metaNesia Bisnis: Peluang untuk Mengembangkan Bisnis di Dunia Metaverse
Beranda /
Blog /
metaNesia Bisnis: Peluang untuk Mengembangkan Bisnis di Dunia Metaverse
26 December 2022

metaNesia Bisnis: Peluang untuk Mengembangkan Bisnis di Dunia Metaverse

metaNesia Bisnis

Dewasa ini, banyak bermunculan inovasi teknologi yang semakin canggih dan membawa kemudahan bagi manusia, salah satunya teknologi metaverse. Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan para pengguna dapat saling terhubung, berkomunikasi, bekerja, bermain, hingga bertransaksi layaknya di dunia nyata dalam bentuk avatar 3D.

Sebagai salah satu contoh dari inovasi teknologi, metaverse menawarkan berbagai pengalaman virtual menarik yang realistis dengan meleburkan batas dunia fisik dan digital. Dengan menciptakan pengalaman virtual yang imersif, metaverse melengkapi berbagai teknologi masa kini seperti blockchain, IoT, serta visualisasi 3D.

Metaverse membantu berbagai industri untuk memiliki daya tarik yang lebih besar dengan pengalaman virtual yang memukau. Platform tersebut dapat memberikan dampak langsung pada beragam industri, mulai dari industri komunikasi, hiburan, pendidikan, perbankan, hingga industri ritel. 

Di era kemajuan teknologi digital ini, metaverse membuka peluang yang luas bagi industri untuk melakukan berbagai inovasi. Kemajuan teknologi digital telah mentransformasi banyak sektor usaha yang membawa peluang untuk pengembangan bisnis, terutama pada industri yang mengedepankan pelayanan, melalui interaksi virtual.

Beberapa bisnis yang telah menggunakan teknologi metaverse

Peluang pengembangan bisnis di metaverse telah membawa beberapa brand dari berbagai industri untuk bergabung ke dalam metaverse. Memperluas pasarnya ke dunia digital memungkinkan brand maupun perusahaan untuk membuat lebih banyak orang mengenal produk dan layanan yang ditawarkan. Berikut merupakan beberapa bisnis yang telah menggunakan metaverse dalam pengembangan bisnisnya:

BMW

Perusahaan otomotif asal Jerman yang satu ini memanfaatkan teknologi metaverse untuk membuat pabrik virtual. Pabrik virtual memungkinkan tahap perencanaan, modifikasi, hingga simulasi selama proses produksi dilakukan dengan cepat dan akurat. Pemanfaatan pabrik virtual ini membawa BMW kepada efisiensi waktu dan biaya selama proses produksi.

Nike

Dunia metaverse NIKELAND

Brand pakaian atletik Nike meluncurkan dunia interaktif mereka di metaverse yang bernama NIKELAND pada November 2021 lalu. Di NIKELAND, pengunjung dapat bermain game dan mencoba produk-produk baru pada showroom digital. Melalui NIKELAND, Nike tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan brand mereka, tetapi juga untuk memberikan informasi serta ajang uji coba produk mereka kepada pengunjungnya.

Hyundai

Hyundai Mobility Adventure

Pada 1 September 2021, Hyundai meluncurkan dunia digital mereka yang dinamai Hyundai Mobility Adventure pada platform Roblox. Pada dunia Hyundai Mobility Adventure, pengunjung dapat bersosialisasi satu sama lain, melakukan car meet, atau berkunjung ke area-area yang dibuat di dunia digital tersebut. Tujuan dibuatnya dunia metaverse ini adalah mengkampanyekan inisiatif terbaru Hyundai untuk transportasi yang keberlanjutan.

Vans

Dunia skateboard virtual Vans World

Produsen sepatu skateboard asal Amerika Serikat ini bermitra dengan Roblox untuk memasuki dunia metaverse. Vans menawarkan pengalaman 3 dimensi yang imersif pada dunia skateboard melalui Vans World. Selain dapat melihat koleksi produk Vans, pengunjung juga dapat berinteraksi dan mencoba untuk bermain skateboard secara virtual di Vans World.

metaNesia, platform metaverse pertama di Indonesia

metaNesia merupakan dunia baru yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman menarik, dan juga memperkenalkan produk ke dunia digital. Layaknya dunia sungguhan, metaNesia memiliki beragam fitur yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Platform virtual metaNesia pertama kali diluncurkan ke publik pada 31 Juli 2022. metaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama di Indonesia buatan PT Telkom Indonesia Tbk. metaNesia diciptakan sebagai upaya untuk mewadahi kehidupan generasi Z dan milenial yang semakin mudah, juga sebagai inovasi untuk mensinergikan BUMN, swasta, serta UMKM ke dunia baru.

