Penggunaan Virtual Reality dalam Pelatihan Militer

Penggunaan Virtual Reality dalam Pelatihan Militer

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi virtual reality telah sangat berkembang dan diterapkan ke banyak bidang. Penerapannya meluas ke desain produk, pendidikan dan bidang pelatihan, kesehatan, hiburan dan rekreasi, hingga militer dan kedirgantaraan. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi virtual reality dan penerapannya di bidang militer. Kemudian menganalisis masa depan tren perkembangan penerapan virtual reality di bidang yang sama.

Teknologi VR dalam militer

Virtual Reality Militer
Source: Military Embedded Systems

Sejak 1980-an, pelatihan simulasi yang dihasilkan komputer telah diadopsi secara luas di seluruh sektor, termasuk pada bidang militer.

Mencakup ketiga angkatan (angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara). Yang digunakan untuk tujuan pelatihan untuk berlatih di lingkungan yang aman dan terkendali.

Virtual reality membawa pelatihan berbasis komputer ke tingkat selanjutnya. Dengan memberikan pengalaman yang sepenuhnya imersif yang benar-benar menggambarkan berbagai skenario dunia nyata.

Bagaimana virtual reality mengubah pelatihan militer

Respon terhadap situasi

Virtual reality militer adalah cara yang bagus untuk memberi personel militer kesempatan mempelajari keterampilan penting. Seperti untuk bertahan hidup di lingkungan bertekanan tinggi, berbahaya, dan situasi yang beragam, dan semuanya dalam simulasi pelatihan yang aman dan bebas risiko.

Hal ini dapat membantu individu untuk mengasah keterampilan tempur dan pengambilan keputusan mereka sebagai reaksi terhadap berbagai skenario, serta pemikiran taktis dan strategis.

Pelatihan berbasis aktivitas

Karena pelatihan VR juga dapat menggabungkan teknologi haptic, ini akan menjadi alat yang hebat untuk pelatihan terkait aktivitas, seperti penanganan senjata, serta mempraktikkan aktivitas yang berpotensi mengancam nyawa seperti lompat parasut.

Virtual Reality Militer
Source: Klik7 TV

Virtual reality juga dapat membantu personel menyesuaikan diri untuk bekerja dan berlatih di lingkungan dan peralatan militer yang penuh sesak. Seperti kapal selam untuk angkatan laut dan tank dalam angkatan darat.

Pelatihan satuan

Mampu bekerja sama sangat penting agar semua unit militer berfungsi dengan baik. Hal hebat tentang pelatihan virtual reality militer adalah membuat simulasi pelatihan suatu unit kesempatan untuk berlatih bersama.

Sehingga dapat membantu melatih cara bekerja secara efektif dengan saling bergantung dan memahami dampak tindakan prajurit terhadap rekannya dalam satu unit.

Tanggapan yang efektif terhadap perubahan teknologi

Sektor pertahanan dihadapkan pada perubahan signifikan saat kita beralih dari era industri ke digital. Teknologi VR memberi kesempatan kepada personel militer untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh perubahan teknologi pada situasi sehari-hari.

Potensi untuk meningkatkan pelatihan

Di sektor yang membutuhkan sejumlah besar personel untuk dilatih, hingga pelatihan tingkat tinggi, melaksanakan pelatihan praktis dalam skala besar sangatlah penting. Selain itu, ini adalah cara yang hemat biaya untuk memastikan konsistensi pelatihan di ribuan personel militer. Dengan bonus tambahan untuk dapat memantau dan mengevaluasi kinerja individu.

Virtual Reality Militer
Source: Future Visual

Pengaplikasian VR untuk pelatihan militer

Di medan perang dan pelatihan tempur

Sektor pertahanan di seluruh dunia menggunakan VR untuk medan perang dan pelatihan tempur. VR dapat memberikan replikasi digital yang realistis dari lingkungan yang kompleks, memberi prajurit cara yang aman untuk belajar bagaimana terlibat dengan musuh.

Sementara juga untuk menghadapi faktor eksternal seperti kehadiran warga sipil, serta berbagai kondisi, termasuk waktu yang berbeda, dan tantangan cuaca. Dengan melakukan pelatihan VR, tentara dapat belajar bagaimana menangani situasi stres tinggi dan meningkatkan berbagai keterampilan.

Mulai dari komunikasi yang efektif hingga teknik pertempuran kritis, dapat dilatih dan ditingkatkan. VR juga dapat membantu mereka belajar bagaimana menghadapi lingkungan yang tidak bersahabat. Contohnya seperti pelaku bom bunuh diri atau serangan penembak jitu.

Pelatihan penggunaan peralatan

Dari senjata VR haptic, kendaraan lapis baja, kapal selam yang meluncurkan torpedo virtual dan seterusnya, VR diterapkan pada program pelatihan militer yang berfokus pada kemampuan peserta pelatihan untuk menggunakan peralatan khusus dalam pekerjaan mereka.

Dikombinasikan dengan biometrik canggih dan kecerdasan buatan, program ini memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan untuk mempraktikkan teknik yang dapat dipantau dan dievaluasi secara efektif.

Pelatihan medis

Sangat penting bahwa keterampilan personel militer medis terus diperbarui untuk menghadapi tantangan lingkungan medan perang yang terus berubah dan implikasinya terhadap perawatan trauma korban.

Karena virtual reality sangat bagus untuk memperkenalkan pelatihan yang efektif dan praktis yang dapat diperkenalkan dengan cepat dalam skala besar. VR adalah alat yang ideal untuk pelatihan militer medis.

Masa depan pelatihan militer

Dalam menghadapi perubahan ancaman dan tatanan sosial politik, ditambah dengan kemajuan teknologi yang pesat, sektor militer menghadapi perubahan dan tantangan yang signifikan.

Memastikan bahwa personel militer dari atas ke bawah dipersenjatai dengan keterampilan dan kemampuan untuk mengatasi tantangan sangatlah penting, dan pelatihan yang efektif dapat sebagai jawaban.

Sementara teknologi imersif seperti virtual reality tidak akan sepenuhnya menggantikan teknik pelatihan militer tradisional seperti latihan pelatihan dan simulasi lainnya.

Teknologi ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap cara pelatihan sektor militer, membantu personel militer mendapatkan dan mempertahankan keterampilan yang mereka miliki.


Nah, itulah penggunaan virtual reality di bidang militer. Teknologi ini semakin menunjukkan fungsinya dalam efisiensi untuk beragam sektor. Kunjungi metaNesia untuk mengetahui fakta lain seputar manfaat VR untuk kehidupan sehari-hari.

Bagikan ini: