Tidak hanya itu, aplikasi kesehatan mental AR sudah tersebar luas dan mendapatkan popularitas. AR dapat digunakan sebagai alat untuk perawatan kesehatan mental dengan memberikan pengalaman yang imersif dan interaktif yang dapat membantu orang untuk lebih memahami pikiran dan perasaannya. 

AR juga dapat digunakan untuk memberikan terapi untuk yang mempunyai fobia, kecemasan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Bidang manufaktur

Di bidang manufaktur, AR menjadi tren karena dapat digunakan untuk memberikan instruksi atau feedback kepada karyawan tentang tugas mereka. Serta untuk mengidentifikasi dan melacak objek dalam proses produksi. 

Misalnya, jika seorang karyawan mengalami kesulitan menemukan bagian di jalur perakitan, mereka dapat menggunakan AR untuk melihat lokasi semua bagian di layar. Ini akan memungkinkan mereka untuk menemukan dan memperbaiki masalah lebih cepat. 

Selain itu, dengan menggunakan AR untuk melacak objek dalam proses produksi, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi pemborosan.

Contoh lain dari AR di bidang manufaktur adalah pemecahan masalah jarak jauh. AR dapat bermanfaat dalam bentuk penanda virtual. Penanda ini menampilkan suku cadang mobil di layar besar, sehingga memudahkan tim ahli untuk menginstruksikan perlengkapannya. 

Oleh karena itu, teknisi di sisi lain dapat melihat, mengikuti, dan memecahkan masalah tersebut. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menyorot bagian tertentu dari mesin selama prosedur perawatan dapat meningkatkan efisiensi berkali-kali lipat. 

Misalnya, seorang pekerja dapat menggunakan perangkat selulernya dengan alat AR untuk mengamati dan menganalisis mesin dan bagian-bagiannya secara lebih detail.


Itulah beberapa tren AR di tahun 2023 di berbagai industri. AR sedang memasuki tahap pertumbuhannya dan akan segera menjadi teknologi yang tak tergantikan yang terjalin ke masa depan kita. Tren AR pasti menarik dan akan mengambil alih beberapa cara konvensional pada tahun 2023. Bisnis harus mencari cara untuk memanfaatkan teknologi baru yang berpengaruh ini sejak dini.

Yuk, kunjungi metaNesia setiap harinya agar selalu terupdate mengenai teknologi metaverse dan turunannya.