Untuk saat ini, metaNesia dapat diakses di perangkat Windows, macOS, serta Android. metaNesia juga sedang dalam pengembangan agar dapat diakses oleh perangkat iOS (iPhone dan iPad) serta perangkat VR lainnya.

Baca juga: metaNesia: Metaverse Penghubung Ekonomi Digital Indonesia

Layanan metaNesia bisnis untuk Anda

Layanan metaNesia Bisnis

metaNesia hadir sebagai dunia virtual yang menjadi penghubung ekonomi digital di Indonesia. Untuk dapat mengikuti perkembangan zaman serta permintaan pasar, banyak perusahaan dalam negeri yang perlahan bertransisi untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam metaverse. Salah satunya melalui layanan kustomisasi yang dimiliki metaNesia bisnis.

Hingga saat ini, terhitung sudah ada delapan partner yang telah bekerja sama dan hadir di metaNesia. Mereka adalah Honda, Fruit Tea, Bank Indonesia, Perhutani, Bio Farma, BNI, Bank Mandiri, dan Garudaku Esi.

metaNesia pun memiliki beberapa area metaNesia bisnis yang menawarkan berbagai fitur serta layanan yang menarik untuk pengembangan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa area metaNesia bisnis:

metaNesia stage

Layanan metaNesia bisnis yang pertama adalah metaNesia stage. metaNesia stage merupakan venue di metaNesia yang dapat digunakan untuk mengadakan acara secara virtual, di mana para penggunanya dapat saling berinteraksi. Venue ini biasanya digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan, brand, artis, maupun influencer terkait acara tertentu.

metaNesia stage dapat menjadi media bagi banyak jenis acara, untuk diselenggarakan dengan beragam suasana venue sesuai keinginan klien. Beberapa suasana yang sudah diangkat pada metaNesia stage adalah perbukitan dengan latar matahari terbenam, suasana dasar laut, hingga ruangan dengan panggung ditengahnya.

Pada layanan metaNesia bisnis, Anda dapat membuat berbagai acara seperti konser, live streaming, hingga webinar di metaNesia stage. metaNesia stage juga berbasis aplikasi sehingga dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Kehadiran Fitur Virtual Stage metaNesia untuk metaNesia Bisnis

metaNesia mall

Berbelanja di mall virtual metaNesia

Di metaNesia mall, pengguna bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berbelanja produk fisik maupun digital dalam dunia virtual. Pengguna juga bisa mendapatkan interaksi pelayanan secara langsung mengenai informasi dan simulasi produk yang ingin di beli pada tenant brand. 

metaNesia mall memiliki beberapa fasilitas seperti toko hingga pusat pelayanan dari brand-brand yang berkolaborasi. Melalui layanan metaNesia bisnis, Anda berpeluang untuk melakukan kolaborasi dengan metaNesia dan menempatkan bisnis Anda di dalam metaNesia mall.

metaNesia showroom

Berada di dalam metaNesia mall, showroom mobil di metaverse ini menawarkan berbagai layanan yang menarik. Salah satu partner yang memiliki showroom di metaNesia adalah Honda. Di showroom ini, terdapat area customer service, display produk-produk Honda, hingga area test drive virtual. 

metaNesia arcade

Layanan metaNesia bisnis yang satu ini menawarkan pengalaman baru untuk Anda dapat bermain game bersama teman maupun avatar lain di dunia metaverse. Setiap Anda menyelesaikan game, Anda bisa mendapatkan loyalty point. Contoh game yang bisa dimainkan pada metaNesia adalah quiz arcade.


Itulah penjelasan mengenai metaNesia bisnis yang menarik untuk Anda ketahui. Anda juga bisa mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang maupun waktu melalui teknologi metaverse. 

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dari metaNesia? Anda bisa hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis. 

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya!