Tren Teknologi Informasi di Tahun 2023, Ada Apa Saja?

Tren Teknologi Informasi di Tahun 2023, Ada Apa Saja?

Terdapat banyak contoh dari tren teknologi informasi hingga pada tahun 2023

Metaverse (flickr/ZZ Bottom)

Di era digital ini, perkembangan teknologi dunia terus berkembang. Terlebih lagi saat munculnya pandemi COVID-19 yang berujung dalam mendorong perkembangan teknologi dunia untuk menumbuhkan tren teknologi informasi.

Dengan munculnya pandemi COVID-19, masyarakat dunia dituntut untuk mengerti dan mengetahui perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh institusi serta lembaga pendidikan untuk menghadirkan perubahan dalam kegiatan proses pembelajaran. 

Metaverse sebagai salah satu tren teknologi informasi yang memiliki segudang manfaat

Metaverse merupakan salah satu tren teknologi informasi terbaru yang muncul beberapa tahun terakhir. Tren metaverse menjadi terkenal lagi semenjak Facebook mengganti namanya menjadi Meta dan memperkenalkan dunia metaverse pada tahun 2021.

Pengertian metaverse sendiri adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung. Di dalamnya, pengguna dapat bekerja, bertemu, dan bermain selayaknya di dunia nyata melalui beberapa teknologi lainnya seperti Virtual Reality dan Augmented Reality, blockchain, dan lainnya. Dengan kata lain, metaverse didefinisikan sebagai platform imersif yang memberikan pengalaman digital sebagai alternatif dari dunia nyata.

Beberapa tren teknologi informasi terbaru di tahun 2023

Artificial Intelligence menjadi salah satu contoh dari tren teknologi informasi

Artificial Intelligence (ecfr.eu/Ulrike Franke)

Artificial Intelligence (AI)

Teknologi ini dapat menghasilkan interaksi seperti manusia dengan pemrosesan data. Dari data yang diproses tersebut, nantinya akan digunakan untuk menghasilkan berbagai hal seperti misalnya teks, gambar, suara, angka, dan lainnya. Beberapa contoh penggunaan teknologi AI adalah chatbot, digital assistant, robot, dan lain-lain. 

Augmented Reality (AR)

Augmented Reality adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Teknologi AR memungkinkan pengguna untuk melihat objek maya secara dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

Virtual Reality (VR)

Virtual Reality adalah teknologi yang dapat membuat pengguna untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia virtual yang disimulasikan oleh komputer. VR akan membuat pengguna merasa lebih nyata untuk berada di lingkungan tersebut. 

Teknologi 5G

Teknologi 5G akan mengandalkan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet tinggi hingga 20 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Kelebihan teknologi 5G di antaranya adalah koneksi lebih luas, hampir tidak memiliki delay, dan hemat energi.

Cybersecurity

Cybersecurity akan menjadi solusi untuk perlindungan data yang digunakan dalam sebuah industri maupun bisnis. Teknologi ini dapat mengurangi resiko peretasan data privasi pengguna. 

Edge Computing

Edge Computing adalah tempat penyimpanan data yang terdistribusi cepat karena proses pengambilan data lebih dekat dengan sumber data dibandingkan dengan penyimpanan data cloud. Dengan kata lain, pengguna dapat lebih cepat mencari data ataupun kumpulan informasi dalam jumlah besar dari sumber secara langsung.

Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Robotic Process Automation adalah teknologi perangkat lunak yang bekerja secara otomatis yang dapat digunakan untuk menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data, dan bahkan membalas email. RPA akan memudahkan berbagai pekerjaan dan menganalisanya dengan cepat dan akurat serta menumbuhkan peluang karir di bidang IT.

Kehadiran metaNesia sebagai salah satu perwujudan tren teknologi informasi terbaru

Beberapa waktu lalu, Telkom Indonesia meluncurkan metaNesia sebagai wujud dari tren teknologi informasi terbaru. metaNesia sendiri adalah platform metaverse yang dapat menciptakan interaksi virtual serta pengalaman baru dalam memperkenalkan produk ke dunia digital. 

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang secara perlahan bertransisi untuk melakukan kegiatan di platform metaverse seperti melalui layanan kustomisasi oleh metaNesia bisnis. Berikut adalah beberapa area dalam metaNesia bisnis yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis:

metaNesia mall

metaNesia mall menjadi salah satu contoh perwujudan tren teknologi informasi

metaNesia mall (metanesia.id

Di dalam metaNesia mall, pengguna dapat berbelanja produk fisik maupun digital dalam dunia virtual. Pengguna juga bisa mendapatkan interaksi pelayanan secara langsung mengenai informasi dan simulasi produk yang terdapat pada tenant brand. 

Fasilitas dalam metaNesia mall mencakup toko hingga pusat pelayanan dari brand yang sudah berkolaborasi. Dengan metaNesia bisnis, Anda memiliki peluang untuk menempatkan bisnis Anda di dalam metaNesia mall.

metaNesia showroom

metaNesia showroom menjadi salah satu contoh perwujudan tren teknologi informasi

metaNesia showroom (metanesia.id)

Fitur showroom terdapat di dalam metaNesia mall yang dapat menawarkan berbagai layanan yang menarik. Salah satu partner yang memiliki showroom di metaNesia adalah Honda. Dalam showroom Honda, terdapat area customer service, display produk-produk Honda, hingga area test drive virtual.

metaNesia stage

metaNesia stage sebagai contoh perwujudan tren teknologi informasi

metaNesia stage (metanesia.id)

Fitur metaNesia stage adalah venue di dalam metaNesia yang dapat digunakan secara virtual di mana pengguna dapat saling berinteraksi satu dengan yang lain. Venue ini sering digunakan untuk mengakomodasi suatu acara yang diadakan oleh suatu perusahaan, brand, artis, maupun influencer

Pada layanan metaNesia bisnis, Anda dapat membuat berbagai acara seperti konser, live streaming, bahkan sebuah webinar. Fitur metaNesia stage berbasis aplikasi yang memungkinkan untuk dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien.


Itulah penjelasan mengenai beberapa tren teknologi informasi terbaru. Melalui metaNesia, Anda dapat mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu.

Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama dengan metaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Anda dapat mencoba untuk masuk ke platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Mari rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui metaNesia! 

Bagikan ini: